Rasanya pasti menyebalkan bila rambut dan kepala kita terkena ketombe. Salah satu cara mengatasinya, ya dengan shampoo anti ketombe. Tapi tahukah Anda bahwa kita tidak bisa sembarang pilih shampoo anti ketombe?

Ketombe memang tidak berbahaya dan biasanya kita bisa mengatasinya hanya dengan shampoo anti ketombe. Ada banyak jenis shampoo anti ketombe yang tersedia di pasaran, sehingga tidak sulit menemukannya. Namun, bukan berarti semua shampoo anti ketombe sama saja. Seperti ditulis WebMD, tidak semua shampoo anti ketombe memiliki bahan atau kandungan yang sama, seperti:

  • Coal tar buatan 
  • Pyrithione zinc 
  • Asam salicylic dan sulfur 
  • Asam salicylic 
  • Selenium sulfida 
  • Ketoconazole 

Hal-hal yang harus diperhatikan saat keramas

Mencuci rambut merupakan kegiatan yang mungkin Anda lakukan setiap hari saat mandi. Namun, kepada WebMD, profesor ahli penyakit kulit, Amy McMichael, MD, dari Wake Forest Baptist Medical Center, mengatakan, orang yang memiliki rambut yang tak bermasalah, tidak perlu repot-repot menjalani rutinitas keramas terlalu sering.

“Jika Anda memiliki rambut sehat, tidak masalah bahkan jika Anda tidak keramas setiap hari. Tapi fakta yang disayangkan adalah banyak dari kita yang malah jarang mencuci rambut,” ujar Amy.

Tidak keramas bisa menyebabkan rambut kita berketombe. Seperti dipaparkan sebelumnya, ketika Anda memiliki ketombe, Anda biasanya dapat mengatasinya dengan shampoo anti ketombe. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menangani ketombe di kulit kepala.

  • Anda perlu mengganti shampoo bila shampoo anti ketombe yang sudah lama Anda pakai tidak efektif lagi seperti saat pertama kali Anda pakai.
  • Seberapa sering Anda harus keramas dengan shampoo anti ketombe tersebut biasanya berbeda-beda, mulai dari setiap hari sampai hanya sekali kali seminggu. Cek kemasan shampoo untuk mengetahui petunjuknya.
  • Jangan lupa menggosok kulit kepala saat keramas. Diamkan shampoo dan busanya meresap ke kulit kepala selama 5 menit atau sesuai arahan produk, sebelum Anda bilas.
  • Bilas dengan benar dan jangan sampai ada busa shampoo yang tersisa, karena ini bisa membuat kulit Anda iritasi.
  • Jika ketombe Anda sudah membaik, Anda bisa mengurangi penggunaan shampoo anti ketombe.

Waktunya memilih shampoo anti ketombe yang tepat

Setelah memahami apa yang dijelaskan sebelumnya, sekarang waktunya untuk memilih shampoo anti ketombe yang tepat untuk Anda. Namun, sebelum Anda memilih shampoo anti ketombe, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Apa yang menyebabkan ketombe pada kepala Anda?
  • Apa bahan atau kandungan yang sebaiknya diperhatikan?
  • Apa jenis rambut yang Anda miliki?

Seperti dikutip ShampooTruth, ketika seseorang membeli shampoo anti ketombe, banyak yang tidak memikirkan apa yang menjadi penyebab ketombe. Memilih shampoo anti ketombe terbaik bagi Anda akan secara efektif mengatasi ketombe dan tidak akan menimbulkan masalah rambut lainnya. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan shampoo berlebihan, karena bisa membuat ketombe makin parah, dan bahkan merusak rambut.

Pilih yang mampu mengatasi jamur

Sumber terbesar ketombe adalah dermatitis seboroik, yang meski tidak jelas apa penyebabnya, beberapa ahli percaya penyakit tersebut berkaitan dengan jamur. Jamur di kepala setiap orang berbeda-beda, dan kebanyakan shampoo anti ketombe memiliki zat anti jamur, seperti pyrithione zinc, selenium sulfida, ketoconazole, dan minyak pohon teh. Semua zat tersebut berpotensi mengatasi masalah jamur.

Bila iritasi, jangan lupa tambahkan pelembap

Shampoo yang mengandung asam salicylic dan coal tar, meski sangat membantu mengatasi ketombe, bila digunakan setiap hari bisa menyebabkan iritasi dan malah ketombe yang lebih banyak. Ketika memilih shampoo dengan kandungan seperti ini, jangan lupa tambahkan pelembap yang bisa membantu sebagai conditioner.

Shampoo anti ketombe organik bisa juga dipilih

Ini bisa jadi solusi bagi orang-orang yang tidak suka menggunakan bahan kimia untuk rambutnya. Kebanyakan shampoo organik ini menggunakan minyak pohon teh sebagai bahan anti ketombe. Shampoo organik ini menggunakan banyak minyak dan ekstrak penting untuk mengatasi ketombe, membersihkan ketombe, dan melembapkan kulit kepala. Bahan-bahan shampoo organik biasanya termasuk sage, rosemary, jojoba, aloevera, pepermint, kelapa, dan lainnya.

Shampoo anti ketombe terbaik untuk Anda akan membuat penyebab ketombe Anda hilang, tidak merusak rambut Anda, dan yang paling penting  bekerja dengan baik. Namun, mungkin Anda butuh beberapa waktu sampai akhirnya bisa menemukan shampoo terbaik untuk Anda.

Anda bisa mencoba satu shampoo dulu selama beberapa minggu, sebelum mencoba shampoo lain yang berbeda untuk memastikan seperti apa hasilnya untuk Anda. Meskipun kemasannya mengatakan shampoo tersebut merupakan yang terbaik, tapi bukan berarti terbaik untuk Anda, karena tubuh setiap orang reaksinya berbeda-beda.

BACA JUGA:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca