Alkylglycerol, Bahan Alami untuk Perkuat Sistem Imun

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Alkylglycerol (AKG) merupakan senyawa yang berpotensi memperkuat sistem imun. Studi dalam lingkungan buatan menunjukkan senyawa ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengendalikan pertumbuhan tumor ganas. Yuk, simak lebih lanjut mengenai senyawa ajaib ini.

Apa itu alkylglycerols?

Senyawa AKG adalah zat yang tidak asing bagi tubuh. Zat ini terdapat pada sumsum tulang, liver, dan limpa. Menurut studi Some Biological Actions of Alkylglycerols from Shark Liver Oil, senyawa AKG awalnya digunakan untuk membantu pengobatan leukemia dan mencegah efek radiasi setelah terapi kanker. Namun, jumlah senyawa ini tidak sebanyak apabila didapatkan dari sumber lain. Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan tubuh, AKG dapat diperoleh dari minyak liver ikan (hiu).

Pada awalnya, AKG yang tidak bersumber dari manusia digunakan untuk penyembuhan luka oleh nelayan di pesisir barat Norwegia dan Swedia. Senyawa ajaib ini juga digunakan untuk mengatasi iritasi saluran pernapasan dan pencernaan. Beberapa waktu kemudian, peneliti mulai mencari tahu kegunaan AKG untuk leukemia hingga bagaimana AKG dapat dimanfaatkan untuk pasien yang melakukan radioterapi.

Lantas, bagaimana dengan perkembangan terkini penggunaan zat ini untuk kesehatan?

Manfaat alkylglycerol untuk kesehatan

Berikut adalah perkembangan terkini mengenai alkylglycerol untuk kesehatan tubuh berdasarkan studi-studi yang telah dilakukan oleh para peneliti.

Menunjang daya tahan tubuh

Zat AKG memperkuat makrofag yang ada di dalam tubuh, seperti dijelaskan pada studi berjudul An Update on the Therapeutic Role of Alkylglycerols. Fungsi makrofag sendiri adalah menghancurkan benda asing yang ingin merusak jaringan dalam tubuh. Makrofag merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, penggunaan AKG berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Meningkatkan produksi imunoglobulin

Imunoglobulin merupakan kelompok protein yang memiliki tugas sebagai antibodi. Kelompok protein ini membantu melindungi tubuh untuk melawan bakteri dan virus yang ingin menyerang kesehatan manusia. Senyawa alkylglycerol pada minyak liver ikan hiu menunjukkan peningkatan jumlah imunoglobulin tertentu.

Mendorong proses pembentukan sel darah

Senyawa AKG dari minyak liver ikan hiu dianggap membantu proses pembentukan sel darah. Kesimpulan dari penelitian berjudul Multiple Beneficial Health Effects of Natural Alkylglycerols from Shark Liver Oil minyak liver ikan (hiu) mendorong produksi sel darah. Teori ini juga dianggap masuk akal karena senyawa AKG memang terdapat pada sumsum tulang, yang merupakan jaringan tubuh yang berperan dalam pembentukan sel darah untuk tubuh.

Menghambat protein kinase C

Protein kinase C merupakan sebuah enzim yang dapat diaktifkan oleh senyawa pemicu tumor. Apabila enzim ini diaktifkan oleh pemicu tumor, ada kemungkinan sel tubuh dapat berkembang secara tidak wajar. Perkembangan yang tidak wajar dapat mengubah sel tubuh yang awalnya normal menjadi sebuah tumor ganas. Akan tetapi, alkylglycerol memiliki kemampuan untuk menghambat pengaktifan protein kinase C oleh senyawa pemicu tumor.

Sumber alkylglycerol yang baik

minyak hati ikan kod

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, zat ini telah lama digunakan dalam dunia kesehatan, terutama pengobatan pelengkap dan alternatif. Kemudian, hasil studi menunjukkan senyawa ini menunjukkan cara kerja yang bermanfaat bagi kesehatan.

Zat alkylglycerol banyak diolah menjadi suplemen minyak liver ikan hiu. Akan tetapi, supaya mendapatkan manfaat dari zat AKG, pastikan suplemen minyak liver ikan hiu yang Anda konsumsi mengandung alkylglycerol yang cukup dan berkualitas karena tidak semua suplemen dari minyak liver ikan hiu mengandung zat AKG. Silakan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen apa pun.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pertolongan Pertama untuk Mengobati Sengatan Lebah

Katanya, sengatan lebah bisa bikin seseorang meriang dan panas dingin. Lalu bagaimana cara pertolongan pertama dalam mengobati sengatan lebah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 23 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Cara Mengatasi Gejala Leptospirosis, Penyakit Khas di Musim Hujan

Leptospirosis adalah salah satu penyakit yang sering bermunculan saat musim hujan. Saat gejala leptospirosis mulai terasa, segera atasi dengan cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Tips Sehat 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Anda suka nekat makan daging ayam belum matang? Awas, akibatnya bisa fatal. Ini dia berbagai bahaya dan ciri-ciri daging ayam yang belum dimasak sempurna.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Minum susu biasanya dianjurkan untuk anak-anak. Lalu, jika sudah lanjut usia, apakah masih perlu minum susu? Berapa banyak susu yang harus diminum?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
keluarga sehat karena melakukan perilaku hidup bersih dan sehat

4 Tips Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Lindungi Diri dan Keluarga di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
memanaskan makanan

Bolehkah Memanaskan Makanan Dalam Wadah Plastik di Microwave?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Penyebab sakit pinggang

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
arti warna dahak

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit