Lebih Bersih Cuci Tangan Dengan Air Dingin Atau Air Hangat?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/06/2020 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Sejak kecil, Anda mungkin sudah dibiasakan untuk cuci tangan sebelum makan atau setelah bepergian. Namun, apakah Anda tahu berapa suhu air terbaik yang paling ampuh untuk membersihkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan? Mana yang lebih bersih, cuci tangan pakai air dingin atau air hangat? Ini dia jawaban dari para ahli!

Benarkah kuman dan bakteri lebih mudah dibasmi dengan air hangat?

Banyak orang percaya bahwa cuci tangan dengan air hangat dan air panas lebih efektif untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit. Pasalnya, sejak kecil Anda mungkin sudah diberi tahu bahwa organisme asing seperti bakteri, virus, dan kuman akan mati jika terpapar suhu panas. Inilah mengapa memasak makanan sampai benar-benar matang bisa mencegah penyakit akibat infeksi bakteri dan virus.  

Namun, bagaimana dengan kuman dan bakteri yang ada di tangan? Bisakah air dingin membersihkan tangan Anda sampai tuntas? Ternyata menurut para peneliti, air dingin sama ampuhnya dengan air hangat dan air panas untuk memberantas bakteri. Jadi tak masalah berapa suhu air yang digunakan untuk cuci tangan.

Sebuah penelitian dari Rutgers University di Amerika Serikat (AS) menguak bahwa mencuci tangan dengan suhu 15 derajat, 26 derajat, hingga 38 derajat Celsius sama saja efeknya. Dalam eksperimen ini, para ahli memberikan bakteri Escherichia coli (E. coli) ke tangan para peserta penelitian. Peserta kemudian diminta untuk mencuci tangan dengan suhu air yang berbeda-beda.

Hasilnya, baik air dingin, air hangat, dan air panas sama-sama bisa membunuh dan mengusir bakteri tersebut dengan baik. Maka, Anda tak perlu khawatir kalau tidak bisa cuci tangan dengan air hangat. Air dingin saja cukup, kok.  

bahaya kandungan triclosan

Bukan suhu air yang penting, tapi durasinya

Selain menguji suhu air yang ampuh membersihkan tangan, penelitian oleh para ahli di Rutgers University dalam Journal of Food Protection ini juga menguji cara mencuci tangan yang paling efektif.

Menurut para ahli kesehatan yang tergabung di penelitian ini, bukan suhu air yang memengaruhi kebersihan tangan Anda, melainkan lamanya waktu mencuci tangan. Mencuci tangan dengan sabun selama 30 detik terbukti jauh lebih efektif dalam mengusir kuman dan bakteri di tangan. Sedangkan bila Anda mencuci tangan dengan sabun hanya dalam waktu 15 detik, masih banyak bakteri yang menempel di tangan. Inilah mengapa Anda dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun paling tidak selama 20 detik.

Sedangkan soal sabun terbaik untuk cuci tangan, para ahli sepakat bahwa sabun biasa sudah cukup untuk membersihkan kuman dan bakteri. Anda tak perlu pakai sabun antibakteri atau antiseptik khusus. Pasalnya menurut berbagai penelitian dan uji klinis, sebenarnya sabun antibakteri tidak lebih manjur daripada sabun biasa. Jangan lupa keringkan tangan Anda dengan kain atau tisu yang bersih, ya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 menit baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
bakteri pada uang kertas

Mengenal Bakteri pada Uang Kertas dan Koin dan Dampaknya bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . 4 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca