Jangan Biarkan Sofa Jadi Sarang Jamur dan Kuman, Yuk Bersihkan Dengan 3 Cara Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda merasa rumah Anda selalu bersih dan bebas dari kuman. Sayangnya, meski lantai terlihat mengkilap dan bebas debu, banyak orang yang tak menyadari bahwa kuman justru berkumpul di sofa. Ya, sofa yang selama ini menjadi tempat Anda dan keluarga bersantai, bisa jadi sarang jamur dan kuman, lho.  Jangan cemas, simak cara membersihkan sofa yang ampuh mengusir kuman, debu, dan jamur pada ulasan berikut.

Kenapa Anda perlu menjaga kebersihan sofa?

Debu dapat dengan mudah berpindah tempat terbawa oleh angin dan mengotori rumah, terutama pada sofa. Anda mungkin menyadarinya ketika Anda menepuk-nepuk sofa, debu-debu yang menempel akan berterbangan dan membuat hidung Anda gatal, ingin bersin, dan batuk.

Selain debu, sofa yang kotor juga penuh dengan kuman. Sayangnya, Anda tidak bisa melihatnya jelas dengan mata telanjang. Belum lagi, sofa mudah ditumbuhi jamur karena jarang di jemur di bawah matahari, membuat kain sofa jadi lembap. Tentu saja, area sofa yang lembap jadi tempat favorit jamur untuk tumbuh. Akibatnya, sofa akan dipenuhi oleh bintik-bintik hitam, kuning, atau hijau keabuan dan berbau apak (tidak sedap).

Semakin lama dibiarkan, sofa akan rusak dan kesehatan Anda juga jadi bermasalah, seperti alergi atau asma kembali kambuh. Itulah sebabnya membersihkan sofa sangat penting Anda lakukan secara rutin.

Sumber: Today

Cara membersihkan sofa agar bebas dari kotoran

Selain merusak sofa, baik debu, kuman, dan jamur juga dapat megancam kesehatan tubuh Anda dan keluarga. Supaya hal ini tidak terjadi, Anda perlu menjaga keberisihan sofa. Berikut ada beberapa cara membersihkan sofa yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Bersihkan sofa dengan benar

Selama ini, mungkin Anda membersihkan debu di sofa dengan menggunakan kemoceng. Namun, tindakan tersebut tidak ampuh untuk membersihkan kuman maupun jamur. Supaya sofa benar-benar bersih, perhatikan beberapa langkahnya, seperti:

  • Pindahkan sofa keluar rumah, di halaman misalnya. Kemudian, beri alas bawah sofa dengan koran. Ini menghindari debu dan kotoran lainnya mengotori rumah atau berpindah ke perabotan lain di dalam ruangan.
  • Siapkan alat dan produk pembersih, seperti sikat, sabun cair, spons, wadah, cuka putih, amonia, alkohol, dan semprotan fungisida. Jangan lupa gunakan sarung tangan.
  • Cara membersihkan sofa dari jamur untuk pertama kali adalah sikat area yang berjamur hingga terlihat bersih.
  • Campur 1 liter air hangat dengan 1/2 sendok sabun cair ke dalam wadah. Bahan tersebut dapat Anda ganti dengan alkohol dengan cuka putih atau air dengan amonia dalam takaran yang sama.
  • Kemudian, aduk hingga rata dan masukkan spons. Lalu, oleskan pada bagian sofa yang berjamur untuk menghilangkan jamur. Kemudian, bilas spons dengan air dan kembali gosok ke sofa hingga bersih.
  • Biarkan sofa mengering di bawah sinar matahari dan semprotkan fungisida.

2. Jaga sofa agar tetap kering

Setelah kering, sudah saatnya Anda mengubah tempat Anda meletakan sofa. Letakkan sofa di dekat jendela untuk mencegah kain sofa menjadi lembap. Sekaligus membunuh kuman dan jamur tertentu. Jika sofa Anda basah karena tumpahan air, segera keringkan dengan menjemurnya di luar rumah atau meggunakan kipas angin.

3. Jangan lupa, bersihkan secara rutin

Membersihkan sofa tidak hanya menjelang lebaran, tapi harus membersihkannya secara rutin. Lakukan penyedotan debu seminggu sekali. Sementara menjemur sofa, bisa Anda sesuaikan dengan keinginan, paling tidak satu bulan sekali.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Benda Sehari-hari yang Sarat Amonia, dan Bahaya Amonia Buat Kesehatan

Amonia adalah agen pembersih yang sangat efektif merontokkan noda membandel. Ammonia juga digunakan untuk membuat pupuk komersil. Lantas, apa bahayanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 3 Mei 2019 . Waktu baca 6 menit

Stop Buang Sampah Sembarangan! Patuhi 3 Aturan Buang Sampah Agar Tidak Mencemari Lingkungan

Tumpukan sampah yang berserakan di jalanan dan di sungai bukan pemandangan baru lagi buat orang Indonesia. Padahal, buang sampah sembarangan itu bahaya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 14 Maret 2019 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Paling Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2019 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
cara menjaga kebersihan rumah

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Bebas Kuman dan Virus

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 12 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
mencegah polusi dalam ruangan

Cegah Polusi di Dalam Ruangan Dengan 5 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 3 Desember 2019 . Waktu baca 7 menit
berapa kali ganti seprai setelah berhubungan seks

Berapa Kali Sebaiknya Ganti Seprai Setelah Berhubungan Seks?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 11 November 2019 . Waktu baca 4 menit
polusi udara dalam ruangan

Kenali Berbagai Sumber Polusi yang Membuat Udara di Dalam Ruangan Tercemar

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2019 . Waktu baca 5 menit