Katanya sih, besar ukuran penis melambangkan kejantanan seorang pria. Itu mungkin sebabnya banyak pria yang sibuk mengumandangkan kegagahan penampilan si junior miliknya ke seluruh dunia, sementara yang lain mungkin memilih untuk berdiam diri.

Tapi, seberapa besar sebuah “penis besar” sebenarnya, dan bagaimana performa para pria Indonesia jika dibandingkan dengan pria lain di negara-negara tetangga? Sebuah peta interaktif terbitan Target Map, baru-baru ini melaporkan perbandingan panjang ukuran penis ereksi dari pria-pria di seluruh dunia.

Afrika, benua dengan ukuran penis terbesar di dunia

Etnis kulit hitam atau Afrika menduduki peringkat pertama dalam grafik rata-rata besar penis yang dikategorikan berdasarkan etnis. Disusul oleh orang kulit putih (kaukasian) yang bersanding dengan pria-pria latin atau hispanik. Usut punya usut, ternyata temuan ini ada benarnya juga, lho!

Menurut peta interaktif terbitan Target Map, laki-laki di Afrika memiliki rekor rata-rata penis terbesar di dunia, yaitu berkisar antara 16-18 cm saat ereksi. Kongo, misalnya, memiliki rata-rata negara dengan ukuran penis ereksi mencapai 17,93 cm. Sementara Ghana memiliki kisaran rata-rata 17,31 cm.

BACA JUGA: 8 Fakta Aneh Soal Penis yang Belum Anda Tahu

Peringkat dunia kedua disusul oleh Australia dengan ukuran penis ereksi rata-rata 15,7 cm. Australia harus berbagi singgasana dengan Mexico, Norway, Italia, dan Sweden. Selanjutnya, takhta ukuran penis terbesar di dunia jatuh kepada Amerika Serikat, Perancis, Jerman, dan Inggris Raya dengan rata-rata panjang penis ereksi di antara 12,9 hingga 14,7 centimeter.

Asia terbukti memiliki ukuran penis ereksi terkecil sedunia, dengan India, Malaysia, Thailand, dan Korea Selatan berada di peringkat terbawah (kisaran rata-rata antara 9,3 – 10,5 cm). Namun demikian, pria-pria Jepang dan Indonesia sedikit lebih unggul dengan kisaran rata-rata 10,5-13 centimeter, menjadikan Jepang dan Indonesia dua negara Asia yang berhasil bersanding dengan Yunani, Brazil, dan Rusia. Berikut lebih lengkapnya:

Rekor penis terbesar sedunia berdasarkan negara (sumber: Daily Mail)
Rekor penis terbesar dan terkecil sedunia berdasarkan negara (sumber: Daily Mail)

Rekor penis terpanjang dan terpendek di dunia

Jonah Adam Julio Cardeli Falcon adalah seorang aktor dan presenter TV asal Amerika Serikat yang pernah menjadi sorotan nasional di akhir 90-an berkat penis besarnya, dinobatkan sebagai yang terbesar di dunia dengan ukuran mencapai 34 centimeter saat ereksi. Rekor ini tak terbantahkan dari tahun ke tahun, sampai pada 2015 lalu, seorang pria asal Meksiko berusia 52 tahun, Roberto Esquivel Cabrera mengklaim dirinyalah yang memiliki penis terpanjang sedunia. World Record Academy mencatat bahwa penis Cabrera saat ereksi mencapai 48,2 centimeter dengan ketebalan 25 centimeter. Penis raksasa ini hanya lima centimeter lebih pendek daripada orang terkecil di dunia.

BACA JUGA: Kenapa Kita Tak Perlu Percaya Iklan Pembesar Penis

Sebaliknya, seorang pria asal Miami, Amerika Serikat, Mike Carson, telah resmi diakui oleh Guinness World Record sebagai pria pemilik penis terkecil sedunia. Penis milik Mike Carson tercatat memiliki panjang 1/16 dari 2,5 centimeter. Artinya, penisnya hanya sepanjang 0,15 centimeter. Rekor terkecil untuk ukuran laki-laki dewasa.

Besar kecil penis, ditentukan dari mana sih?

Memang, pada umumnya telah disepakati bahwa tidak ada tolak ukur besar penis, namun beberapa studi berbeda melaporkan ukuran penis pria dewasa rata-rata antara 13 cm dan 14,5 centimeter. Studi ini juga menemukan bahwa ukuran penis ereksi pria tidak berkaitan dengan ukuran penis lembeknya, yang berarti bahwa laki-laki yang memiliki besar penis dengan panjang yang berbeda ketika lembek mungkin sama berukuran sama saat tegak. Juga tidak ada hubungan antara usia pria dan ukuran penis mereka.

Sebuah studi terbitan Asian Journal of Andrology petahun 2011 pernah mengemukakan bahwa panjang jari telunjuk mungkin memainkan peran terhadap panjang penis seseorang, dan bahwa pria yang memiliki perbandingan jarak antara jari telunjuk dan jari manis yang lebih kecil memiliki penis yang lebih besar. Tapi studi-studi lain belum berhasil menguji lebih lanjut keabsahan teori ini.

Selain itu, dari semua faktor dan ciri fisik yang pernah diidentifikasi, satu yang paling memiliki keterkaitan dengan besar kecilnya penis seorang pria adalah tinggi badan. Semakin tinggi postur tubuh badan Anda, semakin besar pula ukuran si junior di bawah sana. Terlepas dari begitu banyaknya laporan masyarakat yang mengamini, sayangnya, lagi-lagi teori yang satu ini masih dikatakan lemah.

BACA JUGA: 5 Kesalahan Pria Dalam Memuaskan Pasangan Saat Seks

Faktor apa saja yang mempengaruhi ukuran penis?

Jadi, apa yang menentukan besar dan ukuran penis yang berbeda antar satu pria dengan yang lainnya? Sebagian besar alasannya: warisan orangtua. Hormon juga bisa memengaruhi ukuran penis. Jika ada paparan estrogen berlebih terhadap janin dalam kandungan, yang dapat memiliki efek yang abnormal pada genitalia — yang bisa mengecilkan penis Anda. Meskipun kejadian penis mikro bisa dibilang sangat jarang, terjadi kurang dari lima persen pria.

Ada banyak hal berbeda yang memainkan peran dalam meramu besar dan ukuran penis seorang pria. Satu hal yang pasti, selama itu tidak menampilkan gejala fisik merugikan dan tidak pula memengaruhi performa Anda, besar kecilnya penis tak perlu terlalu dikhawatirkan. Melihat penis sendiri dari perspektif atas (menunduk) dan mungkin membandingkannya dengan milik laki-laki lain dari perspektif yang berbeda, mungkin juga film porno, semakin memperkuat ide-ide palsu ukuran penis. Wanita pada umumnya juga tak terlalu ambil pusing, kok, dengan junior Anda. Asalkan Anda percaya diri dan mampu memuaskan pasangan di ranjang.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca