Suami Wajib Tahu, Begini Cara Jitu Memanjakan Istri Supaya Lebih Bahagia

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Katanya, istri yang bahagia bisa memperlancar rejeki suami. Bahkan, ada juga yang bilang bahwa “happy wife, happy life”. Artinya, keluarga yang bahagia dimulai dari istri yang bahagia. Itu sebabnya, cara suami memanjakan istri berpengaruh besar untuk membangun rumah tangga yang harmonis.

Cara suami memanjakan istri di rumah

Tak melalu dengan barang-barang mewah. Perlakuan sederhana yang mungkin tidak pernah terlintas di benak Anda sebenarnya bisa jadi cara manis untuk memanjakan istri di rumah. Para suami, berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk memanjakan istri.

1. Buatkan surat cinta

Selama bersama dengan pasangan, pernahkah Anda membuatkan surat cinta untuknya? Jika belum, ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mencoba memanjakan istri.

Zaman sekarang, surat cinta dari tulisan tangan sudah jadi barang langka yang tak lagi dilirik banyak orang. Ya, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali Anda menulis di kertas? Ketimbang harus menulis sepatah dua patah kata dalam bentuk tulisan tangan, kebanyakan dari kita pasti lebih memilih mengetik di ponsel atau laptop.

Nah, itu sebabnya, surat cinta yang ditulis dengan tangan jadi bentuk ungkapan cinta dan kepedulian paling spesial dan romantis untuk sang istri. Anda tak perlu jadi seorang pujangga agar bisa menulis surat cinta untuk istri.

Tulislah hal apa pun yang ingin Anda tulis. Misalnya, Anda bisa menceritakan betapa beruntungnya Anda bertemu sang istri, hal apa yang Anda kagumi darinya, penghargaan Anda terhadap sifat-sifat istimewanya, serta harapan Anda untuknya.

 2. Pahami bahasa cinta yang diinginkan sang istri

pacaran beda karakter

Seorang konselor pernikahan asal Amerika Serikat sekaligus penulis buku fenomenal “The Five Love Langueges”, Gary Chapman, Ph.D mengatakan bahwa cara setiap orang mengungkapkan dan mengartikan cinta berbeda-berbeda. Bisa jadi, bahasa cinta yang selama ini Anda tunjukan sebagai cara memanjakan istri malah membuat mereka merasa tidak dicintai.

Ya, sangat mungkin bahasa cinta Anda berbeda dengan pasangan. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk memahami bahasa cinta yang dimiliki sang istri. Secara umum, ada lima bahasa cinta yang paling sering ditemui, yaitu:

  • Kata-kata pujian. “Aku sayang kamu,” atau “kamu cantik sekali pakai baju itu,” memang kesannya sederhana. Namun, bagi orang yang memiliki bahasa cinta ini, kekuatan kata-kata tersebut sungguh sangat berarti.
  • Sentuhan fisik. Menggandeng tangan, memeluk, atau mengelus kepala mungkin bahasa cinta yang diharapkan oleh istri Anda.
  • Tindakan. Jika Anda melihat istri sedang sibuk masak di dapur, istri Anda akan lebih senang jika Anda ikut membantunya memasak daripada hanya menyemangati lewat kata-kata
  • Memberi hadiah. Membawakan oleh-oleh makanan kesesukaan istri sepulang kerja tanpa diminta membuat pasangan merasa sangat istimewa karena Anda ingat padanya dan makanan kesukaanya.
  • Menghabiskan waktu luang bersama. Jika bahasa cinta utama pasangan adalah waktu yang berkualitas, maka ia hanya ingin menghabiskan waktu dengan Anda, meskipun cuma makan siang bersama.

Luangkan waktu untuk menemukan bahasa cinta mana yang cocok untuk istri atau pasangan Anda. Setelah itu, ungkapkan cinta dalam bahasa cinta yang dimiliki pasangan.

3. Rencanakan liburan romantis

liburan dengan pasangan

Cara lain untuk memanjakan istri adalah dengan merencanakan liburan romantis berdua. Ya, meski sudah menikah, pasangan suami istri tetap perlu meluangkan waktu khusus untuk kencan romantis berdua.

Selain sebagai sarana refreshing, liburan romantis ini juga dapat menciptakan dan menghabiskan waktu bersama dengan pasangan. Hal ini juga membantu membangun komunikasi dan tentunya memperdalam bounding satu sama lain.

Ambil jatah cuti tahunan Anda untuk menghabiskan waktu berdua dengan pasangan. Setelah itu atur rencana destinasi Anda berdua. Ajaklah istri untuk menentukan destinasi liburan yang sesuai dengan kegemaran Anda dan pasangan. Diskusikan kegiatan apa yang akan dilakukan, tempat mana saja yang akan dikunjungi, transportasi apa yang akan digunakan, dan berbagai detail lainnya.

Menghabiskan waktu berkulitas dengan hal-hal yang disukai istri adalah cara terbaik untuk memanjakan istri.

4. Sempatkan ngobrol setiap hari

salah paham dengan pasangan

Dengan banyaknya tuntutan pekerjaan di kantor, urusan kantor sering kali dibawa sampai rumah. Akibatnya, komunikasi dengan pasangan atau bahkan anak jadi terganggu karena Anda sibuk dengan urusan sendiri. Padahal, komunukasi adalah hal yang krusial dalam sebuah hubungan.

Maka dari itu, mulai sekarang, sesibuk apa pun Anda, cobalah untuk mengajak istri ngobrol barang 30 menit setiap malam. Tidak ada televisi, anak-anak, telepon, leptop, dan lain sebagainya. Hanya Anda dan istri saja.

Setengah jam memang bukan waktu yang lama. Namun, bagi Anda yang terlampau sibuk, waktu sesingkat ini benar-benar membantu menjaga pola komunikasi yang baik antara suami dan istri di rumah. Jika keadaan mendesak dan tidak memungkinkan Anda ngobrol empat mata dengan istri, Anda bisa telefon atau melakukan panggilan video.

Menjadi pendengar yang baik adalah salah satu cara memanjakan istri yang paling sederhana.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca