8 Trik Merawat Rambut Saat Cuaca Panas

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/05/2020
Bagikan sekarang

Saat pergantian musim, perawatan tubuh yang kita lakukan pun berbeda. Contohnya ketika musim panas atau kemarau, kulit akan memerlukan sunscreen lebih sering dibanding biasanya. Ketika Anda bermain di pantai pada musim kemarau, Anda pun akan memerlukan lotion untuk mengurangi  efek terbakar matahari. Bagaimana dengan rambut? Apakah rambut juga memerlukan perawatan khusus saat berada di bawah panas terik matahari?

Sinar matahari tidak hanya berdampak buruk pada kulit, namun juga bisa merusak rambut. Setelah terkena sinar matahari, kelembapan rambut pun berkurang. Rambut bisa menjadi kering, kusam, serta kekurangan nutrisi. Anda tidak bisa melakukan apa-apa pada perubahan cuaca, juga tidak mungkin berdiam diri seharian di rumah tanpa pergi ke suatu tempat. Anda bisa mencoba beberapa cara berikut agar rambut Anda tetap terjaga.

Apa saja yang harus dilakukan untuk merawat rambut saat cuaca panas?

Berikut ini beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan saat panas terik:

1. Spray untuk melindungi warna rambut

Sinar matahari dapat menghilangkan kilau dan warna rambut Anda, baik warna rambut Andayang  alami maupun yang diwarnai. Menurut Cheri McMaster, seorang ilmuwan rambut yang dikutip situs Prevention, pada rambut yang diwarnai, kilau rambut akan cenderung tergerus hilang akibat paparan sinar matahari dibandingkan dengan rambut yang tidak diwarnai. Caranya adalah ketika Anda akan pergi ke luar dengan terik matahari yang menyengat, cobalah untuk menyemprotkan spray khusus yang melindungi dari sinar matahari.

2. Usahakan untuk tidak mengeriting rambut

Gaya rambut yang tidak berganti terkadang membuat kita bosan. Tak jarang akhirnya kita pun tergoda untuk mengeriting rambut dengan alat pengeriting. Rambut ikal Anda mungkin tidak rapuh, namun kerusakan dapat menyebabkan kutikel rambut menjadi kasar, membuat molekul air di udara lembap menembus batang rambut, sehingga menjadi mengembang. Cara mengatasinya salah satunya dengan menggunakan serum berbahan dasar silikon, untuk membuat rambut halus. Produk penataan rambut ini dapat melembutkan kutikel rambut dan mencegah penyerapan molekul air dari udara. Gaya rambut yang cocok saat cuaca panas adalah kepang, kuncir kuda, atau cepol.

3. Rutin keramas

Sama seperti kulit berminyak, kulit kepala Anda juga bisa semakin berminyak akibat terkena panas terik matahari. Usahakan untuk selalu keramas sehari atau dua hari sekali, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari penumpukan minyak di rambut Anda. Jangan menggunakan kondisioner sebab akan membuat rambut Anda semakin berminyak. Namun, jika rambut Anda mudah rapuh, bisa gunakan kondisioner hanya pada ujung rambut saja, tanpa mengenai kulit kepala. Anda juga bisa menggunakan dry shampoo, yang dapat menyerap minyak.

Bagi Anda yang memiliki rambut kering, keramaslah hanya ketika rambut Anda mulai berminyak, dan gunakan kondisioner untuk menjaga rambut tetap lembap. Penting bagi Anda untuk rutin keramas sebab saat musim kemarau, keringat yang dikeluarkan cenderung lebih banyak, dan disertai dengan polusi dan debu. Jika semuanya menumpuk di kulit kepala, hal ini akan dapat menjadi masalah pada rambut Anda.

4. Potong ujung rambut

Ketika rambut Anda mulai bercabang, Anda bisa memotong ujung rambut yang bercabang akibat kering yang tidak dapat dihindari tersebut. Perawatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoleskan minyak kelapa setelah selesai memotong rambut yang bercabang.

5. Jangan gunakan pengering rambut dulu

Ketika Anda harus berjalan di teriknya matahari, rambut Anda akan mudah rusak karena efek dari sinar matahari tersebut. Cara yang terbaik adalah dengan tidak menambahkan sesuatu yang panas lagi pada rambut Anda, seperti menggunakan hairdryer, setelah mencuci rambut, sebab ketika Anda melakukannya, rambut akan semakin kering dan kusam.

6. Minum air yang cukup

Mengonsumsi air yang cukup selain diperlukan oleh tubuh, juga baik dilakukan agar Anda memiliki rambut yang sehat. Pada cuaca panas, tubuh akan kehilangan cairan. Maka baik bagi Anda untuk mengonsumsi air yang cukup atau lebih banyak, sehingga air dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dan rambut pun akan tetap sehat.

7. Usahakan tidak mewarnai rambut

Rasa bosan terhadap warna rambut memang sangat wajar, namun mewarnai rambut saat musim panas atau kemarau dapat membuat rambut Anda semakin kering dan rusak. Jika Anda memang ingin mewarnainya, usahakan ini dilakukan saat Anda sedang tidak banyak aktivitas yang mengharuskan Anda panas-panasan di bawah terik matahari.

8. Lindungi rambut ketika berenang

Anda pernah mendengar tentang zat klorin? Zat ini dipakai di kolam renang. Rambut kering dapat menyerap cairan apa pun yang pertama kali terekspos. Sedangkan rambut yang basah tidak akan terlalu banyak menyerap air klorin. Jadi, basahi rambut Anda sebelum berenang dengan air keran. Setelah Anda selesai berenang, pastikan untuk langsung mencuci rambut dan gunakan kondisioner. Alternatif lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan membilas rambut Anda dengan ¼ cangkir cuka apel yang dicampur dengan ½ liter air untuk mencegah rambut kusam. Anda juga bisa mengikat ala kuncir kuda ketika berenang untuk meminimalisir kerusakan.

BACA JUGA:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

Sudah pakai produk skin care berbulan-bulan tapi kulit tetap sama tidak berubah? Mungkin ini penyebab skin care Anda tidak bekerja dengan baik.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph

Tips Cerdas Memilih Sampo untuk Rambut Kering dan Mengembang

Setiap sampo memiliki kandungan yang berbeda. Maka itu, bahan sampo untuk rambut yang kering dan mudah mengembang pun perlu diperhatikan. Apa saja?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Tips Memilih Sampo yang Tepat untuk Si Pemilik Rambut Kering

Memilih shampo untuk rambut kering mungkin cukup membingungkan. Agar memudahkan dan sebagai panduan, yuk cari tahu tipsnya di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Bolehkan AHA BHA dan Vitamin C Digunakan Bersamaan?

AHA BHA dan vitamin C banyak ditemukan pada produk skin care. Tapi, apakah zat-zat tersebut aman untuk dikombinasikan? Simak ulasannya di Hello Sehat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah

Direkomendasikan untuk Anda

merawat rambut keriting

10 Cara Merawat Rambut Keriting agar Mudah Diatur

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020
masker untuk rambut kering

Seberapa Sering Harus Pakai Masker Rambut Jika Punya Rambut Kering?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 23/02/2020
cara pakai sheet mask

Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/01/2020
conditioner kena kulit kepala

Bolehkah Kondisioner Digunakan di Kulit Kepala?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 10/01/2020