7 Pantangan Saat Batuk yang Harus Anda Hindari

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/04/2020
Bagikan sekarang

Saat terserang batuk memang banyak pantangan yang harus dihindari, Untuk meminimalisir tingkat keparahan tersebut memang banyak faktor yang wajib Anda ketahui, contohnya antara lain menghindari makanan yang berminyak dan memastikan istirahat yang tidak cukup. Lalu, apalagi yang harus dihindari saat tubuh sedang terserang batuk? Yuk simak penjelasan tentang pantangan saat batuk di bawah ini.

Beberapa pantangan saat batuk

1. Minuman dan makanan dingin

Menurut Pradip Shah, dokter di Rumah Sakit Fortis Mulund India, umumnya batuk dan pilek dipicu oleh makanan dingin seperti es krim dan minuman dingin lainnya. Meskipun tidak ada bukti ilmiah ketika bagaimana makanan dingin memicu dan memperburuk kondisi batuk, tetapi para pasien biasanya disarankan untuk menghindari asupan dingin hingga batuk mereka dinyatakan sembuh.

Satu penjelasan yang masuk akal dari pantangan saat batuk ini adalah, minuman makanan dingin akan menyebabkan pengeringan pada lapisan pernapasan sehingga rentan terhadap infeksi yang memicu batuk karena iritasi dan peradangan pada bagian tubuh.

2. Makan banyak saat malam hari

Jangan makan berlebihan pada malam hari menjelang tidur saat Anda memang lagi terserang batuk. Hal tersebut bisa menjadi pemicu batuk untuk orang yang menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD) alias penyakit asam lambung.

Orang yang memiliki  GERD mungkin memiliki sistem dalam tubuh yang tidak terlalu baik antara kontraksi dan relaksasi otot sphincter. Kedua jaringan yang tersambung pada otot tersebut berfungsi mencegah refluks makanan naik ke kerongkongan. Akibatnya, asam lambung bisa mengalir kembali ke pipa makanan, menyebabkan iritasi lapisan untuk memicu batuk. Jadi, lebih baik untuk makan malam di waktu awal dan tidur 2 jam setelah waktu Anda makan.

3. Tidur telentang

Posisi tubuh ketika tidur menjadi faktor penting pada pantangan saat batuk yang harus dipatuhi, jika memang ingin batuk Anda cepat pulih. Dengan tidur telentang, akan memicu batuk di malam hari, terutama jika Anda memiliki batuk produktif. Semua lendir dan dahak yang akan dikumpulkan sepanjang hari, mengalir ke atas menuju tenggorokan ketika Anda tidur elentang. Sebaliknya, tidur dengan posisi miring akan menjaga dahak menetap dan menghindari serangan batuk di malam hari.

4. Makan makanan yang digoreng

Makan makanan yang digoreng dan berminyak merupakan salah satu pemicu batuk bertambah parah. Ketika menggoreng dalam minyak panas, makanan akan menghasilkan senyawa yang disebut akrolein, yang bertindak sebagai alergen serta memperburuk batuk dan menyebabkan gatal tenggorokan. Jadi selama batuk Anda belum pulih benar, baiknya hindari makanan berminyak dan yang digoreng, agar batuk tidak semakin parah.

5. Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab batuk yang akan berujung pada penyakit bronkitis. Tidak hanya itu saja, merokok akan mengiritasi lapisan tenggorokan, dan juga penundaan pemulihan bahkan dapat meningkatkan risiko kanker. Begitupun dengan perokok pasif, hindari asap rokoknya jika Anda tidak mau batuk Anda semakin mejadi-jadi.

6. Minuman berkafein

Pantangan batuk yang satu ini wajib menghindari minuman yang berkafein. Mengapa harus di hindari? Kafein harus dihindari oleh orang-orang yang batuk karena keasaman yang dapat memperparah gatal di tenggorokan. Minuman yang mengandung kafein akan menyebabkan esophageal sphincter menjadi longgar dan hasilnya Anda akan batuk akibat keasaman zat kafein yang naik ke tenggorokan

7. Kerja keras dan lembur

Lembur, lelah, dan aktivitas berlebihan memang patut dihindari sebagai pantangan saat batuk. Saat batuk, Anda akan sangat butuh istirahat. Kondisi tubuh yang didera batuk, sebetulnya mengisyaratkan bahwa ada yang salah dengan tubuh Anda. Batuk ini sebagai titik puncak pada sistem kekebalan tubuh yang melemah dan istirahatkan yang baik dan cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Bakwan―gorengan khas Indonesia ini memang enak dan gurih. Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan lebih sehat. Simak resep membuat bakwan sehat berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Direkomendasikan untuk Anda

makan di luar rumah saat pandemi

Amankah Makan di Luar Rumah di Tengah Pandemi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
sakit tangan main hp

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020