Pasangan Tidak Percaya Diri? 4 Cara Ini Bisa Bantu Kembalikan Semangatnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 30 Januari 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Pada masa-masa tertentu, Anda pasti pernah merasa minder atau rendah diri. Misalnya karena ditolak pekerjaan, gagal memenangkan proyek, dan sebagainya. Terlebih dalam sebuah hubungan, pasangan Anda pun pasti juga pernah merasa tidak percaya diri karena masalah yang dihadapinya. Mau tidak mau, Anda berdua harus bisa saling mengerti satu sama lain supaya hubungan tetap harmonis. Lantas, bagaimana, sih, cara yang tepat menghadapi pasangan tidak percaya diri? Baca terus ulasan berikut ini.

Kurang percaya diri bisa merusak keintiman hubungan

efek kurang percaya diri

Coba ingat-ingat lagi, apakah akhir-akhir ini pasangan Anda jadi mudah marah atau salah paham hanya karena hal-hal sepele? Jika ya, bisa jadi pasangan Anda sedang tidak percaya diri.

Anda mungkin tidak tahu kalau si dia sedang dirundung masalah sehingga membuat pasangan tidak percaya diri. Entah karena mendapat teguran dari atasan, gagal memenangkan tender proyek, atau bahkan ditolak pekerjaan.

Ya, hal-hal tersebutlah yang mungkin membuat pasangan tidak percaya diri. Kalau sudah begitu, yuk, segera bantu pasangan Anda agar bisa semangat dan kembali percaya diri. Sebab jika tidak, hal ini lama-kelamaan bisa mengikis keintiman Anda berdua, lho!

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Personality and Social Psychology, rasa minder dapat membuat pasangan merasa insecure terhadap hubungan asmara Anda berdua. Si dia biasanya akan berubah jadi gampang tersinggung, emosian, dan berprasangka buruk terhadap Anda.

Perasaan minder ini membuat pasangan Anda terus-terusan berpikir negatif tentang hubungan atau bahkan Anda sendiri. Jika tidak segera diatasi, masalah yang awalnya sepele bisa membesar dan makin memadamkan keharmonisan Anda berdua.

Cara menghadapi pasangan tidak percaya diri

Ketika pasangan tidak percaya diri, rasa minder ini sebetulnya muncul dari dalam dirinya sendiri. Begitu juga dengan kepercayaan dirinya. Oleh karena itu, sejatinya hanya pasangan Anda sendirilah yang bisa memperbaikinya. Dengan kata lain, Anda tidak bisa menuntut ini-itu dari pasangan yang justru bisa memperparah keadaan.

Meski begitu, Anda tentu tidak ingin berdiam diri begitu saja, ‘kan? Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu membangkitkan semangat si pasangan yang sedang padam. Begini caranya:

1. Jangan marah atau menyalahkan

Mendapati pasangan tidak percaya diri mungkin membuat Anda jadi serba salah. Kadang terbesit perasaan ingin marah, menyalahkan, atau bahkan menjauhinya. Namun di sisi lain, Anda tahu bahwa dia sedang membutuhkan dukungan Anda untuk bisa bangkit.

Coba ingat-ingat lagi, sudah sejauh mana hubungan Anda dan pasangan? Bagaimanapun kondisinya, hindari memarahi atau bahkan menyalahkan pasangan atas kegagalan yang ia rasakan.

Semakin Anda menyalahkannya, pasangan Anda akan merasa semakin minder dan rendah diri. Alih-alih memperbaiki hubungan, hal ini justru bisa mengundang masalah baru.

2. Ajak dia bicara dari hati ke hati

salah paham dengan pasangan

Ingat, Anda tidak boleh menuntut ini-itu dari pasangan dan memaksanya supaya bisa kembali percaya diri sesegera mungkin. Alangkah lebih baik, ajak pasangan untuk duduk berdua dan bicara dari hati ke hati.

Jadilah pendengar yang baik saat si dia mengungkapkan semua keluh-kesahnya. Anda mungkin tidak mengerti masalah intinya, tapi dengan sekadar mendengarkannya saja bisa membuat dia merasa dihargai dan didukung oleh Anda, lho!.

Setelah itu, bantu pasangan menguraikan pikiran negatif yang memenuhi kepalanya satu per satu. Lagi-lagi, jangan paksa dia untuk berpikir positif karena percuma saja jika ia masih dihantui oleh perasaan bersalah, sedih, dan pikiran negatif lainnya.

3. Berikan pujian yang tulus

membicarakan menstruasi

Melansir dari Psychology Today, memberikan pujian pada pasangan bisa membantu meningkatkan rasa kepercayaan dirinya. Kata-kata positif yang Anda utarakan akan membuatnya merasa dihargai dan merangsangnya berpikir positif.

Katakan padanya, “Aku bangga dengan usahamu,” “Hebat! Kamu orang yang pantang menyerah. Ini menunjukkan kalau kamu memang bertanggung jawab,” dan kalimat-kalimat positif lainnya.

Nah, supaya pasangan tambah semangat lagi, peluk pasangan dengan hangat dan tepukan pelan pundaknya. Suntikan semangat ini dijamin bisa bikin pasangan jadi bangkit lagi dan melupakan keluh kesahnya.

4. Lakukan hal-hal yang menyenangkan

olahraga jogging

Supaya pasangan Anda bisa kembali tersenyum dan percaya diri, coba ajak si dia melakukan hal-hal yang ia sukai.  Misalnya dengan menonton film, main game, atau berolahraga bersama.

Melakukan hobi atau aktivitas yang menyenangkan bisa membantu melunturkan pikiran-pikiran negatif yang mengganggu. Dengan olahraga, misalnya, sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang.

Pasalnya, olahraga dapat merangsang produksi hormon endorfin untuk melawan stres. Semakin mudah Anda mengendalikan stres, maka Anda pun akan semakin percaya diri menghadapi hari-hari ke depan. Bonusnya, tubuh jadi lebih sehat, baik secara fisik maupun mental.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Telat haid memang bisa jadi ciri hamil, tapi bisa juga tidak. Jadi berapa lama sejak telat datang bulan bisa menjadi pertanda kehamilan. Cek di sini ya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Wanita, Menstruasi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Kunci Berdamai Dengan Diri Sendiri Demi Hati yang Tenang

Berdamai dengan diri sendiri memang tidak selalu mudah. Temukan tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya di artikel Hello Sehat berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

5 Tanda Pasangan Anda Sedang Memendam Rasa Dengan Orang Lain

Pasangan Anda berubah? Bisa saja ia sedang selingkuh hati. Bagaimana ciri-ciri orang yang sedang selingkuh pakai hati? Simak tanda-tandanya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
fungsi testis

Mengenal Fungsi Testis, Anatomi, dan Risiko Penyakit yang Menyertainya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
arti desahan wanita

Mengapa Wanita Lebih Sering Mendesah di Ranjang Dibanding Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
tips perawatan setelah sunat

4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit