home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Cara Ampuh Atasi Ketombe dengan Minyak Serai

3 Cara Ampuh Atasi Ketombe dengan Minyak Serai

Masalah ketombe dapat diatasi dengan sampo antiketombe atau menggunakan bahan alami, seperti minyak serai. Lalu, bagaimana caranya mendapatkan manfaat serai yang satu ini untuk mengatasi ketombe? Yuk, lihat ulasannya berikut ini!

Manfaat minyak serai untuk mengatasi ketombe

rambut berketombe

Munculnya serpihan putih di rambut termasuk tanda rambut berketombe. Kondisi ini tidak menular dan biasanya tidak menandakan masalah serius. Akan tetapi, gejalanya yang menimbulkan rasa gatal di kulit kepala bisa sangat mengganggu.

Melansir Mayo Clinic, ketombe ringan dapat diobati dengan rutin keramas. Jika tidak berhasil, Anda perlu beralih ke sampo khusus sebagai obat ketombe. Selain itu, menggunakan serai atau sereh juga bisa membantu Anda untuk terbebas dari ketombe.

Sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Complementary Medicine Research, menunjukkan manfaat serai untuk rambut berketombe. Peneliti menemukan aktivitas antijamur pada sampo tonik yang mengandung minyak serai konsentrasi rendah.

Dalam penelitian ditemukan bahwa serai bekerja lebih efektif mengatasi ketombe ketimbang tea tree oil. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu penyebab umum dari ketombe adalah terlalu aktifnya jamur Malassezia di kulit kepala.

Selain itu, minyak serai diketahui dapat mengurangi proses pengelupasan stratum korneum (bagian kulit paling atas), menyeimbangkan produksi minyak, sekaligus mengurangi rasa gatal.

Cara memanfaatkan minyak serai untuk mengatasi ketombe

Jika Anda tertarik pada manfaat sereh untuk mengatasi rambut berketombe, Anda harus tahu cara yang tepat untuk menggunakannya. Anda hanya membutuhkan minyaknya saja dari serai.

Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda tidak boleh mengoleskan langsung minyak serai ke kulit kepala. Itu karena minyak serai punya senyawa yang bersifat iritan. Senyawa tersebut dapat menimbulkan reaksi saat dioleskan langsung ke kulit kepala.

Jika Anda sembarangan menggunakan minyak serai, kemungkinan kondisi kulit kepala yang berketombe akan semakin parah.

Sebelum menggunakannya, Anda perlu memastikan lebih dahulu bahwa Anda tidak punya alergi pada minyak serai. Lakukan uji sensitivitas dengan mengoleskan sedikit minyak sereh ke kulit dan diamkan setidaknya satu jam untuk melihat reaksinya.

Supaya tidak salah, di bawah ini merupakan cara menggunakan minyak serai mengatasi ketombe.

1. Pakai sampo dengan kandungan minyak serai

Ini merupakan cara termudah untuk mendapatkan manfaat serai untuk mengobati rambut berketombe. Pilih sampo yang mengandung minyak serai sekitar 10% dan gunakanlah secara rutin.

Memakai sampo ini selama 2 minggu efektif mengurangi ketombe hingga 81 persen. Gunakan produk sampo secukupnya agar efeknya tidak terlalu keras di kulit kepala.

2. Campurkan minyak dengan sampo atau kondisioner

Jika Anda belum menemukan sampo yang tepat, Anda bisa menggunakan minyak serai untuk mengobati ketombe. Caranya, tuangkan minyak pada sampo atau produk kondisioner sesuai petunjuk pemakaian yang ada di kemasan.

Kemudian, pijatkan campuran tersebut ke kulit kepala dan diamkan beberapa saat agar kandungan sampo dan minyak menyerap ke kulit dengan maksimal. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih.

3. Tambahkan air dan oleskan ke rambut

Selain dicampurkan dengan sampo maupun kondisioner, Anda juga bisa mencampurkan 3 – 4 tetes minyak serai dengan air. Selanjutnya, oleskan larutan ini pada kulit kepala Anda secara rutin.

Pastikan Anda menerapkan cara-cara tersebut ketika rambut Anda bersih alias setelah keramas. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mayo Clinic. Dandruff. Accessed on October 23rd, 2019.

Medical News Today. 10 natural remedies for dandruff. Accessed on October 23rd, 2019.

Chaisripipat, W., Lourith, N. and Kanlayavattanakul, M. (2015). Anti-dandruff Hair Tonic Containing Lemongrass (Cymbopogon flexuosus) OilComplementary Medicine Research, 22(4), pp.226-229.

Health Line. Essential Oils for Hair. Accessed on October 23rd, 2019.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 05/03/2021
x