Panduan Mudah Menggunakan Obat Semprot Hidung

Oleh

Bagi Anda yang punya sinusitis, radang di area hidung (rhinitis), atau alergi, mungkin bisa mencoba untuk menggunakan alat semprot khusus yang dimasukkan. Obat semprot bisanya diandalkan ketika hidung mulai tersumbat. Nah, bagaimana cara pakai obat semprot hidung yang benar, ya?

Mengenal obat semprot hidung

Obat semprot hidung yang dikenal juga sebagai nasal spray adalah obat yang digunakan untuk pengobatan di area hidung dan sinus, seperti misalnya hidung tersumbat.

Obat ini adalah obat cair yang disemprotkan ke bagian dalam hidung. Sering kali obat yang dimasukkan ke dalam alat semprot ini adalah dekongestan, yaitu obat yang biasanya digunakan untuk mengobati hidung tersumbat yang disebabkan oleh sinusitis atau penyakit flu. 

Obat semprot hidung hadir dalam dua jenis, yaitu:

  • botol semprot biasa (pump bottle)
  • kaleng kecil yang ditekankan ke dalam botol (pressurized canister)

Anda harus memilih jenis semprotan yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Dengan begitu, obat yang terdapat di dalam obat semprot hidung dapat diserap oleh tubuh dengan baik.  

Obat ini bisa Anda dapatkan di apotek secara bebas atau sebagai obat resep sesuai dengan saran dokter.

Cara pakai obat semprot hidung

Sebelum pakai obat semprot, pastikan tangan Anda sudah bersih dan bebas kuman. Kemudian, siapkan beberapa helai tisu di sekitar Anda. Nah, masing-masing obat semprot hidung punya cara pakai yang berbeda.

Cara pakai obat semprot yang menggunakan kaleng kecil:

  1. Keluarkan lendir dari dalam hidung yang menghalangi jalan pernapasan sebelum menggunakan obat ini.
  2.  Pastikan kaleng kecil masuk dengan pas ke dalam tempatnya. Kocok kaleng kecil yang berisi cairan obat beberapa kali sebelum menggunakannya.
  3. Arahkan kepala Anda ke atas dan hembuskan napas perlahan.
  4. Pegang obat semprot hidung dengan cara meletakkan jempol pada bagian bawah obat dan telunjuk pada bagian atas obat. Sedangkan telunjuk tangan satunya menutup lubang hidung di sisi lainnya yang tidak menerima obat.
  5. Tekan perlahan kaleng kecil ke dalam tempatnya bersamaan dengan Anda menghirup obat ke dalam hidung yang tidak ditutup. Lakukan langkah yang sama untuk lubang hidung lainnya.
  6. Upayakan untuk tidak bersin atau mengeluarkan cairan dari dalam hidung tepat setelah menggunakan obat ini.

Sementara itu, tata cara pakai botol semprot biasa adalah sebagai berikut:

  1. Buang lendir di dalam hidung secara perlahan sebelum menggunakan obat.
  2. Buka penutup botol obat semprot hidung dan kocok beberapa kali. Semprotkan ke udara hingga mengeluarkan cairan.
  3. Miringkan kepalamu ke depan dan hembuskan napas perlahan.
  4. Pegang botol semprot dengan posisi jempol di bagian bawah dan telunjuk dan jari tengah di bagian atas. Gunakan jari di tangan lainnya untuk menutup lubang hidung yang tidak menerima obat.
  5. Tekan pompa di bagian atas botolnya agar mengeluarkan cairan bersamaan dengan Anda menghirup cairan tersebut ke dalam lubang hidung Anda. Lakukan langkah yang sama untuk lubang hidung yang satunya.
  6. Cobalah untuk tidak mengeluarkan cairan dari dalam hidung Anda.

Yang harus diperhatikan saat pakai obat semprot hidung

Seperti yang disebutkan oleh Family Doctor, Jangan gunakan obat semprot hidung yang Anda beli di apotek tanpa saran dokter lebih dari tiga hari. Penggunaan obat ini secara berlebihan justru akan memperburuk kondisi Anda. Semakin sering Anda menggunakannya, semakin buruk kondisi hidung Anda.

Selain itu, pastikan bahwa Anda bisa menghirup udara dari hidung sebelum menggunakan obat tersebut karena jika tidak maka penggunaannya akan percuma. Jika Anda menggunakannya dengan benar, cairan obat dari obat semprot hidung tidak akan jatuh ke dalam tenggorokan atau keluar dari hidung.

Jika hidung Anda terasa sakit dan perih atau hidung Anda mulai mimisan, hentikan pemakaian sampai satu hingga dua hari.

Jauhkan obat Anda dari paparan sinar matahari secara langsung dan tanyakan kepada dokter jika Anda ingin menanyakan seputar obat untuk menyembuhkan hidung tersumbat ini lebih lanjut.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca