Alkylglycerol, Bahan Alami untuk Perkuat Sistem Imun

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Alkylglycerol (AKG) merupakan senyawa yang berpotensi memperkuat sistem imun. Studi dalam lingkungan buatan menunjukkan senyawa ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengendalikan pertumbuhan tumor ganas. Yuk, simak lebih lanjut mengenai senyawa ajaib ini.

Apa itu alkylglycerols?

Senyawa AKG adalah zat yang tidak asing bagi tubuh. Zat ini terdapat pada sumsum tulang, liver, dan limpa. Menurut studi Some Biological Actions of Alkylglycerols from Shark Liver Oil, senyawa AKG awalnya digunakan untuk membantu pengobatan leukemia dan mencegah efek radiasi setelah terapi kanker. Namun, jumlah senyawa ini tidak sebanyak apabila didapatkan dari sumber lain. Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan tubuh, AKG dapat diperoleh dari minyak liver ikan (hiu).

Pada awalnya, AKG yang tidak bersumber dari manusia digunakan untuk penyembuhan luka oleh nelayan di pesisir barat Norwegia dan Swedia. Senyawa ajaib ini juga digunakan untuk mengatasi iritasi saluran pernapasan dan pencernaan. Beberapa waktu kemudian, peneliti mulai mencari tahu kegunaan AKG untuk leukemia hingga bagaimana AKG dapat dimanfaatkan untuk pasien yang melakukan radioterapi.

Lantas, bagaimana dengan perkembangan terkini penggunaan zat ini untuk kesehatan?

Manfaat alkylglycerol untuk kesehatan

Berikut adalah perkembangan terkini mengenai alkylglycerol untuk kesehatan tubuh berdasarkan studi-studi yang telah dilakukan oleh para peneliti.

Menunjang daya tahan tubuh

Zat AKG memperkuat makrofag yang ada di dalam tubuh, seperti dijelaskan pada studi berjudul An Update on the Therapeutic Role of Alkylglycerols. Fungsi makrofag sendiri adalah menghancurkan benda asing yang ingin merusak jaringan dalam tubuh. Makrofag merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, penggunaan AKG berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Meningkatkan produksi imunoglobulin

Imunoglobulin merupakan kelompok protein yang memiliki tugas sebagai antibodi. Kelompok protein ini membantu melindungi tubuh untuk melawan bakteri dan virus yang ingin menyerang kesehatan manusia. Senyawa alkylglycerol pada minyak liver ikan hiu menunjukkan peningkatan jumlah imunoglobulin tertentu.

Mendorong proses pembentukan sel darah

Senyawa AKG dari minyak liver ikan hiu dianggap membantu proses pembentukan sel darah. Kesimpulan dari penelitian berjudul Multiple Beneficial Health Effects of Natural Alkylglycerols from Shark Liver Oil minyak liver ikan (hiu) mendorong produksi sel darah. Teori ini juga dianggap masuk akal karena senyawa AKG memang terdapat pada sumsum tulang, yang merupakan jaringan tubuh yang berperan dalam pembentukan sel darah untuk tubuh.

Menghambat protein kinase C

Protein kinase C merupakan sebuah enzim yang dapat diaktifkan oleh senyawa pemicu tumor. Apabila enzim ini diaktifkan oleh pemicu tumor, ada kemungkinan sel tubuh dapat berkembang secara tidak wajar. Perkembangan yang tidak wajar dapat mengubah sel tubuh yang awalnya normal menjadi sebuah tumor ganas. Akan tetapi, alkylglycerol memiliki kemampuan untuk menghambat pengaktifan protein kinase C oleh senyawa pemicu tumor.

Sumber alkylglycerol yang baik

minyak hati ikan kod

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, zat ini telah lama digunakan dalam dunia kesehatan, terutama pengobatan pelengkap dan alternatif. Kemudian, hasil studi menunjukkan senyawa ini menunjukkan cara kerja yang bermanfaat bagi kesehatan.

Zat alkylglycerol banyak diolah menjadi suplemen minyak liver ikan hiu. Akan tetapi, supaya mendapatkan manfaat dari zat AKG, pastikan suplemen minyak liver ikan hiu yang Anda konsumsi mengandung alkylglycerol yang cukup dan berkualitas karena tidak semua suplemen dari minyak liver ikan hiu mengandung zat AKG. Silakan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen apa pun.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Keluar Rumah di Masa New Normal

Ada beragam persiapan yang perlu dibawa saat beraktivitas di luar ruangan pada masa New Normal. Cari tahu daftar perlengkapan yang perlu disediakan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
persiapan saat new normal
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Lindungi Diri Jalankan Hobi di Luar Ruang saat Adaptasi Kebiasaan Baru

PSBB memang mulai longgar, tetapi tetap ikuti tips lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru agar terhindar dari COVID-19, Sobat Sehat!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Hati-hati Penggunaan Obat Kortikosteroid Berlebihan

Sering disebut "obat dewa" karena bisa menyembuhan alergi, gatal-gatal, hingga flu, obat kortikosteroid juga bisa berbahaya jika dipakai berlebihan.

Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Hidup Sehat, Tips Sehat 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Minum obat terus minum madu? Boleh atau tidak? Baiknya Anda simak penjelasan di sini mengenai bahaya dan anjuran saat minum madu.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat, Fakta Unik 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi rambut kering

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit
nutrisi untuk mencegah covid

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 9 menit
Konten Bersponsor

8 Tips Lari di Luar Ruangan saat Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit