Rutin Minum Kopi Bisa Cegah Sirosis Hati. Tapi Tak Boleh Sembarangan.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 08/10/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ada yang bilang minum kopi tidak baik buat kesehatan organ hati (liver) Anda. Padahal, penelitian terbaru justru membuktikan hal sebaliknya. Minum kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko sirosis hati, terutama pada orang yang hobi minum minuman beralkohol seperti bir.

Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa minum dua cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko Anda terkena sirosis hati akibat konsumsi alkohol. Tunggu dulu, sebenarnya apa itu sirosis hati dan apa hubungannya dengan kopi dan minuman beralkohol? Simak jawabannya di bawah ini.

Apa itu sirosis hati?

Sirosis hati merupakan kerusakan jaringan hati yang ditandai oleh terbentuknya jaringan fibrosis. Akibatnya, muncul benjolan-benjolan kecil pada organ hati Anda. Lama perkembangan kerusakan jaringan hati hingga akhirnya menjadi sirosis berbeda-beda, bisa terjadi hanya dalam beberapa minggu atau beberapa tahun.

Beberapa penyebab kerusakan jaringan hati yaitu infeksi virus hepatitis, konsumsi alkohol yang berlebihan, penyakit autoimun, obesitas, dan diabetes. Tanda dan gejala yang umum terjadi pada sirosis hati yaitu penurunan fungsi hati, hipertensi, dan penurunan fungsi hati.

Apakah kopi bisa membantu mencegah sirosis hati?

Para ahli dari University of Southampton, Inggris, mengumpulkan dan menganalisis data dari sembilan penelitian jangka panjang yang mencakup hampir 500.000 peserta laki-laki dan perempuan dari enam negara. Analisis tersebut menunjukkan adanya kaitan antara jumlah konsumsi kopi dengan risiko terkena sirosis hati. Ternyata, risiko sirosis hati lebih rendah pada orang yang cukup rutin minum kopi.

Orang yang minum satu cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 22 persen lebih rendah untuk terkena sirosis. Minum dua cangkir akan menurunkan risiko sebesar 43 persen. Sementara tiga cangkir menurunkan risiko sebesar 57 persen dan empat cangkir menurunkan risiko sebesar 65 persen.

Akan tetapi, minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari mungkin malah memberikan efek samping yang berbahaya buat hati dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Maka, Anda baru akan mendapatkan manfaat sehat kopi bagi hati bila tidak diminum secara berlebihan.

proses transplantasi hati

Bagaimana kopi bisa melindungi hati?

Dalam penelitian tersebut, para ahli menjelaskan bahwa kopi memiliki banyak bahan aktif. Selain kafein, kopi juga mengandung antioksidan dan agen antiradang seperti asam klorogenat, kahweol, dan kafestol. Ketiga kandungan ini diyakini dapat memberikan efek perlindungan terhadap organ hati.

Selain efek langsung, kopi juga memiliki efek tidak langsung dalam pencegahan sirosis pada orang yang kebanyakan minum alkohol. Peneliti mengatakan bahwa kopi mengandung berbagai senyawa lain yang dapat menghalangi virus hepatitis B dan C, serta dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 (kencing manis).

Apakah artinya saya bebas minum alkohol, asal rutin minum kopi?

Tentu saja tidak. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi tubuh. Begitu pula dengan minuman beralkohol dan kopi. Pasalnya, kemampuan hati untuk menyaring zat-zat sisa dari alkohol dan kafein tetap ada batasnya.

Kopi mengandung ratusan senyawa kimia, sedangkan masih belum diketahui dengan pasti senyawa mana yang bertanggung jawab untuk melindungi hati. Masih belum diketahui juga kopi yang seperti apa yang baik bagi hati, atau apakah asal biji kopi atau metode pembuatan kopi juga berpengaruh atau tidak.

Samantha Heller, ahli gizi klinis di New York University, mengatakan bahwa meskipun kopi mengandung senyawa yang memiliki efek antioksidan dan antiradang, minum beberapa cangkir kopi dalam sehari tetap tidak dapat mengembalikan kerusakan hati yang diakibatkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. Jadi, kopi memang tidak bisa dijadikan obat untuk orang yang sudah didiagnosis dengan sirosis hati. Kopi hanya mampu mencegah munculnya gejala-gejala.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Panduan Menjaga Kesehatan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

Menjaga kesehatan anak dengan penyakit jantung bawaan memang bukan tugas mudah. Jangan khawatir, simak panduannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 01/07/2020 . Waktu baca 10 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
jamur cordyceps

4 Manfaat Cordyceps Militaris, Jamur yang Berkhasiat bagi Kesehatan Terutama untuk Pernapasan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit