Haruskah Pakai Kondom Saat Seks Oral? Begini Pertimbangannya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 1 Juni 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Seks oral adalah aktivitas seksual yang melibatkan mulut untuk merangsang penis atau vagina pasangan. Aktivitas seks ini mungkin yang paling aman untuk menghindari kehamilan. Namun, jika dilihat dari segi kesehatan, seks oral dapat menyebarkan penyakit kelamin. Saat seks oral, mulut akan langsung menyentuh kulit dan cairan tubuh (air mani, darah, cairan vagina, urine) yang menjadi sumber utama penyebaran segala kuman penyebab penyakit. Berarti perlukah pakai kondom saat seks oral? Simak jawabannya di sini.

Perlukah pakai kondom saat seks oral?

penyakit kelamin dari seks oral

Anda perlu pakai kondom setiap kali melakukan segala macam aktivitas seksual, termasuk seks oral. Kondom harus tetap diprioritaskan untuk digunakan selama seks oral, khususnya yang melibatkan mulut ke penis.

Memakai kondom saat seks oral lebih aman, karena dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit kelamin yang bisa ditularkan ke mulut. Kondom mencegah cairan tubuh masuk ke dalam tubuh, yang nantinya bisa menularkan penyakit dari pasangan Anda.

Walaupun pakai kondom saat seks oral, Anda tetap bisa menikmati aktivitas seks yang menyenangkan dengan pasangan. Apalagi sekarang ini sudah banyak kondom yang dirancang setipis mungkin, sehingga pakai kondom saat seks oral tidak akan mengurangi sensasinya.

Selain itu, banyak kondom yang tersedia dengan berbagai jenis rasa. Dengan kondom rasa, seks oral dengan pasangan bisa lebih menyenangkan. Anda juga dapat menambah nikmat kuluman dengan varian rasa yang unik.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir kondom akan menganggu sensasi bercinta Anda dan pasangan. Nikmatnya melakukan seks oral akan lebih bertambah, jika Anda melakukannya dengan aman dan sehat.

Sebelum Anda membelinya, selalu baca kemasan terlebih dahulu dan pastikan kondom tersebut aman untuk digunakan saat seks oral.

Tips melakukan seks oral yang aman dan sehat

kesalahan saat seks oral

Pakai kondom saat seks oral adalah cara aman dan sehat yang utama. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan seks oral dengan pasangan.

Mandi sebelum dan sesudah melakukan seks oral

Mandi dan bersihkan kelamin Anda sebersih mungkin. Apalagi jika Anda memang merencanakan aktivitas seks lainnya setelah itu, seperti penetrasi penis dan vagina.

Gunakan pelumas

Cobalah menggunakan pelumas saat melakukan seks oral, untuk menghindari gesekan berlebih pada gigi. Pilihlah pelumas yang berbasis air, atau silikon yang sekiranya aman jika berkontak langsung dengan mulut dan kelamin.

Perhatikan luka atau kotoran sekecil apa pun

Tubuh pasangan yang terlihat sehat dan bugar bukan jaminan alat kelaminnya juga sehat dan bersih. Oleh karena itu, sebelum melakukan seks oral, sebaiknya Anda dan pasangan melihat secara jelas, apakah ada luka atau cairan lain yang terdapat pada alat kelamin masing-masing.

Ganti kondom jika ingin lanjut ronde kedua

Kondom yang Anda gunakan saat seks oral akan penuh dengan bakteri dari mulut Anda. Jika Anda ingin lanjut sesi bercinta kedua, seperti penetrasi penis ke vagina. Sebaiknya ganti kondom Anda dengan yang baru untuk menghindari penyebaran bakteri yang bisa masuk ke alat kelamin Anda dan pasangan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pakai Kondom Bisa Hamil? Mungkin Ini Penyebabnya

Benarkah saat berhubungan seksual pakai kondom bisa hamil? Padahal kondom dianggap kontrasepsi yang efektif mencegah kehamilan. Cari tahu alasannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kontrasepsi, Seks & Asmara 12 November 2018 . Waktu baca 8 menit

Tips Seks Pakai Kondom Aman dan Tetap Menyenangkan

Seks pakai kondom bisa dilakukan sebagai cara untuk mencegah kehamilan. Namun, kapan sebenarnya perlu menarik penis saat bercinta menggunakan kondom?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kontrasepsi, Hidup Sehat, Seks & Asmara 5 September 2018 . Waktu baca 8 menit

Pasangan Positif HIV, Apakah Saya Perlu Minum Obat PrEP Agar Tidak Tertular?

Salah satu cara mencegah diri sendiri dari ketularan pasangan positif HIV adalah dengan minum obat PrEP. Seberapa manjur obat ini untuk mencegah HIV?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
HIV/AIDS, Health Centers 26 Agustus 2018 . Waktu baca 3 menit

Pasangan Menolak Pakai Kondom? Ini Hal yang Bisa Anda Lakukan

Pasangan Anda menolak pakai kondom saat berhubungan seksual? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dan pasangan Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Hidup Sehat, Seks & Asmara 13 Agustus 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

durasi oral seks pria

Durasi Oral Seks Pria Agar Lebih Nikmat dan Memuaskan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 27 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
efek samping kondom wanita

Efek Samping dan Kekurangan Menggunakan Kondom Wanita

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 7 Desember 2019 . Waktu baca 3 menit
cara seks anal

3 Variasi Posisi Seks Anal yang Nikmat dan Aman Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2019 . Waktu baca 4 menit
pakai kondom saat fingering

Apakah Harus Pakai Kondom Saat Fingering (‘Main Jari’ di Vagina)?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 7 Desember 2018 . Waktu baca 4 menit