Sama seperti vitamin dan mineral tubuh lainnya, kalium adalah salah satu komponen mineral di dalam tubuh yang berfungsi untuk menjalankan berbagai hal. Sayangnya, tubuh tidak memproduksi kalium sendiri, melainkan “disumbangkan” dari berbagai makanan sumber kalium. Apa saja jenis makanan yang bisa membantu penuhi kebutuhan kalium di dalam tubuh?

Berbagai pilihan makanan sehat sumber kalium

Peran kalium di dalam tubuh tidaklah main-main. Mulai dari menjaga keseimbangan cairan, mengendalikan tekanan darah, hingga mendukung fungsi otot dan saraf. Itu sebabnya, penting untuk senantiasa memenuhi kebutuhan kalium tubuh melalui pilihan makanan seperti:

1. Bayam

makan bayam meningkatkan asam urat

Sudah tidak diragukan lagi, bayam merupakan salah satu jenis sayuran bergizi yang menyimpan segudang vitamin dan mineral di dalamnya. Salah satunya adalah mineral kalium sebanyak 456,4 mg dalam 100 gram (gr) bayam mentah.

Bukan hanya itu, bayam juga dilengkapi dengan sejumlah vitamin A, vitamin K, serta antioksidan. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Nutrition, bahwa minum minuman yang mengandung 294 gr bayam dapat meningkatkan jumlah antioksidan hingga hampir 30 persen hanya dalam waktu 24 jam.

2. Bit manfaat buah bit

Bit adalah tanaman dengan bentuk yang hampir menyerupai lobak karena sama-sama memiliki akar. Sayuran sebagai pemberi warna merah alami nan khas ini, merupakan salah satu sumber kalium yang baik karena mengandung sekitar 404,9 mg dalam 100 gr beratnya.

Selain itu, sayur bit juga kaya akan mineral mangan, folat, serta antioksidan yang berasal dari pigmen pemberi warna merah alami. Kandungan kalium dan nitrat yang tinggi pada sayur bit ini berperan dalam melancarkan kerja pembuluh darah, tekanan darah tinggi, hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Kentang

cara menyimpan kentang

Kentang sudah lama dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Kabar baiknya, ternyata kentang juga tak kalah bergizi untuk membantu memenuhi kebutuhan kalium di dalam tubuh. Ini terbukti karena dalam 100 gr kentang, mengandung sekitar 396 mg kalium di dalamnya.

Uniknya, meski sebagian besar sumber kalium pada kentang terdapat di dalam dagingnya, tapi sekitar sepertiga sisanya ada di dalam kulit kentang. Itulah mengapa merupakan pilihan yang baik untuk mengolah dan makan kentang bersama dengan kulitnya tanpa dikupas terlebih dahulu.

4. Alpukat

resep alpukat

Alpukat adalah satu dari sekian banyak jenis buah yang unik karena memiliki daging berwarna hijau, yang dilengkapi dengan biji besar di dalamnya. Selain enak, buah alpukat juga sangat bergizi karena mengandung banyak serat, antioksidan, vitamin C, vitamin K, asam folat, hingga lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga fungsi jantung.

Tidak hanya sampai di situ, alpukat juga merupakan salah satu sumber kalium yang baik. Dibuktikan dengan ada sekitar 278 mg kalium dalam 100 gr buah alpukat. Mengingat tidak sedikit nutrisi yang ada di dalamnya, alpukat punya manfaat baik bagi Anda yang sedang menjaga berat badan ideal.

Hanya dengan melakukan diet alpukat secara telaten, nafsu makan Anda akan lebih terjaga sehingga membantu mencapai berat badan impian.

5. Pisang

manfaat pisang

Mendengar namanya saja Anda mungkin sudah bisa menebak bahwa pisang merupakan sumber kalium yang cukup terkenal. Ini karena dalam 100 gr buah pisang, dapat menyumbang sekitar 392 mg kalium bagi tubuh.

Selain itu, pisang juga kaya akan vitamin C, vitamin B6, mineral mangan, magnesium, serat, dan antioksidan. Bagi Anda yang gemar makan pisang, mengolahnya menjadi berbagai sajian lezat dan menarik bisa jadi cara ampuh untuk meningkatkan selera makan sekaligus menambah asupan kalium untuk tubuh.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca