5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Olahraga Sepulang Kerja

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Manfaat olahraga bagi tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk berolahraga. Contohnya bagi mereka para pekerja kantoran yang berangkat pagi dan pulang saat malam hari. Tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas berimbas pada waktu olahraga yang terabaikan.

Meski begitu, beberapa orang menyiasatinya dengan melakukan olahraga setelah kerja, entah mengunjungi pusat kebugaran, main futsal, main basket, hingga jogging malam. Tapi apa boleh setelah pulang kerja lanjut olahraga? Ketahui jawabannya dalam artikel ini.

Olahraga setelah kerja, apakah boleh?

Olahraga memang biasanya dilakukan pagi hari, tapi terkadang buat orang kantoran, mereka memilih olahraga setelah kerja, yaitu ketika sore atau malam hari. Olahraga setelah pulang kerja pada dasarnya boleh saja dilakukan. Hanya saja, Anda disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan. Hal ini dilakukan lantaran tubuh Anda sudah tidak sebugar pagi hari.

Tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas jika harus ditambah dengan ritme olahraga dengan intensitas tinggi justru akan membuat Anda kelelahan dan hasilnya tentu tidak akan maksimal. Jadi, jika Anda memutuskan untuk olahraga setelah kerja, Anda cukup lakukan olahraga yang ringan-ringan saja seperti jogging, jalan santai, bersepeda, ataupun yoga.

Yang harus diperhatikan jika ingin olahraga setelah kerja

Selain intensitas olahraga, ada beberapa hal lainnya yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan olahraga setelah kerja, di antaranya:

1. Waktu olahraga

Waktu terbaik untuk melakukan olahraga sepulang kerja adalah setelah matahari tenggelam hingga jam 9 malam. Waktu tersebut merupakan waktu ideal karena akan memberikan Anda kesempatan untuk tidur dengan durasi yang normal. Intinya, beri jeda waktu sekitar satu sampai dua jam antara waktu olahraga dan waktu tidur Anda. Pasalnya, setelah berolahraga tubuh anda menjadi bugar dan Anda akan kesulitan untuk tidur pada malam hari

2. Durasi olahraga

Anda harus ingat, kondisi tubuh setelah bekerja tidak sebugar ketika pada pagi hari. Itu sebabnya, Anda tidak perlu harus melakukan olahraga berat setiap malam dengan durasi yang lama. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa durasi ideal untuk berolahraga setiap hari adalah 30 – 60 menit.

Jadi, Anda sebaiknya tidak memaksakan diri untuk berolahraga jika kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk melakukannya. Misalnya, akibat karena kelelahan karena banyaknya pekerjaan atau saat sedang merasa sakit

3. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Selain itu, olahraga malam juga harus diawali dengan pemanasan dan juga harus diakhiri dengan peregangan atau pendinginan agar tubuh tidak mudah cedera. Pemanasan dan pendinginan ini sangat berguna untuk mengendurkan otot dan memperlancar sirkulasi darah.

4. Penuhi asupan nutrisi

Sama halnya dengan olahraga yang dilakukan di pagi hari atau sebelum bekerja, Anda juga harus memenuhi dan memperhatikan asupan nutrisi dari makan yang Anda konsumsi. Konsumsilah makanan yang tepat dengan porsi yang tidak berlebihan. Pasalnya, apapun yang Anda konsumsi sebelum dan setelah berolahraga memiliki dampak yang besar terhadap hasil dari olahraga yang Anda lakukan.

Selain makanan, jangan lupa penuhi asupan cairan sebelum, selama, dan setelah olahraga untuk mencegah terjadinya dehidrasi

5. Jangan lupa membersihkan badan

Meskipun Anda berolahraga pada malam hari, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak membersihkan badan setelah berolaharaga. Hal ini dikarenakan setelah berolahraga tubuh pasti akan mengeluarkan banyak keringat. Itu sebabnya, mandi menjadi pilihan yang tepat untuk kembali menyegarkan tubuh.

Namun, jangan langsung mandi setelah olahraga. Tunggu dulu suhu tubuh Anda kembali normal sekitar 30 menit setelah olahraga.  Selain membuat tubuh lebih bersih, mandi juga akan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Pada prinsipnya, baik pada pagi atau malam hari, kedua waktu olahraga tersebut akan memberikan efek yang sama-sama menyehatkan jika dilakukan secara konsisten demi menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi tubuh Anda sebelum melakukan aktivitas olahraga agar hasilnya pun bisa maksimal. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Naik Gunung

Anda ingin mencoba mendaki gunung? Ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan sebelum mendaki gunung khususnya bagi pemula agar pendakian aman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 15 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Cepat lelah dan kehabisan napas bisa jadi tanda kebugaran jantung dan paru-paru Anda kurang baik. Tapi bagaimana cara mengukurnya? Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Kebugaran, Hidup Sehat 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Bagaimana Cara Mendorong Anak Menjadi Atlet?

Olahraga sangat bermanfaat dalam mendukung tumbuh kembang anak. Namun, memotivasi dan mendorong anak menjadi atlet adalah lain hal. Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rina Nurjanah
Kebugaran, Hidup Sehat 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Menjadi Atlet di Mata Atlet Muda Indonesia

Menjadi atlet sejak usia belia sebaiknya berdasarkan keinginan si anak sendiri. Inilah kisah-kisah para atlet muda Indonesia atas pilihannya.  

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Kebugaran, Hidup Sehat 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gerakan plank untuk perut rata

7 Gerakan Plank yang Bisa Dilakukan untuk Membentuk Perut Rata

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 16 November 2020 . Waktu baca 5 menit
manfaat bangun pagi

Berbagai Manfaat Bangun Lebih Pagi untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 9 November 2020 . Waktu baca 4 menit
kejang otot

Kenali Kejang Otot, Mulai dari Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
kram otot

Kenali Penyebab yang Mungkin Membuat Anda Mengalami Kram Otot

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit