Warna Lensa Kacamata Hitam Bisa Memengaruhi Kesehatan Mata. Warna Apa yang Terbaik?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ketika Anda pergi ke toko kacamata atau melihat-lihat koleksi kacamata hitam di toko online, Anda mungkin disuguhkan dengan banyak sekali pilihan model kacamata. Tak cuma modelnya yang bermacam-macam, Anda juga harus memilih warna lensa kacamata hitam yang diinginkan. Misalnya warna cokelat tua, merah, atau hijau.

Namun, sebenarnya buat apa ada warna lensa kacamata yang berbeda-beda? Sekadar untuk gaya atau ada fungsinya bagi kesehatan? Warna lensa kacamata apa yang paling baik buat mata? Simak jawabannya di sini!

Fungsi kacamata sebagai pelindung dari sinar ultraviolet

Melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV) sangatlah penting. Radiasi UV dari sinar matahari tidak hanya bisa merusak kulit kelopak mata tapi juga kornea, lensa dan bagian mata lainnya. Paparan sinar UV juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami katarak dan menurunnya fungsi makula mata, yaitu area bintik mata yang paling sensitif terhadap rangsangan sinar.

Seolah paparannya belum cukup bahaya, sinar UV juga bisa memicu selaput di mata yang disebut pterygium. Selaput ini akan tumbuh dari bagian putih mata ke bagian tengah bola mata (kornea) sehingga dapat menutupi pandangan.

Kerusakan kelopak mata akibat terpapar sinar ultraviolet sama seperti kerusakan kulit lainnya di dalam tubuh manusia. Jika terjadi dalam jangka waktu lama dan tidak diantisipasi, hal tersebut memungkinkan tumbuhnya kanker.

Paparan sinar UV B intensitas tinggi dalam waktu singkat yang menerpa kornea mata berisiko menyebabkan photokeratitis. Kondisi ini dapat terjadi bila terlalu lama berjemur di pantai atau melakukan ski tanpa perlindungan mata yang baik.

Akan tetapi, Anda tidak boleh sembarangan memilih kacamata hitam bila ingin melindungi mata. Penting untuk membeli kacamata hitam dengan kualitas yang baik. Salah satu hal yang menentukan kualitasnya adalah warna lensa kacamata. Lebih jelasnya, baca terus informasi berikut ini. 

kacamata hitam untuk kesehatan mata

Pentingnya memilih warna lensa kacamata yang tepat

Untuk bisa melindungi mata dari sinar UV yang bisa berbahaya bagi mata, Anda perlu mengenakan kacamata hitam. Sebagian orang mungkin sering menyebutnya sebagai kacamata hitam. Tapi warnanya tidak hanya hitam, tapi juga ada coklat, abu-abu, kuning, hijau, bahkan gradasi merah pun ada. Ternyata memilih warna lensa kacamata yang tepat sangat penting agar tidak mengganggu pandangan. Berikut ini adalah petunjuk praktis untuk memilih warna lensa kacamata hitam.

Abu-abu

Warna netral ini mungkin paling populer dibandingkan warna lainnya. Warna abu-abu memungkinkan mata Anda melihat warna dalam bentuk aslinya. Selain itu, warna ini dapat mengurangi kecerahan dan silau. Pilih warna lensa abu-abu untuk mengemudi dan olahraga di luar ruangan seperti golf, lari, atau bersepeda.

Kuning atau oranye

Warna kuning atau oranye akan meningkatkan kontras dalam kondisi berkabut atau cahaya rendah. Pewarnaan ini cenderung membuat benda tampak lebih tajam, baik di dalam maupun di luar ruangan. Namun, warna ini bisa mengaburkan warna aslinya.

Karena itu, Anda tidak disarankan untuk menggunakan kacamata dengan warna lensa ini ketika mengemudi. Pasalnya, mata Anda harus awas melihat berbagai warna yang ada di rambu-rambu lalu lintas.

Hijau

Warna ini akan menyaring sinar biru dan mengurangi silau. Warna ini juga membuat kontras dan ketajaman pada penglihatan Anda lebih tinggi. Nuansa hijau juga cenderung mengurangi mata lelah dalam cahaya yang terang. Pilih warna ini untuk olahraga di luar ruangan seperti tenis dan golf atau saat Anda berlibur di pantai.

Cokelat tua kemerahan

Warna ini akan mengurangi silau dan menghalangi cahaya biru. Kacamata dengan lensa cokelat tua juga akan mencerahkan penglihatan Anda saat cuaca berawan. Dengan menghalangi cahaya biru, warna ini meningkatkan kontras dan ketajaman penglihatan, terutama pada latar belakang hijau dan biru seperti rumput dan langit.

Pilih warna cokelat tua dengan nuansa kemerahan untuk memancing, golf, bersepeda, dan melakukan olahraga air.

Pink atau merah

Warna ini meningkatkan kontras dengan cara menghalangi cahaya biru. Warna ini dapat menenangkan mata dan lebih nyaman dibandingkan warna yang lain jika dipakai dalam waktu yang lama. Mereka juga membantu pandangan saat mengemudi, dan tampaknya menjadi favorit di antara pengguna komputer karena mereka mengurangi silau dan kelelahan mata.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waktu Paling Sehat untuk Minum Kopi Ternyata Bukan Pagi Hari

Anda penggemar kopi? Kapan Anda biasanya minum kopi? Jika jawabannya pagi hari, Anda salah waktu. Cari tahu waktu efektif minum kopi di artikel ini.

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Perut Panas dan Ulu Hati Sakit Setelah Makan? Begini Mengatasinya

Apa yang biasanya Anda lakukan segera setelah makan? Rebahan karena ngantuk kekenyangan? Kebiasaan buruk ini bisa bikin perut panas dan perih, lho

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Hidup Sehat, Tips Sehat 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Cepat lelah dan kehabisan napas bisa jadi tanda kebugaran jantung dan paru-paru Anda kurang baik. Tapi bagaimana cara mengukurnya? Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Kebugaran, Hidup Sehat 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Mau coba hal-hal baru di ranjang, tapi pasangan Anda malu berhubungan intim? Tenang, Anda bisa membangkitkan kehidupan seks Anda dengan beragam cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kepribadian introvert ekstrovert kesehatan

Apakah Kepribadian Anda Introvert atau Ekstrovert? Ini Pengaruhnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
gangguan pencernaan anak

Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 10 menit
Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
teh tanpa kafein

3 Jenis Teh yang Tidak Mengandung Kafein

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit