Tips Menjalin Hubungan Asmara dengan Pasangan yang Pendiam

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24/03/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pernah menghadapi situasi ketika ada banyak teman yang berkumpul, tapi pasangan begitu pendiam dan hanya menyimak pembicaraan? Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Termasuk orang yang pendiam, mereka pun unik adanya.

Pahamilah bahwa pasangan Anda memang pendiam. Namun, selalu ada cara untuk membuat suasana hubungan lebih hangat meskipun ia begitu pendiam.

Menghadapi pasangan yang pendiam

Pendiam, salah satu dari sekian banyak karakter introvert. Bisa jadi Anda bisa menemukan beragam karakter introvert dari pasangan. Jangan mengubahnya, karena pasangan begitu unik dan pastinya hanya Anda yang memahami.

Sedikit mengulas soal introvert, ia lebih kepada seorang yang menyendiri dan memerhatikan lingkungannya. Bersosialisasi di lingkungan yang ramai bukan hal yang menjadi favoritnya.

Kepribadiannya memang membuat Anda jadi penasaran, begitu bukan? Nah, bila Anda memiliki pasangan yang pendiam, begini cara menghadapi si dia.

1. Tetap ajak ia bersosialisasi

Mungkin banyak orang yang mengira pasangan yang pendiam adalah pemalu. Padahal orang pendiam yang cenderung introvert tak selalu jadi pemalu. Ada yang pendiam saat mereka berada di lingkungan sosial yang ramai. Ada yang lebih nyaman ketika mereka menyendiri atau bercengkerama dengan grup kecil.

Saat waktunya berdua, cobalah gali dirinya lagi. Siapa tahu ada bagian dirinya yang perlu Anda ketahui. Ia lebih menikmati suasana lingkungan seperti apa. Apakah komunikasi dengan grup kecil dan di tempat seperti apa.

Pahami ia dan buat diri mereka lebih nyaman. Seorang yang pendiam bukan berarti ia menghindari lingkungan sosial, tetapi dengan siapa saja mereka akan bicara.

2. Dengarkan dirinya

Mendengarkan adalah cara menghadapi pasangan yang pendiam. Meskipun di lingkungan luar ia pendiam, pasti pasangan Anda juga menyukai momen mengobrol bersama Anda. 

Dalam dialog berdua, dengarkan ia lebih banyak. Apa yang ia hadapi, bagaimana pemikirannya, seperti apa dia dalam menyelesaikan masalah. Anda juga bisa menanyakan pendapatnya.

Bila ada pendapat yang berbeda antara dirinya dengan Anda, tetaplah tempatkan porsi bicara dan mendengarkan yang sama. Meskipun pendapat Anda dan dia begitu berbeda dan sulit diterima, cobalah Anda tetap terima pendapat yang berbeda.

3. Beri ruang untuk berekspresi

Ada anggapan bahwa yang pendiam kurang percaya diri dan rendah diri. Padahal, belum tentu. Meskipun banyak teman atau keluarga menganggap pasangan Anda demikian, ia pasti punya sisi atraktif yang hanya Anda dan segelintir orang tahu.

Ada saatnya mereka bingung bagaimana cara mengutarakan ekspresinya, dalam grup kecil atau bahkan bersama Anda. Tetap beri ruang mereka untuk berekspresi. Anda bisa memancingnya dengan memberikan ia kepercayaan untuk tampil all-out dalam berekspresi. Ini jadi cara baik menghadapi pasangan yang pendiam.

Jika masih malu-malu, cobalah memulainya dari diri Anda. Misalnya, saat dalam pesta grup kecil ada banyak teman-teman yang menari. Tarik pasangan Anda dan ajak ia menari. Bila ia masih diam, cobalah untuk menari dengan konyol di hadapannya. Siapa tahu ia juga ingin ikutan menari bersama Anda.

4. Jangan keluhkan kalau ia pendiam

Menghadapi pasangan yang pendiam adalah tidak mengeluhkannya sebagai orang pendiam. Biarlah ia menjadi dirinya, karena itulah unik pasangan Anda. Karena karakter yang sesungguhnya tahu adalah Anda, meskipun butuh banyak waktu untuk mengenalnya lebih dalam.

Jangan pernah mengeluhkan atau memaksa pasangan untuk turut bersosialisasi dalam lingkungan sosial yang lebih ramai. Pahamilah bahwa ia juga bisa melakukan sosialisasi dengan caranya sendiri.

Namun, tidak apa untuk mengajaknya, perhatikan bila ia tidak nyaman dengan situasi lingkungan. Anda bisa mengajaknya untuk pergi ke tempat yang lebih sepi dan mengobrol dengannya.

Pasangan pendiam memang unik sekaligus tertantang. Ada banyak hal yang disimpannya dan hanya Anda orang spesial yang bisa mengetahui pemikiran dalam kotak rahasianya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Tips Jitu Mengurangi Pertengkaran Saat Menjalani LDR

Hubungan jarak jauh alias LDR memang membutuhkan tips tertentu agar tetap langgeng dan tidak banyak bertengkar. Apa saja tips tersebut?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Seks & Asmara 27/11/2019 . Waktu baca 3 menit

Punya Pacar Anak Mami, Lanjut Terus Atau Sudahi Saja?

Punya pacar anak mami membuat hubungan Anda jadi rentan berkonflik. Jika punya pasangan terus bergantung pada ibunya, ini yang perlu Anda lakukan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 01/08/2019 . Waktu baca 4 menit

Siapa Bilang PDKT Tidak Bisa Lewat Telepon? Ini 5 Rahasianya

Selain dengan bicara tatap muka, pendekatan alias PDKT lewat telepon juga bisa dilakukan. Inilah 5 tips yang dapat Anda terapkan agar PDKT sukses.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Seks & Asmara 26/04/2019 . Waktu baca 4 menit

Lakukan 5 Hal Ini Saat Cinta Anda Tak Direstui Orangtua

Bisa jadi pasangan terbaik versi Anda berbeda dengan apa yang dilihat orangtua. Saat hubungan tak direstui, sebaiknya coba lakukan beberapa hal ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 29/01/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pasangan borderline personality disorder

Tips Awet Bersama Pasangan dengan Borderline Personality Disorder

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 05/07/2020 . Waktu baca 7 menit
pasangan menjadi sahabat

Manfaat Pasangan Menjadi Sahabat dalam Hubungan Asmara

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 06/06/2020 . Waktu baca 4 menit
alasan orang menggoda

Selain untuk PDKT, Inilah Alasan Seseorang Menggoda atau Flirting ke Orang Lain

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 06/06/2020 . Waktu baca 6 menit
menolak cinta gebetan

Inilah Siasat Jitu Menolak Cinta Gebetan agar Tidak Bikin Sakit Hati

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 19/04/2020 . Waktu baca 5 menit