Kanker prostat adalah suatu momok yang tampaknya selalu menghantui laki-laki, terutama saat memasuki usia paruh baya. Karena selama ini kanker prostat selalu dianggap sebagai penyakit laki-laki, sedikit sekali penelitian atau studi kasus yang melihat kemungkinan kanker prostat pada wanita. Anda tidak salah baca, kok. Wanita juga bisa kena kanker prostat!

Untuk mempelajari lebih jauh kanker prostat pada wanita dan perbedaannya dengan kanker prostat laki-laki, simak ulasan lengkap di bawah ini.  

Apakah wanita punya prostat?

Pada pria, kelenjar prostat terletak di bawah kantung kemih, di depan anus. Ukurannya sangat kecil, yaitu sebesar kacang walnut. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi cairan prostat, yaitu salah satu kandungan dalam air mani pria. Selain itu, otot-otot pada kelenjar prostat bertanggung jawab untuk mendorong keluar air mani ketika ejakulasi.

Karena sistem reproduksinya berbeda, kelenjar prostat wanita tentu tidak sama dengan kelenjar prostat pria. Dilansir dari pusat informasi kesehatan masyarakat University of California, Berkeley (UC Berkeley), wanita memiliki dua kelenjar yang fungsi dan anatominya serupa dengan kelenjar prostat pria. Karena sangat mirip, kelenjar ini sering disebut sebagai prostat wanita.

Dua kelenjar yang mirip prostat pria tersebut sebenarnya bernama kelenjar Skene. Letaknya di bawah saluran kencing wanita, kira-kira 5-8 sentimeter di dekat dinding vagina. Mirip seperti prostat pria, prostat wanita ini akan memproduksi cairan pelumas yang berguna untuk membasahi vagina ketika terangsang.

Kesamaan lainnya adalah prostat pria dan wanita sama-sama memiliki zat antigen (perangsang respon imun) khusus bernama PSA dan PSAP. Maka, baik kelenjar prostat pria dan wanita memiliki struktur yang serupa tapi tak sama persis.

Bagaimana bisa wanita kena kanker prostat?

Seluruh sistem organ tubuh Anda terdiri dari miliaran sel. Gangguan atau kelainan pada sel bisa menjadi kanker. Maka, layaknya bagian tubuh Anda yang lain, sel-sel pada kelenjar prostat wanita juga punya kemungkinan berkembang jadi kanker.

Akan tetapi, kanker prostat pada wanita ini sangat jarang ditemui. Menurut para dokter spesialis kanker yang tergabung dalam Society of Gynecologic Oncology, kasus kanker prostat pada wanita hanya tercatat sebanyak 0,003% dari seluruh jenis kanker yang menyerang sistem reproduksi dan saluran kencing wanita.

Mengenal kanker prostat pada wanita

Karena penelitian seputar kanker prostat pada wanita masih sangat terbatas, gejala-gejala kanker pada kelenjar ini sering dikira gejala infeksi atau kanker kandung kemih. Jadi, perhatikan kalau Anda mengalami kencing berdarah, nyeri di belakang tulang selangka, sakit ketika berhubungan seks atau buang air kecil, atau siklus menstruasi tidak teratur.  

Dalam sebuah kasus yang dicatat dalam Urologic Oncology: Seminars and Original Investigations, seorang wanita terus-terusan mengalami kencing berdarah tanpa rasa sakit. Setelah diperiksa, kanker di kelenjar Skene wanita tersebut akhirnya ditangani dengan terapi radiasi (radioterapi). Dalam kasus lain, kanker mungkin harus diangkat lewat pembedahan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca