Kesusupan Bikin Tak Nyaman, Ini Cara Aman Mengatasinya

    Kesusupan Bikin Tak Nyaman, Ini Cara Aman Mengatasinya

    Pernahkah Anda mengalami kesusupan? Istilah ini mungkin sudah tidak asing di telinga Anda ya. Mengalami kesusupan sering membuat area kulit yang terkena terasa nyeri. Lantas, bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan kesusupan?

    Apa itu kesusupan?

    Kesusupan, atau sering orang sebut dengan kesusuban, adalah kondisi ketika benda kecil masuk dan terjebak di kulit.

    Benda kecil yang masuk ini biasanya berupa serpihan kayu. Meski begitu, potongan kaca, logam, dan plastik juga bisa berukuran sangat kecil hingga menyebabkan kesusupan.

    Biasanya, kesusupan terjadi pada kulit telapak kaki dan tangan. Anda mungkin bisa mengalaminya saat berjalan tanpa alas kaki di luar rumah.

    Namun, menyentuh benda yang terdapat serpihan kayu juga bisa menyebabkannya. Walaupun yang terjebak adalah serpihan kecil, kondisi ini menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman.

    Selain itu, melansir Kids Health, gejala atau tanda lain juga bisa muncul bila Anda mengalami kesusupan, seperti di bawah ini.

    • Bintik kecil atau garis di bawah kulit.
    • Seperti ada sesuatu yang tersangkut di bawah kulit.
    • Rasa sakit di area masuknya serpihan.
    • Terkadang muncul kemerahan, bengkak, terasa hangat, atau keluar nanah (tanda infeksi).

    Cara menghilangkan kesusupan pada kulit

    pijat kaki

    Meski umum terjadi, kesusupan tentu cukup mengganggu. Untungnya, kondisi ini bisa diatasi dengan mudah di rumah.

    Biasanya saat ini terjadi, kebanyakan orang akan terburu-buru mengeluarkan serpihan kayu yang terjebak dengan memencet atau mencubit kulit.

    Nyatanya, cara ini kurang tepat. Alih-alih menyembuhkan kesusupan, cara ini malah akan membuat serpihan kayu rapuh dan hancur, sehingga lebih sulit dikeluarkan.

    Jadi, harus bagaimana? Tenang dan ikuti beberapa cara aman menghilangkan kesusupan berikut ini.

    1. Bersihkan area kulit yang kesusupan

    Sebelum mengeluarkan serpihan kayu yang terjebak di dalam kulit, American Association of Dermatology menyarankan untuk mencuci area yang terkena lebih dahulu.

    Tujuannya untuk mencegah infeksi karena kesusupan bisa menimbulkan luka terbuka. Jadi, cucilah tangan Anda terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir.

    Lalu, lanjutkan dengan membersihkan area kulit di mana terdapat serpihan kayu menggunakan sabun dan air hangat, kemudian keringkan menggunakan handuk kering.

    2. Rendam air hangat

    Selain membersihkan area luka kesusupan, cara aman untuk mengatasi kondisi ini juga bisa dengan merendam bagian kulit yang terkena menggunakan air hangat.

    Air hangat bisa membantu melembutkan kulit, sehingga memudahkan serpihan kayu untuk dikeluarkan.

    Meski begitu, cara ini tidak selalu perlu dilakukan. Misalnya, menghilangkan kesusupan pada anak tidak perlu selalu melalui tahap ini karena kulitnya yang cenderung masih lembut.

    3. Keluarkan serpihan menggunakan pinset

    Jika serpihan kayu yang masuk ke dalam kulit mencuat atau terlihat ujungnya, Anda bisa menggunakan pinset untuk menjepit serpihan dan menariknya keluar.

    Namun, pastikan Anda sudah mensterilkan ujung pinset ini menggunakan alkohol. Jika sudah steril, tarik serpihan kayu menggunakan pinset ke arah yang sama saat memasuki kulit.

    Pastikan Anda tidak menekan dengan keras serpihan kayu ini karena bisa membuatnya pecah atau hancur, sehingga sulit dikeluarkan.

    4. Keluarkan serpihan menggunakan jarum dan pinset

    Berbeda dengan kondisi di atas, jika serpihan kayu yang masuk tertanam seluruhnya di bawah kulit, Anda bisa menggunakan jarum dan pinset untuk mengeluarkannya.

