4 Langkah Mudah yang Ampuh Mengatasi Bersin Setelah Makan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 03/11/2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bukan cuma sakit perut, makanan penyebab alergi juga bisa membuat Anda jadi bersin-bersin setelah makan. Ini merupakan pertanda bahwa sistem imun tubuh Anda sedang berusaha melawan protein alergen yang ditimbulkan oleh makanan tersebut.

Satu atau dua kali bersin mungkin tidak masalah. Namun, kalau Anda jadi sering bersin setelah makan, sudah saatnya bagi Anda untuk mengatasinya dengan cara berikut ini.

Langkah jitu mengatasi sering bersin setelah makan

Faktor makanan dan kekenyangan adalah dua penyebab bersin setelah makan yang paling umum. Bersin yang terjadi akibat dua hal ini sebetulnya tidak dapat disembuhkan maupun dicegah.

Namun Anda tak perlu cemas. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu menjaga hidung tetap bersih dan bebas dari tumpukan lendir. Dengan begitu, bersin yang sering terjadi setelah makan dapat dikendalikan dengan baik.

Cara tersebut meliputi:

1. Tahan napas

latihan pernapasan

Saat hidung Anda terasa tergelitik dan ingin bersin setelah makan, coba tahan napas dan hitung sampai 10. Cara sederhana ini bisa membantu menghambat refleks bersin yang sering muncul setelah makan.

Supaya lebih mudah, jepit hidung Anda dengan ibu jari dan telunjuk selama beberapa detik. Setelah itu, buang napas pelan-pelan dan rasakan perubahannya.

2. Hindari makanan pemicu

Bersin setelah makan sering kali terjadi setelah Anda mengonsumsi makanan tertentu. Biasanya karena makanan pedas seperti wasabi, lada, kari, sup panas, serta makanan pemicu alergi seperti telur, kacang, susu, atau minuman beralkohol.

Maka itu, cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan menghindari pemicunya. Jika Anda masih tidak yakin dengan makanan pemicu bersin, segera konsultasikan ke dokter untuk melakukan tes alergi.

3. Kurangi porsi makan

mengurangi porsi makan

Hidung meler dan bersin setelah makan juga bisa terjadi ketika Anda makan terlalu banyak alias kekenyangan. Untuk mengatasinya, coba kurangi porsi makan Anda dari biasanya secara bertahap.

Cara ini bisa membantu menekan snatiation reflex, yaitu refleks tubuh yang terjadi saat perut kekenyangan. Ada baiknya Anda mencoba makan sedikit-sedikit, tapi sering, ketimbang makan porsi besar dalam sekali makan.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk minum banyak air putih untuk membantu mengencerkan lendir di tenggorokan. Dengan begitu, reaksi bersin jadi lebih mudah dikendalikan atau bahkan dikurangi.

4. Minum obat

Disopyramide adalah obat

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara tapi masih saja sering bersin setelah selesai makan, maka tidak ada salahnya untuk segera pergi ke apotek dan membeli obat pseudoephedrine.

Pseudoephedrine adalah obat dekongestan yang berfungsi untuk mengurangi sensitivitas hidung yang menyebabkan bersin setelah makan. Anda juga bisa memanfaatkan obat semprot hidung untuk membantu memblokir pelepasan histamin yang menyebabkan bersin.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit