4 Kehebatan Minyak Oregano untuk Kesehatan, Mau Coba?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Oregano dikenal sebagai bahan penyedap rasa pada makanan. Namun, oregano juga dapat disari menjadi minyak esensial yang ternyata memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan Anda. Minyak oregano memiliki efek antioksidan, antibakteri, antijamur, antivirus, dan mungkin dapat menurunkan kadar kolesterol Anda. Untuk informasi lebih lengkapnya, yuk, simak manfaat minyak oregano bagi kesehatan di sini.

Manfaat minyak oregano sebagai obat alternatif

Minyak oregano dapat dijadikan obat alami untuk beberapa masalah kesehatan mulai dari alergi, radang sendi (arthritis), pilek, flu, migrain, sinusitis, sakit tenggorokan, nyeri haid, dan infeksi saluran kencing. Namun, minyak ini diketahui hanya bisa sedikit meredakan gejala penyakit-penyakit tersebut, bukan menyembuhkannya.

Minyak oregano juga bisa digunakan sebagai obat oles di kulit untuk mengurangi jerawat, kutu air, sariawan, psoriasis, rosacea, varises, dan kutil.

Selain itu, manfaat minyak oregano dikenal sebagai obat populer yaitu inhaler uap yang digunakan untuk mengurangi gejala flu. Anda cukup mencampur minyak oregano dengan air yang sangat panas, lalu masukkan ke inhaler uap. Hal ini dapat membantu Anda melegakan hidung mampet.

Manfaat minyak oregano sebagai antibiotik

Minyak oregano mengandung carvacrol yang memiliki sifat antibakteri. Beberapa penelitian melaporkan manfaat minyak oregano untuk melawan beberapa jenis bakteri.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang terinfeksi bakteri Staphylococcus aureus melaporkan bahwa 43% tikus yang diberikan oregano mampu bertahan hidup hingga lebih dari 30 hari. Sebagai perbandingan, sejumlah 50% tikus yang mendapat antibiotik secara teratur juga bisa bertahan hidup 30 hari lebih.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa minyak oregano bisa melawan bakteri yang resistan alias kebal terhadap antibiotik. Ini termasuk bakteri Pseudomonas aueruginosa dan Eschericia coli (E. coli). Kedua bakteri ini adalah penyebab umum infeksi saluran kemih dan infeksi pernapasan.

Khasiat minyak oregano sebagai antijamur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak oregano dapat membantu melawan pertumbuhan jamur Candida. Ini adalah jamur yang biasanya ditemukan di dalam saluran pencernaan dan vagina.

Ketika pertumbuhannya tidak terkendali di dalam tubuh, Candida sering menjadi penyebab sariawan, infeksi kulit, dan infeksi jamur vagina. Namun, sementara penemuan ini hanya dilakukan dalam tabung-tabung tes, bukan pada manusia langsung.

Minyak oregano mampu menurunkan kadar kolesterol

Selain sebagai antimikroba, carvacrol (senyawa dalam minyak oregano) juga telah terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol. Manfaat minyak oregano ini dilaporkan dalam sebuah penelitian pada tikus yang menjalani diet tinggi lemak selama 10 minggu.

Tikus yang diberikan carvacrol dan melakukan diet tinggi lemak mampu menurunkan kadar kolesterol di akhir minggu ke -10. Manfaat minyak oregano ini dianggap hasil dari fenol carvacrol dan thymol.

Meski begitu, uji klinis terhadap manfaat oregano yang dilakukan pada manusia masih kurang. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan seberapa aman dan bermanfaat bahan tradisional yang satu ini bagi kesehatan. Oleh karena itu Anda tetap harus periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca