Setelah Kemoterapi, Kapan Rambut Bisa Tumbuh Lagi Seperti Dulu?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Banyak pasien yang mungkin sudah diberi tahu tentang efek samping kemoterapi, salah satunya rambut rontok. Namun, sebagian besar dari mereka merasa kaget akibat efek samping obat ini bisa sampai membuat rambut mereka habis dan botak. Lantas, apakah rambut akan tumbuh lagi setelah kemoterapi? Kapan rambut akan mulai tumbuh?

Apakah rambut bisa tumbuh kembali setelah kemoterapi?

Banyak yang takut dan cemas dengan rambutnya yang rontok akan kah kembali seperti semula jika kemoterapi yang mereka jalani sudah selesai. Hal ini banyak terjadi pada kaum wanita yang menjalani kemoterapi, karena ia takut rambutnya tidak akan tumbuh dan bagus lagi seperti dulu.

Obat kemoterapi merusak sel-sel yang sedang tumbuh di dalam tubuh, termasuk sel normal yang sedang berkembang saat itu. Maka dari itu, sel-sel rambut juga rusak, hingga rontok. Berapa banyaknya rambut yang rontok memang tergantung dengan jenis dan dosis obat kemoterapi yang diberikan. Semakin tinggi dosis obat yang diterima seorang pasien, maka semakin banyak rambut yang akan rontok bahkan membuat mereka botak.

Namun, jangan khawatir, meskipun setelah kemoterapi Anda akan memiliki kepala botak, tentu hal ini tidak akan berlangsung lama. Rambut Anda akan kembali tumbuh dalam waktu yang cepat, apalagi jika Anda telah benar-benar selesai pengobatan sehingga pertumbuhan rambut tidak akan terganggu.

Perkiraan waktu pertumbuhan rambut setelah kemoterapi

Memang kecepatan tumbuhnya rambut tergantung dengan kondisi masing-masing, tapi biasanya rambut akan mulai tumbuh setelah satu bulan setelah kemoterapi. Berikut adalah perkiraan waktu pertumbuhan rambut setelah pengobatan kanker:

  • 2-3 minggu setelah pengobatan: akar-akar rambut mulai tumbuh, seperti terlihat titik-titik hitam di kepala
  • 1-2 bulan setelah pengobatan: rambut sudah mulai tumbuh dan cukup tebal
  • 2-3 bulan setelah pengobatan: rambut semakin panjang, setidaknya sudah ada 2-3 cm rambut yang tumbuh
  • 6 bulan setelah pengobatan: rambut sudah panjang dan tumbuh dengan normal

Untuk mengembalikan gaya rambut Anda seperti sebelum pengobatan, maka Anda membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

kebotakan rambut rontok setelah melahirkan

Apakah rambut yang tumbuh setelah kemoterapi akan berbeda dari sebelumnya?

Dalam banyak kasus, rambut yang tumbuh setelah kemoterapi biasanya akan sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Rambut yang tumbuh cenderung bergelombang dan ikal. Bahkan pada beberapa kasus, rambut yang tumbuh memiliki warna yang berbeda.

Biasanya, perubahan rambut ini akan bertahan sementara dan rambut Anda akan kembali normal seperti sebelum kemoterapi setelah beberapa saat. Namun, pada beberapa kasus perubahan ini permanen dan Anda pun memiliki bentuk dan gaya rambut yang baru.

Untuk hal ini, dokter belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan hal ini. Mereka memiliki teori, mungkin obat kemoterapi dapat merusak atau mengubah gen yang mengontrol pertumbuhan rambut Anda.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 28, 2017 | Terakhir Diedit: November 27, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca