4 Hal yang Menyebabkan Gigi Anak Berwarna Hitam

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/06/2019
Bagikan sekarang

Gigi bayi dan anak seharusnya memiliki warna yang lebih putih ketimbang gigi orang dewasa, sebab kandungan florinnya yang lebih banyak. Namun, tidak sedikit orangtua yang dihadapkan dengan masalah gigi hitam pada anak. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan anak-anak bergigi hitam? Apakah hal ini permanen atau dapat diputihkan kembali?

Gigi hitam pada anak, kok bisa?

Bayi dan anak dilengkapi dengan 20 gigi susu, dan akan mulai tanggal satu per satu ketika mereka beranjak dewasa. Namun sebelum memasuki masa itu, banyak anak yang dihadapkan dengan masalah gigi hitam. Gigi hitam bisa disebabkan oleh berbagai hal. Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik

Biasakan anak untuk menjaga kebersihan giginya dengan baik yaitu dengan menyikat gigi rutin 2 kali sehari. Bila masih bayi maka Anda bisa menyikatkan gigi si kecil. Pasalnya, jika area mulut tak bersih, maka plak yang terbuat dari sisa-sisa makanan tersebut dapat menumpuk dan akhirnya menyebabkan gigi berubah menghitam.

Ketika gigi susunya tanggal satu per satu, maka warna gigi akan kembali putih normal. Jika Anda ragu, sebaiknya diskusikan hal ini pada dokter gigi yang menangani anak Anda.

2. Cedera pada gigi dan gusi

Cedera pada gigi dan gusi dapat mengubat warna gigi si kecil. Misalnya saja ketika bermain dan terjatuh sehingga gusi berdarah. Jika darahnya tidak keluar, maka darah akan menggumpal di dalam gusi dan akhirnya memengaruhi warna gusi serta gigi. Gigi dapat berubah warna menjadi biru hingga kehitaman. Bila Anda menemukan hal ini terjadi pada si kecil, sebaiknya segera bawa ia ke dokter gigi.

3. Menggunakan produk obat-obatan tertentu

Ada beberapa obat yang memiliki efek samping menghilangkan atau mengurangi kadar enamel gigi. Enamel adalah lapisan terluar gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi. Enamel yang semakin berkurang akan memengaruhi kesehatan gigi, termasuk warna putih cemerlangnya.

Jika memang si kecil diberikan obat tertentu dari dokter, pastikan bahwa Anda telah mengetahui segala efek samping yang mungkin akan terjadi. Bila timbul gangguan pada gigi atau mulut, segera periksakan si kecil ke dokter.

4. Bawaan genetik

Hal lain yang paling mungkin menyebabkan gigi hitam pada anak adalah bawaan genetik. Kondisi ini memang jarang terjadi, namun bukannya tidak mungkin. Beberapa gen tertentu diketahui dapat membuat warna gigi seseorang menjadi lebih hitam meskipun orang tersebut sangat menjaga kebersihan mulut dan giginya.

Biasanya orang yang memiliki genetik ini akan memiliki warna biru, abu-abu, hingga kehitaman pada giginya. Kondisi ini dapat terjadi pada gigi susu maupun gigi permanen anak ketika ia sudah dewasa.

Untuk mengetahui penyebab pasti dari gigi hitam anak, sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Itu Perawatan Pulpotomi untuk Gigi?

Menjaga kesehatan gigi itu penting dan jika perlu, mungkin Anda disarankan untuk melakukan pulpotomi. Lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai pulpotomi.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Tips Memilih Obat Kumur yang Tepat untuk Gigi dan Mulut Anda

Obat kumur penting bagi kebersihan gigi. Namun, apakah obat kumur yang Anda pakai sudah tepat? Bagaimana cara memilih obat kumur yang pas?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Kapan Waktu yang Tepat Membersihkan Karang Gigi?

Karang gigi bukan hanya mengganggu penampilan saja, tapi juga kesehatan. Kapan sebernarnya waktu yang tepat untuk membersihkan karang gigi?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Makanan Apa yang Bisa Membantu Pertumbuhan Gigi Anak?

Menjaga pertumbuhan gigi anak memang cukup sulit karena mereka belum rutin menyikat gigi. Ada beberapa makanan yang bisa menjaga nutrisi gigi dengan baik.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah

Direkomendasikan untuk Anda

mencegah gigi ngilu

3 Langkah Mencegah Ngilu Akibat Gigi Sensitif Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 20/05/2020
asam mefenamat (mefenamic acid)

4 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Saat Sedang Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2020
menghilangkan bau mulut saat puasa

7 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020
cabut gigi geraham

Amankah Melakukan Prosedur Cabut Dua Gigi Geraham Sekaligus?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 22/04/2020