Berbagai Makanan yang Perlu Dikonsumsi Jika Anda Kurang Tidur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Kekurangan waktu tidur adalah kondisi yang tidak menguntungkan bagi tubuh, karena otak kekurangan waktu untuk beristirahat. Akibatnya, kita cenderung merasa lelah saat kurang tidur. Di samping penurunan performa aktivitas pada siang hari, kondisi mengantuk biasanya juga menyebabkan rasa lapar yang berlebih akibat peningkatan hormon ghrelin. Namun, memenuhi keinginan makan yang banyak saat mengantuk tidak akan membuat otak kita “fresh” kembali, malah terkadang dapat membuat mengantuk lebih parah.  

Beberapa pilihan makanan yang baik dikonsumsi saat sedang kurang tidur

Makanan dapat meningkatkan atau menurunkan energi, bergantung jumlah dan frekuensi konsumsi. Sering kali saat sedang mengantuk, kita mengonsumsi makanan lebih banyak makanan namun tidak dapat mencukupi kebutuhan energi. Berikut beberapa contoh makanan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi secara optimal saat Anda kekurangan waktu tidur:

1. Ikan dengan kandungan minyak tinggi

Pada umumnya, berbagai jenis ikan laut memiliki kandungan minyak yang tinggi, misalnya ikan salmon, tuna, dan sarden. Lemak tak jenuh dan protein yang bersumber dari berbagai ikan jenis ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan lebih bertenaga, sehingga dapat meminimalisir rasa lapar lebih baik dan mencegah Anda mengemil. Lemak tak jenuh juga membantu efisiensi kerja otak sehingga Anda tetap dapat berkonsentrasi dan menjaga kestabilan mood walaupun sedang merasa lelah.

2. Kacang-kacangan

Kandungan lemak tak jenuh pada kacang baik untuk menjaga rasa lapar berlebih dan dapat menjaga peningkatan hormon stress berlebih. Pemilihan konsumsi kacang tinggi lemak seperti kacang mede lebih baik, dibandingkan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan pemanis yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah.

3. Makanan bersumber gandum utuh

Gandum utuh atau whole-grain seperti pada oatmeal dan roti gandum membantu untuk menahan kita memakan makanan lebih banyak saat merasa lelah. Jenis makanan ini tidak hanya mengandung banyak serat, tetapi juga karbohidrat kompleks yang dapat menghasilkan energi lebih banyak, dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh, serta dapat mencegah peningkatan kadar glukosa berlebih di dalam tubuh.

4. Telur

Salah satu dampak dari kondisi mengantuk adalah tekanan pada sel otot, namun hal ini dapat dikurangi dengan asupan asam lemak seperti EPA dan DHA yang terdapat di dalam putih telur. Senyawa asam lemak ini juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dengan mencegah peningkatan tekanan darah.

5. Buah mangga

Salah satu efek mengantuk adalah keinginan untuk memakan makanan manis. Konsumsi buah manga dapat mengatasi kondisi ini karena mangga mengandung banyak gula alami yang lebih baik untuk mengatur kadar energi tubuh dibandingkan gula tambahan pada makanan.

6. Buah blueberry

Salah satu kandungan buah blueberry adalah senyawa antioksidan yang dapat menguatkan imun tubuh. Dengan mengonsumsi blueberry kita dapat meminimalisir terjadinya infeksi penyakit akibat penurunan imunitas saat tubuh kekurangan waktu untuk beristirahat. Buah blueberry juga berkhasiat untuk menyeimbangkan kadar gula darah sehingga kita tidak menjadi mudah lapar.

Saat kekurangan waktu tidur, batasi konsumsi kafein

Jika Anda masih merasa mengantuk, kemungkinan Anda akan mengonsumsi kopi. Namun, tahukah Anda bahwa kafein yang terlalu tinggi akan menyebabkan Anda insomnia? Akibatnya, waktu tidur di malam hari berkurang dan kemungkinan Anda akan mengalami rasa mengantuk kembali pada keesokan harinya. Salah satu alternatif untuk mengganti kopi adalah konsumsi teh hijau karena memiliki kandungan kafein yang dilepas secara bertahap. Teh hijau juga memiliki efek relaksasi sehingga mengurangi kadar hormon stress dan membantu Anda lebih baik untuk berkonsentrasi.

Hal ini juga berlaku pada kafein yang berasal dari minuman energi. Di samping kafein yang tinggi, minuman berenergi juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Efek kesegaran instan ini tidak akan bertahan lama jika Anda benar-benar mengalami kelelahan. Oleh karena itu, istirahat sebentar lebih efektif dibandingkan mengkonsumsi minuman energi.

Sertai konsumsi makanan dengan kecukupan air minum

Kondisi dehidrasi dapat membuat rasa kelelahan yang lebih parah saat Anda mengantuk. Dengan memenuhi kecukupan air minum, ini dapat membantu tubuh menjaga cadangan energi dan meningkatkan kemampuan berkonsentrasi Anda. Air juga sangat dibutuhkan untuk dapat aktif bergerak meskipun Anda sedang lelah.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Mendengarkan Suara Hujan Bikin Mengantuk?

Saat hujan, paling enak memang tidur di balik selimut. Apalagi sambil mendengarkan suara hujan. Tapi kenapa, sih, suara hujan itu enak didengar?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Gladys Mangkuliguna
Hidup Sehat, Fakta Unik 22 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Ini Alasannya Kenapa Nasi Merah Jauh Lebih Sehat dari Nasi Putih

Apa yang membuat beras merah selalu diyakini lebih baik dari beras putih? Dan apakah benar beras merah dapat membantu menurunkan berat badan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 22 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Sudah Minum Kopi Tapi Masih Ngantuk, Apa Penyebabnya?

Gen ternyata berperan penting untuk mencerna kafein dari kopi Anda, lho. Tak percaya? Langsung simak dua alasan sudah minum kopi masih ngantuk berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Salah satu diet yang dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan aman dan sehat adalah diet tinggi serat. Seperti apa aturannya? Cari tahu di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Nutrisi, Hidup Sehat 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk penderita thalasemia

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
tanda kurang tidur

6 Tanda Bahwa Anda Kurang Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
sumber karbohidrat paling sehat

Nasi, Mie, Pasta, dan Roti: Sumber Karbohidrat Mana yang Paling Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
pengaruh alkohol untuk jantung

Apa Sebenarnya Pengaruh Alkohol untuk Kesehatan Jantung?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit