6 Langkah Mudah Mengeringkan Rambut (Blow) ala Salon

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 09/09/2019
Bagikan sekarang

Bosan bolak-balik pergi ke salon khusus untuk blow dry rambut? Kenapa tidak ngeblow rambut sendiri saja di rumah? Selain hemat biaya karena tak perlu lagi pergi ke salon, Anda pun bisa menghemat waktu yang terbuang untuk mengantre di sana.

1. Peras, jangan gosok

Proses mengeringkan rambut bisa jadi sangat lama dan buang waktu. Triknya, bungkus rambut basah dengan kaos katun bersih, diamkan sebentar lalu peras perlahan. Usap dan remas-remas rambut. Jangan menggosok rambut dengan handuk. Handuk biasa memiliki tekstur kasar yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Menggosok dan menekan saat proses pengeringan bisa menyebabkan batang rambut rusak. Akibatnya rambut jadi kering dan kusut.

Untuk memblow dry, jangan biarkan rambut kering sepenuhnya. Anda masih perlu untuk menata rambut Anda. Jika rambut terlalu kering, akan sulit bagi rambut untuk membentuknya menuruti kemauan Anda.

2. Pindah ruangan

Jangan memblow rambut di kamar mandi. Uap dan kelembapan sisa mandi sebelumnya akan menambah waktu Anda untuk mengeringkan dan menata rambut. Lakukan di meja rias atau kamar tidur. Selepas nge-gym, blow rambut Anda di area ruang ganti yang jauh dari kamar mandi.

3. Alat yang benar

Pilih hair dryer yang tingkat kepanasan dan kekuatan anginnya seimbang.

4. Bungkukkan badan dan kepala

Untuk mempersingkat waktu dan menghasilkan tatanan rambut indah mengembang, keringkan rambut dengan posisi membungkuk dan balikkan rambut. Blow rambut mulai dari puncak kepala hingga ujung rambut, beri jarak setidaknya 30 cm antara hairdryer dengan rambut Anda.

Atau, dalam posisi normal, bagi rambut menjadi beberapa bagian. Mulai dari dua hingga tiga bagian, lalu keringkan dari puncak kepala di bagian rambut yang paling dalam. Jika rambut bagian dalam sudah kering, lepaskan jepit di atasnya, lalu hair dryer lapisan rambut di atasnya. Begitu seterusnya sampai semua bagian kering.

5. Selalu mulai dari atas ke bawah

Kami tahu Anda sangat sibuk dan tidak ingin keluar rumah dengan rambut basah. Jika Anda sedang dikejar waktu, mungkin Anda berpikir akan lebih cepat untuk mengeringkan rambut dari segala arah. Buang jauh-jauh kebiasaan ini. Selalu mulai dari puncak kepala dan arahkan angin menuju ujung rambut agar hembusan angin dapat mengunci kelembapan dalam kutikula rambut Anda.

6. Gunakan produk yang tepat

Produk yang tepat akan mempermudah Anda untuk mendapatkan tampilan rambut blow out yang sehat dan berkilau. Biasakan untuk mengaplikasikan kondisioner dan serum di setiap ritual keramas Anda. Kalau perlu, jangan lupa juga untuk semprotkan heat spray sesaat sebelum memulai nge-blow supaya rambut terlindung dari kerusakan akibat hawa panas hairdryer. Produk-produk ini akan meresap masuk ke dalam rambut dan menguatkan kutikula, sehingga mampu mencegah terjadinya penguapan keluar dari batang rambut kita.

Aplikasikan sedikit mousse (sebesar bola tenis untuk rambut panjang, dan sedikit lebih kecil untuk rambut yang lebih pendek) pada rambut sebelum mulai nge-blow. Lalu sisir rambut hingga mendekati bagian akar. Mousse akan membantu menciptakan volume ketika rambut mulai di-blow dry.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"

    Yang juga perlu Anda baca

    5 Hal yang Menyebabkan Rejime Skincare Anda Tidak Efektif

    Sudah pakai produk skin care berbulan-bulan tapi kulit tetap sama tidak berubah? Mungkin ini penyebab skin care Anda tidak bekerja dengan baik.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph

    Maksimalkan Keindahan Rambut dengan Mengenali Jenis-jenisnya

    Jenis rambut tidak sebatas lurus dan keriting saja. Ternyata ada banyak tipe rambut yang bisa dikenali dan disesuaikan dengan perawatan rambut Anda.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi

    Bolehkan AHA BHA dan Vitamin C Digunakan Bersamaan?

    AHA BHA dan vitamin C banyak ditemukan pada produk skin care. Tapi, apakah zat-zat tersebut aman untuk dikombinasikan? Simak ulasannya di Hello Sehat.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Shylma Na'imah

    5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

    Mengoleskan vitamin E bukannya menghilangkan bekas jerawat, tapi malah akan menghambat proses penyembuhannya, bahkan memicu dermatitis.

    Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team

    Direkomendasikan untuk Anda

    merawat rambut keriting

    10 Cara Merawat Rambut Keriting agar Mudah Diatur

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020
    dewasa pakai sampo bayi

    Apa Orang Dewasa Boleh Pakai Sampo Bayi?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 22/02/2020
    cara mencegah ingrown hair

    Bagaimana Cara Mencegah Ingrown Hair agar Tidak Semakin Parah?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Dipublikasikan tanggal: 05/02/2020
    cara pakai sheet mask

    Tips Pakai Sheet Mask Agar Manfaatnya Maksimal

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 27/01/2020