Benarkah Pilates Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Dari sekian banyak jenis olahraga, pilates adalah salah satu latihan mirip yoga yang banyak digemari terutama bagi kaum wanita. Jika biasanya banyak wanita berolahraga untuk menurunkan berat badan, lantas apakah pilates bisa menjadi pilihan? Berikut ulasan mengenai manfaat pilates khususnya untuk menurunkan berat badan.

Apakah pilates bisa membantu menurunkan berat badan?

pilates leg stretch
Sumber: Pro Pilates

Pilates adalah olahraga low impact yang efektif untuk menguatkan, membangun otot tanpa lemak, dan memperbaiki postur tubuh. Olahraga low impact maksudnya adalah jenis olahraga di mana kedua atau salah satu kaki masih menempel di lantai. Pertanyaannya, apakah pilates bisa membantu menurunkan berat badan?

Pilates bisa membantu menurunkan berat badan asalkan dikombinasikan dengan berbagai olahraga dan kebiasaan sehat lainnya. Sayangnya, karena pilates termasuk olahraga low impact maka latihan yang satu ini tidak seefektif olahraga kardio untuk menurunkan berat badan.

Namun, jika Anda rajin mengikuti kelas pilates dan konsisten untuk mengombinasikannya dengan olahraga dan kebiasaan sehat lainnya maka bukan tidak mungkin timbangan akan turun ke angka yang diharapkan.

Jika tujuan Anda untuk menurunkan berat badan, cobalah melakukan pilates dan menggabungkannya dengan latihan kardio seperti berenang, berlari, atau bersepeda. Selain itu, Anda juga perlu konsisten untuk mengonsumsi makan makanan sehat dan mengurangi asupan lemak buruk serta memperbanyak lemak sehat, buah, dan juga sayur.

Berapa banyak kalori yang terbakar saat melakukan pilates?

berat badan naik lagi

Biasanya, jumlah kalori yang dibakar saat pilates tergantung pada berat badan Anda saat ini. Selain itu, jumlahnya juga tergantung pada jenis kelas pilates yang Anda ikuti.

Misalnya, jika Anda memiliki berat 68 kg maka untuk kelas pilates pemula yang dilakukan selama 50 menit maka tubuh akan membakar sekitar 175 kalori dalam sekali latihan. Namun, jika Anda mengikuti kelas pilates dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi maka dalam 50 menit Anda bisa membakar sekitar 254 kalori.

Sementara itu, untuk menurunkan sekitar 0,5 kg berat badan, Anda perlu membakar sekitar 3.500 kalori. Oleh karena itu, mengombinasikan kelas pilates dengan berbagai latihan kardio menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba kelas pilates kombinasi seperti Piloxing (pilates dan boxing atau tinju) dan Yogalates (yoga dan pilates). Melalui kelas kombinasi ini, tubuh akan membakar lebih banyak kalori dari kelas pilates biasa.

Melakukan latihan sebanyak dua hingga tiga kali seminggu apalagi mengikuti kelas kombinasi bisa membantu Anda mendapatkan berat badan yang ideal.

Manfaat pilates selain menurunkan berat badan

manfaat pilates

Meski tujuan melakukan pilates ingin menurunkan berat badan tetapi Anda juga bisa mendapatkan manfaat pilates lainnya. Pilates membantu memperkuat otot-otot di dalam perut dan punggung. Dengan begitu, timbunan lemak di bagian tengah tubuh seperti perut menjadi tersamarkan.

Sehingga, meski Anda sebenarnya tidak mengalami penurunan berat badan tetapi saat otot perut mengencang tubuh akan terasa lebih ramping. Selain itu, pilates juga membantu memperbaiki postur tubuh menjadi lebih tegap. Sehingga tulang terlihat lebih panjang karena olahraga yang satu ini membantu memaksimalkan rentang otot dan tulang Anda.

Baca Juga:

Sumber