    Cara menggunakan jarum dan pinset untuk menghilangkan kesusupan dimulai dengan membasahi jarum dan pinset dengan alkohol atau membakar ujungnya agar steril.

    Lalu, tusukkan jarum pada kulit yang terdapat salah satu ujung serpihan, kemudian dorong serpihan tersebut hingga mencuat. Ujung serpihan yang mencuat kemudian ditarik dengan pinset.

    5. Bersihkan dan oleskan petroleum jelly

    Setelah berhasil mengeluarkan serpihan dari kulit, Anda perlu kembali membersihkan area kulit tersebut menggunakan air dan sabun, kemudian keringkan.

    Lalu, oleskan dengan petroleum jelly atau salep antibiotik untuk membantu menjaga kelembapan kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, serta mencegah infeksi.

    Lalu, tutup area kulit tersebut dengan perban agar tidak kotor dan Anda bisa beraktivitas seperti biasa.

    Cara lain untuk menghilangkan kesusupan

    merendam kaki pakai garam

    Cara di atas memang merupakan langkah pertolongan pertama dasar yang wajib Anda kuasai untuk mengatasi kesusupan.

    Meski begitu, ada beberapa cara lain yang diklaim efektif untuk menghilangkan dan mengeluarkan serpihan penyebab kesusupan. Berikut beberapa caranya.

    1. Pakai lakban

    Bagi Anda yang tak ingin menggunakan jarum dan pinset, lakban juga bisa Anda gunakan untuk menarik serpihan kayu yang masuk ke dalam kulit.

    Cara menghilangkan kesusupan dengan metode ini, yaitu tempelkan lakban di atas area kulit yang terkena. Lalu, angkat lakban dengan lembut hingga serpihan ikut keluar.

    2. Pakai garam epsom

    Garam epsom juga bisa membantu menghilangkan kesusupan karena dapat menekan serpihan hingga keluar. Caranya, larutkan secangkir garam epsom pada satu baskom air hangat.

    Lalu, rendam area kulit yang terkena selama 10 menit atau sesuai kebutuhan, kemudian keluarkan serpihan kayu dengan pinset secara perlahan.

    3. Bawang putih

    Menggunakan bawang putih ternyata juga bisa menjadi cara untuk mengatasi kesusupan. Rempah ini memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa membantu menghilangkan serpihan.

    Caranya, potong bawang putih menjadi dua bagian, kemudian taruh di atas area kulit yang terkena dan ikat serta tutup dengan perban luka.

    4. Madu

    Bukan cuma rasanya yang enak, madu juga bisa membantu menghilangkan serpihan. Madu disebut memiliki sifat antiseptik serta dapat melembutkan kulit Anda.

    Caranya, oleskan madu ke area kulit yang terkena, kemudian tutup dengan perban selama beberapa jam atau semalaman. Jika sudah, serpihan kayu tersebut akan dengan mudah dikeluarkan.

    Jika cara-cara di atas tak juga dapat menghilangkan kesusupan atau muncul tanda-tanda luka infeksi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    First Aid: Splinters (for Parents) – Nemours KidsHealth. Kidshealth.org. (2022). Retrieved 23 August 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/splinters-sheet.html

    Garlic Uses: 7 lesser-known uses of Garlic. The Times of India. (2022). Retrieved 23 August 2022, from https://arcattoscana.org/life-style/food-news/7-lesser-known-uses-of-garlic/photostory/86556034.cms

    How to Quickly Remove a Splinter. Cleveland Clinic. (2022). Retrieved 23 August 2022, from https://health.clevelandclinic.org/how-to-remove-a-splinter-and-when-to-call-the-doctor/

    How to remove a splinter. Aad.org. (2022). Retrieved 23 August 2022, from https://www.aad.org/public/everyday-care/injured-skin/burns/remove-splinters

    Splinter removal Information | Mount Sinai – New York. Mount Sinai Health System. (2022). Retrieved 23 August 2022, from https://www.mountsinai.org/health-library/special-topic/splinter-removal

    The Benefits of Garlic. SwedishAmerican. (2022). Retrieved 23 August 2022, from https://www.swedishamerican.org/swedes-health-blog/benefits-garlic

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui Sep 08
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita