Apa Anda suka membuat kue? Jika ya, tentu Anda familiar dengan baking soda. Baking soda memang lebih dikenal di dapur karena kemampuannya yang mampu membuat hasil adonan kue mengembang. Penggunaan baking soda yang berlebihan pada adonan kue, tidak sesuai takaran pada resep, justru dapat menghasilkan kue yang tidak memiliki rasa dan berpenampilan menarik. Namun selain kegunaannya dalam pembuatan kue, apakah Anda tahu manfaat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat baking soda untuk kesehatan

Baking soda atau yang dikenal juga dengan sebutan sodium bikarbonat adalah substansi bubuk putih tanpa aroma yang merupakan kombinasi antara sodium dengan hidrogen karbonat. Substansi ini memiliki rasa yang pahit, yang cenderung bersifat basa dan tidak beracun. Baking soda memang paling sering digunakan sebagai pengembang kue. Kombinasinya dengan bahan bersifat asam seperti susu atau krim mampu menghasilkan gelembung udara dan adonan kue yang mudah diolah.

Namun ternyata manfaat baking soda bukan hanya sekedar untuk membuat kue. Apa saja manfaat bakin soda untuk kesehatan?

1. Penetral asam lambung

Baking soda diyakini mampu untuk menangani asam lambung karena kandungan sodium bikarbonat yang dimilikinya serupa dengan pankreas manusia, yang secara alamiah sebenarnya telah menghasilkan sodium bikarbonat untuk melindungi usus. Sodium bikarbonat memiliki kemampuan untuk menetralisasi asam lambung dan menangani gejala yang ditimbulkannya.

Seperti yang dilansir dari Home Remedies for Life, kombinasi baking soda yang dicamour dengan air dapat digunakan untuk mengurangi permasalahan pencernaan seperti rasa panas pada perut (heartburn), mual dan naiknya asam lambung.

Namun treatment ini sebaiknya Anda lakukan setelah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter, sebagai upaya pencegahan bila terdapat efek samping yang Anda rasakan setelahnya.

2. Membersihkan mulut

Kemampuan baking soda yang abrasif membuat baking soda dapat dijadikan pengganti pasta gigi bila dikombinasikan dengan air. Terlebih baking soda yang tidak mengandung flouride, cocok bagi Anda yang lebih menyukai pasta gigi bebas flouride. Sayangnya beberapa literatur mengatakan bahwa penggunaan baking soda terlalu sering pada gigi dapat menyebabkan rusaknya email gigi. Gigi bisa jadi terlalu sensitif terhadap suhu panas dan dingin.

3. Bahan rendaman

Baking soda mengandung substansi alkali yang dikenal mampu membantu membersihkan racun. Penggunaannya sebagai bahan rendaman kaki juga akan membantu melembutkan kulit yang kasar, menetralisir asam pada kulit, dan membersihkan minyak berlebih pada kulit. Sehingga dengan kemampuannya ini, beberapa orang menyampurkan baking soda dengan air dan menggunakannya sebagai pembersih tangan, deodorant dan skin scrub.

Yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan baking soda

Namun tetap perlu diperhatikan bahwa setiap kali menggunakan campuran baking soda, pastikan baking soda benar-benar terlarut sebelum digunakan. Baking soda juga tidak disarankan untuk menjadi obat dalam waktu jangka panjang. Bila penggunaannya justru memunculkan gejala-gejala baru yang mampu bertahan hingga lebih dari 2 minggu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter Anda bila Anda mulai mengalami gejala seperti buang gas, mual, diare dan nyeri pada lambung.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca