7 Hal yang Harus Anda Lakukan Untuk Mencegah Sinusitis Kambuh

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/09/2017
Bagikan sekarang

Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus, yang merupakan rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinus merupakan penyakit umum yang dapat menjangkiti segala usia. Biasanya, sinus ditandai dengan adanya rasa sakit di tenggorokan, nyeri pada dahi atau di sekitar mata, nyeri di tulang pipi, bau napas yang tidak sedap, dll. Akibat dari gejala tersebut tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga diperlukan suatu upaya untuk mencegah sinusitis kambuh kembali.

Yang perlu dilakukan untuk mencegah sinusitis supaya tidak kambuh lagi

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mencegah sinusitis yang dapat Anda lakukan.

Rajin cuci tangan

Mungkin tanpa sadar, Anda seringkali menyentuh mata, hidung, dan mulut. Akibatnya, kuman dapat masuk ke dalam tubuh lewat tiga “pintu” utama ini dan membuat Anda sakit. Oleh karena itu, cuci tangan adalah langkah paling penting untuk menghindari sakit dan penyebaran kuman atau virus ke orang lain. Bahkan, menurut sebuah studi menujukkan bahwa rajin mencuci tangan dapat mengurangi gangguan pernapasan, seperti pilek, hingga 16-21%.

Perbanyak minum air

Banyak minum air putih adalah cara yang efektif untuk menjaga selaput lendir yang lembap dan tipis karena dapat mencegah saluran hidung kering. Selaput lendir harus tetap terhidrasi untuk bekerja secara efisien sehingga dapat mengurangi risiko tertular infeksi virus. Selain itu, jika Anda memperbanyak konsumsi air disaat Anda sudah menderita flu, maka, dapat membantu Anda untuk sembuh.

Dapatkan vaksin flu tahunan

Menurut CDC, dengan Anda mencegah flu berarti Anda juga mencegah sinusitis. Vaksin influenza selalu didesain ulang untuk mencocokkan rantai virus yang selalu mengalami perubahan setiap tahunnya. Vaksin flu direkomendasikan untuk :

  • Semua anak usia 6-18 tahun
  • Orang dewasa >65 tahun
  • Orang dewasa yang berisiko tinggi mengalami komplikasi influenza
  • Petugas kesehatan

Vaksin “mengajarkan” tubuh Anda bagaimana mengidentifikasi virus dan bagaimana melawannya. Kemudian, ketika Anda datang ke dalam kontak dengan virus yang sebenarnya, sistem kekebalan tubuh Anda dengan cepat mengenalinya dan melakukan perlawanan. Sayangnya, mendapatkan vaksin flu bukanlah jaminan bahwa Anda tidak akan mendapatkan flu, namun setidaknya, dengan Anda mendapatkan vaksin flu dapat memberikan Anda hampir lebih dari setengah “porsi” kekebalan tubuh dan membuat gejala yang muncul jadi lebih ringan. Dan, meskipun mungkin tidak sempurna, vaksin flu adalah pertahanan terbaik yang Anda dapat lakukan untuk mencegah sinusitis.

Hindari stres

Secara medis, ketika Anda sedang stres, antibodi Anda akan siap bereaksi. Semakin lama stres bertahan, maka antibodi akan semakin melemah. Dan biasanya, ketika stres beberapa orang akan menggosok dan meniup hidung mereka lebih keras dari biasanya. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada daerah hidung, sehingga menjadi pintu masuk untuk peradangan sinus. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah sinusitis adalah menghindari stres dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi seperti pergi ke bioskop, jalan-jalan, berolahraga, bernyanyi, dll.

Konsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan dapat menjaga tubuh Anda tetap dalam keadaan prima. Menurut Harvard Medical School, kondisi tubuh yang prima dapat menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan makanan yang Anda konsumsi untuk mencegah sinusitis. Makanan yang mungkin dapat Anda konsumsi adalah buah-buahan dan sayuran berwarna gelap yang kaya akan antioksidan.

Hindari alergen di lingkungan

Biasanya, orang yang menderita sinusitis kronis harus menghindari daerah-daerah dan kegiatan yang dapat memperburuk kondisi mereka. Hindari asap rokok, cerutu, dan pipa asap yang dapat mengganggu peradangan lanjut membran dalam hidung dan sinus. Anda tidak pelru menjauhi orang yang pilek dan yang memiliki infeksi saluran pernapasan atas, namun, setelah Anda melakukan kontak dengan mereka, cucilah tangan Anda dengan menggunakan sabun.

Menjaga kesehatan mulut

Infeksi sinus juga dapat berkembang dengan gigi berlubang atau trauma langsung ke ruang sinus. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mulut dengan rajin gosok gigi, berkumur, menggosok lidah, serta menggunakan benang gigi, dapat mencegah sinusitis.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kena Flu Saat Puasa Itu Baik! Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Menyebalkan memang jika terkena flu saat puasa. Namun, tahukah Anda jika kena flu saat puasa justru akan membuat tubuh lebih baik dan Anda cepat pulih?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hari Raya, Ramadan 04/05/2020

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Punya masalah hipertensi alias tekanan darah tinggi saat puasa tentu memberikan tantangan sendiri. Agar puasa tetap lancar, ikuti tips ampuhnya berikut ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 04/05/2020

Bolehkah Kita Donor Darah Saat Puasa? Apa Saja Risikonya?

Donor darah sebaiknya dilakukan teratur. Tapi bagaimana jika jadwal donor darah Anda selanjutnya jatuh di bulan Ramadan? Bolehkah donor darah saat puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 02/05/2020

Cara Baru Menjaga Kesehatan Hidung dari Polusi Udara

Sangat penting menjaga kesehatan hidung, sebagai garda utama dalam menyaring udara yang masuk. Ternyata ada cara baru untuk menjaga hidung tetap bersih.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Direkomendasikan untuk Anda

resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
pilek flu bersin Pemeriksaan dokter THT

Kapan Anda Perlu Periksa ke Dokter Spesialis THT?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020
sakit perut setelah buka puasa

Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020
maag saat puasa obat Omeprazole

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020