Terlalu Sibuk Sampai Tidak Sempat Olahraga? Latihan Ini Cuma Butuh 5 Menit, Kok!

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 16/05/2018
Bagikan sekarang

“Besok saja deh olahraganya, hari ini tidak sempat”. Tunggu dulu. Jangan jadikan kesibukan Anda sebagai alasan untuk bolos olahraga. Olahraga tidak harus selalu memakan waktu lama, apalagi sampai harus bolak-balik ke gym. Anda bisa berkeringat dan mendapatkan manfaat olahraga yang sama hanya dengan menyisihkan waktu lima menit saja. Yuk, intip caranya olahraga lima menit di bawah ini!

Meski cuma sebentar, manfaatnya tetap besar

Mendengar ‘olahraga lima menit’ mungkin Anda akan ragu untuk memulainya — “Kalau cuma lima menit, memangnya cukup untuk bikin badan sehat dan bugar? Bukankah jadinya cuma buang-buang waktu saja?” Sekarang saatnya untuk Anda mengganti pola pikir usang tersebut.

Idealnya, kita dianjurkan untuk olahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari. Namun jika Anda termasuk orang yang super sibuk, mulailah “adopsi” prinsip baru ini: selalu lebih baik untuk berolahraga sebentar namun teratur setiap hari, daripada tidak sama sekali.

Familiar, kan, dengan pepatah yang bilang bahwa “sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit”? Hal yang sama juga berlaku pada kebiasaan hidup aktif. Para peneliti menemukan bahwa bahkan olahraga singkat tapi dilakukan secara kontinu setiap hari dapat sangat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dalam jangka panjang.

Olahraga teratur bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, mencegah Anda dari berbagai risiko penyakit, membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan energi, hingga meningkatkan mood. Sebuah penelitian dari University of Utah menunjukkan bahwa olahraga hanya satu menit setiap hari pun bisa membawa dampak positif yang nyata dalam hidup Anda.

Risiko obesitas juga menurun pada pria dan wanita yang melakukan olahraga singkat tapi berkelanjutan.Kelompok yang melakukan olahraga lima menit setiap hari bahkan menunjukkan rasa kenyang yang lebih lama hingga rata-rata 32 persen, sehingga dapat mencegah Anda untuk ngemil junk food atau makanan manis yang bisa menggemukkan badan.

Namun tentu tidak sesederhana itu. Agar sesi olahraga singkat Anda bisa berjalan efektif, jangan hanya fokus pada durasinya saja. Anda juga perlu menyesuaikan tingkat kekuatannya. Semakin intens olahraga yang Anda lakukan dalam waktu singkat, manfaatnya semakin besar.

Sisihkan lima menit waktu Anda untuk bergerak aktif

Meski hanya lima menit, mungkin Anda bingung untuk menyisipkannya di tengah jadwal padat Anda. Berikut beberapa hal yang mungkin bisa Anda lakukan dalam waktu lima menit.

  • Gunakan waktu saat iklan TV. Anda dapat lompat di tempat dan melakukan push-up sebelum acara televisi Anda mulai kembali.
  • Cobalah berolahraga saat Anda melakukan tugas sehari-hari, seperti menggosok gigi. Daripada hanya berdiri, lakukan lari kecil atau jalan di tempat untuk menguatkan betis Anda.
  • Buat catatan pengingat di ponsel Anda untuk memotivasi Anda berolahraga sepanjang hari. Anda dapat berjalan-jalan sebentar sebagai istirahat kerja.
  • Naik tangga daripada naik lift, atau jalan kaki untuk mencapai kantor atau tempat tujuan Anda

Tips olahraga lima menit

Selain itu, Anda bisa mencoba beberapa gerakan ini untuk melakukan olahraga lima menit di rumah atau sela waktu kosong Anda.

  • Squat untuk satu menit pertama.
  • Lompat jongkok untuk satu menit kedua.
  • Menekuk lutut untuk satu menit ketiga.
  • Lompat kemudian tekut lutut untuk satu menit keempat.
  • Wall sit atau duduk setengah jongkok dengan bersandar di dinding untuk satu menit kelima.

Anda juga bisa melakukan olahraga Tabata 4 menit. Setiap latihan dilakukan dua kali, masing-masing selama 20 detik, diikuti oleh 10 detik istirahat. Tabata cocok dijadikan sebagai pemanasan dan peregangan tubuh di pagi hari untuk mengawali aktivitas Anda.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pentingnya Screening dalam Olahraga, dari Cegah Cedera Hingga untuk Performa

Screening dalam olahraga memiliki banyak kegunaan. Mulai dari menilai risiko cedera, performa, bahkan efek samping dari olahraga itu sendiri.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu

Panduan Olahraga untuk Wanita Pengidap Kanker Payudara

Olahraga adalah kegiatan baik untuk semua orang, termasuk penderita kanker payudara. Lantas, bagaimana kiat-kiat tetap berolahraga meski sakit?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

5 Tips Mengatur Jadwal Olahraga Rutin Meski Anda Sibuk Tiap Hari

Mengatur jadwal olahraga rutin di tengah kesibukan mudah dilakukan dengan menjadwalkan olahraga di pagi hari hingga menggunakan aplikasi olahraga.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

6 Tips Membentuk Kembali Perut Sixpack yang Sempat Hilang

Anda pernah punya perut sixpack dan ingin mendapatkannya kembali? Begini cara terbaik untuk mengembalikan perut sixpack dengan cepat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Andini Anissa

Direkomendasikan untuk Anda

semangat olahraga saat karantina

Mager Olahraga Saat Karantina? Ini 7 Tips Agar Anda Tetap Semangat

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020
olahraga setiap hari saat liburan

Bolehkah Bayar Utang Olahraga Sekaligus Langsung di Hari Libur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 31/01/2020
pakaian olahraga hijab

5 Kiat Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman Buat Wanita Berhijab

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 03/12/2019
latihan meningkatkan stamina

Agar Stamina Tubuh Tetap Terjaga, Coba 4 Latihan Olahraga Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 06/11/2019