Lebih Bersih Cuci Tangan Dengan Air Dingin Atau Air Hangat?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 Juni 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sejak kecil, Anda mungkin sudah dibiasakan untuk cuci tangan sebelum makan atau setelah bepergian. Namun, apakah Anda tahu berapa suhu air terbaik yang paling ampuh untuk membersihkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan? Mana yang lebih bersih, cuci tangan pakai air dingin atau air hangat? Ini dia jawaban dari para ahli!

Benarkah kuman dan bakteri lebih mudah dibasmi dengan air hangat?

Banyak orang percaya bahwa cuci tangan dengan air hangat dan air panas lebih efektif untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit. Pasalnya, sejak kecil Anda mungkin sudah diberi tahu bahwa organisme asing seperti bakteri, virus, dan kuman akan mati jika terpapar suhu panas. Inilah mengapa memasak makanan sampai benar-benar matang bisa mencegah penyakit akibat infeksi bakteri dan virus.  

Namun, bagaimana dengan kuman dan bakteri yang ada di tangan? Bisakah air dingin membersihkan tangan Anda sampai tuntas? Ternyata menurut para peneliti, air dingin sama ampuhnya dengan air hangat dan air panas untuk memberantas bakteri. Jadi tak masalah berapa suhu air yang digunakan untuk cuci tangan.

Sebuah penelitian dari Rutgers University di Amerika Serikat (AS) menguak bahwa mencuci tangan dengan suhu 15 derajat, 26 derajat, hingga 38 derajat Celsius sama saja efeknya. Dalam eksperimen ini, para ahli memberikan bakteri Escherichia coli (E. coli) ke tangan para peserta penelitian. Peserta kemudian diminta untuk mencuci tangan dengan suhu air yang berbeda-beda.

Hasilnya, baik air dingin, air hangat, dan air panas sama-sama bisa membunuh dan mengusir bakteri tersebut dengan baik. Maka, Anda tak perlu khawatir kalau tidak bisa cuci tangan dengan air hangat. Air dingin saja cukup, kok.  

bahaya kandungan triclosan

Bukan suhu air yang penting, tapi durasinya

Selain menguji suhu air yang ampuh membersihkan tangan, penelitian oleh para ahli di Rutgers University dalam Journal of Food Protection ini juga menguji cara mencuci tangan yang paling efektif.

Menurut para ahli kesehatan yang tergabung di penelitian ini, bukan suhu air yang memengaruhi kebersihan tangan Anda, melainkan lamanya waktu mencuci tangan. Mencuci tangan dengan sabun selama 30 detik terbukti jauh lebih efektif dalam mengusir kuman dan bakteri di tangan. Sedangkan bila Anda mencuci tangan dengan sabun hanya dalam waktu 15 detik, masih banyak bakteri yang menempel di tangan. Inilah mengapa Anda dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun paling tidak selama 20 detik.

Sedangkan soal sabun terbaik untuk cuci tangan, para ahli sepakat bahwa sabun biasa sudah cukup untuk membersihkan kuman dan bakteri. Anda tak perlu pakai sabun antibakteri atau antiseptik khusus. Pasalnya menurut berbagai penelitian dan uji klinis, sebenarnya sabun antibakteri tidak lebih manjur daripada sabun biasa. Jangan lupa keringkan tangan Anda dengan kain atau tisu yang bersih, ya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tak Hanya Memutihkan Kulit, Ini 6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Siapa yang suka makan bengkoang? Nyatanya, kandungan dan manfaat bengkoang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Cara Diet Tanpa Sayur yang Aman untuk Tubuh

Di semua anjuran makanan sehat, selalu saja ada sayur di dalamnya. Bagaimana jika Anda tak suka makan sayur? Berikut ini diet tanpa sayur tapi tetap sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat, Tips Sehat 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit

6 Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh

Pernahkan Anda mencicipi teh chamomile? Ternyata salah satu teh herbal ini banyak manfaatnya, lho! Simak manfaat teh chamomile bagi kesehatan tubuh.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab bau mulut

Wajib Tahu 15 Penyebab Bau Mulut yang Mengganggu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 9 menit

Penyebab Serangan Jantung Pada Anak Muda

Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 5 menit
akibat sering main hp

4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
gingsul, salah satu jenis maloklusi

Fakta Seputar Gigi Gingsul yang Harus Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 6 menit