Makan Sereal Sebagai Menu Sarapan Anak, Apakah Sehat untuk Si Kecil?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 04/07/2018 . 3 mins read
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Praktis dan cepat, membuat sereal menjadi pilihan menu sarapan anak. Mungkin Anda tidak ada waktu banyak di pagi hari untuk menyiapkan sarapan si kecil, akhirnya pilihan jatuh pada sereal. Orangtua percaya bahwa sereal untuk sarapan anak adalah pilihan yang sehat. Namun, apakah itu benar? Simak faktanya di sini.

Apakah sereal termasuk menu sarapan anak yang sehat?

Sereal untuk sarapan dianggap sebagai makanan sehat. Sebenarnya ini tidak sepenuhnya salah.

Sereal terbuat dari biji gandum yang diolah menjadi tepung kemudian dimasak. Selanjutnya sereal melewati proses ekstrusi, kemudian dipanggang dan ditambah bahan lainnya seperti gula. Lalu adonan sereal dipadatkan agar mudah dibentuk menjadi potongan menarik dan dikeringkan.

Kebanyakan sereal yang dijual sekarang ini mengandung gula yang sangat tinggi. Bisa Anda bayangkan berapa banyak gula yang dikonsumsi anak Anda tiap pagi yang membuat gula darah anak melonjak.

Begitu gula mulai menurun dalam beberapa jam seiring makin banyak aktivitas si kecil, tubuh pun memberikan reaksi untuk meminta lebih banyak konsumsi gula.

Selain itu, biasanya dalam kemasan sereal terdapat tulisan whole grain yang berarti bahwa seluruh sereal berasal dari gandum utuh. Namun sebenarnya tidak, karena gandum tersebut telah diproses untuk menjadi sereal, jadi manfaat gandum utuh yang tersisa hanya sedikit.

Tak sedikit juga produk sereal yang sebenarnya mengandung cukup banyak pewarna buatan, penyedap, hingga kadar gula yang tinggi.  Meski begitu, bukannya sereal buruk dan tidak sehat, tapi selalu mengandalkan menu sarapan ini untuk anak karena alasan praktis tentu kurang bijak.

Apakah ada pilihan menu sarapan anak yang mudah dan praktis lainnya?

Ada banyak pilihan bagus menu sarapan anak yang praktis dan cepat. Namun, jika Anda memang ingin tetap memilih sereal sebagai menu sarapan anak, maka Anda harus memerhatikan komposisi di dalamnya.

Anda tetap harus memperhatikan kandungan gizi yang terdapat pada kemasan sereal. Aturan praktis yang baik adalah membaca tiga bahan pertama karena itulah yang paling banyak terkandung dalam produk.

Selain itu, sebaiknya hindari sereal berwarna-warni yang dihasilkan dari pewarna buatan dapat memberikan dampak kesehatan bagi anak, beberapa penelitian mengaitkan pewarna pada makanan dengan ADHD dan hiperaktif pada anak.

Jika Anda ingin mencampurkan sereal dengan susu, sebaiknya gunakan susu biasa, jangan susu kental manis. Karena, susu kental manis sudah diberi tambahan gula yang cukup banyak.

Alternatif sarapan anak yang praktis dan cepat adalah oatmeal. Ini mudah disajikan dan anak-anak Anda bisa memilih dan menyesuaikan toping yang diinginkan.

Jika oatmeal bukan sarapan yang anak Anda inginkan, Anda juga dapat mencoba granola sehat dengan susu almond dan pisang atau stroberi, atau keduanya.

Jika anak-anak Anda masih lebih suka sereal, cobalah cari merek sereal yang mengandung nutrisi penting untuk memenuhi kebutuhan anak-anak Anda, serta konsumsi sesuai takaran yang disarankan. Atau Anda juga bisa pasangkan sereal dengan smoothie segar yang akan meningkatkan selera sarapan anak Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menu Sarapan Sehat untuk Anda yang Menjalani Diet Atkins

Menjalani diet Atkins memang tidak mudah pada awalnya. Sebagai permulaan, Anda bisa membuat menu sarapan diet Atkins untuk dikonsumsi setiap pagi.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 14/09/2019 . 4 menit baca

Ingin Menurunkan Berat Badan, Sebaiknya Sarapan Atau Tidak?

Jika sedang berencana untuk menurunkan berat badan, sarapan biasanya dihindari karena ditakutkan dapat membuat gemuk. Bagaimana seharusnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nutrisi, Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 28/08/2019 . 5 menit baca

Mengenal Nutrisi Susu Oat alias Susu Gandum yang Tak Kalah Sehat

Oat tidak hanya dinikmati sebagai sereal, tapi juga sebagai susu. Ini dikenal sebagai susu gandum. Penasaran dengan nutrisi dan manfaatnya? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 23/08/2019 . 4 menit baca

5 Cara Meningkatkan Asupan Gandum Saat Diet

Gandum menjadi makanan yang direkomendasikan saat diet. Namun, bagaimana caranya untuk meningkatkan asupan gandum? Simak tipsnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 09/07/2019 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

smoothies untuk sahur

7 Resep Smoothies untuk Sahur yang Bikin Kenyang Seharian

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020 . 5 menit baca
sarapan minum susu

Hanya Minum Susu untuk Sarapan, Sehatkah Kebiasaan Ini?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 11/04/2020 . 4 menit baca
menu sarapan tidak mengantuk

3 Menu Sarapan Anti-Ngantuk yang Bikin Anda Bertenaga Sepanjang Hari

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020 . 4 menit baca

3 Resep Olahan French Toast untuk Sarapan Pagi yang Lebih Sehat dan Bervariasi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 07/03/2020 . 5 menit baca