5 Kondisi yang Membuat Bibir Tiba-tiba Terasa Gatal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/06/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Rasa gatal yang muncul di bibir secara tiba-tiba memang cukup membingungkan dan membuat tak nyaman. Anda perlu mengetahui penyebab pastinya agar bisa melakukan langkah pengobatan lanjutan yang paling tepat. Untuk mengetahui apa saja penyebab bibir gatal, berikut ulasannya.

Penyebab bibir gatal

bibir terasa panas

1. Cheilitis kontak alergi

Cheilitis kontak alergi adalah kondisi dermatitis kontak alergi yang terjadi pada bibir. Biasanya ditandai dengan bibir gatal-gatal dan meradang akibat terkena alergen.

Lipstik, tabir surya, pasta gigi, obat kumur, dan obat-obatanlah yang biasanya menyebabkan reaksi alergi ini. Selain itu, makanan yang mengandung pengawet, wewangian, dan perasa buatan juga sering kali menjadi penyebabnya.

Biasanya kondisi ini membuat bibir Anda terlihat bengkak dan memiliki bercak kulit yang bersisik. Jika Anda mengalami hal ini, segera periksakan ke dokter agar bisa diatasi dengan perawatan yang tepat.

2. Bibir kering

Bibir yang kering dan pecah-pecah terkadang membuat permukaannya terasa gatal. Ada beberapa hal yang membuat bibir kering dari mulai kurang minum, tidak adanya kelenjar minyak di bibir, hingga akibat cuaca yang terlalu panas.

Tak perlu khawatir, jika penyebab rasa gatal karena kekeringan yang cukup parah Anda hanya perlu melembapkannya kembali. Minum cukup air, menggunakan pelembap bibir, dan tidak membasahi bibir dengan air liur.

3. Cheilitis traumatik

Peradangan bibir yang satu ini biasanya disebabkan oleh rangsangan berlebih pada kulit bibir yang sensitif. Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak dan remaja cenderung lebih sering mengalami kondisi ini. Kebiasaan menjilat dan menggigit bibir inilah yang umumnya menyebabkan chelitis traumatik. Akibatnya, bibir bengkak dan terasa gatal.

Kondisi ini akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan dokter jika Anda menghentikan kebiasaan tersebut. Namun, ketika bibir mulai mengalami iritasi maka kondisi ini akan sulit hilang dengan sendirinya. Untuk itu, sebaiknya periksakan ke dokter.

4. Infeksi

Bibir bisa mengalami gatal-gatal saat bakteri, virus, dan jamur tertentu masuk dan menginfeksi. Virus herpes simpleks, jamur Candida albicans yang berlebih, serta bakteri Streptococcus dan Staphylococcus menjadi organisme yang paling sering membuat bibir terasa gatal.

Cara mengatasi infeksi biasanya berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah bakteri maka dokter akan meresepkan antibiotik. Namun, jika penyebabnya virus atau antijamur dokter akan meresepkan obat antivirus dan antijamur yang sesuai. Setelah gejala infeksinya mereda, maka rasa gatal pun perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

5. Weather induced cheilitis

Sesuai dengan namanya, kondisi ini biasanya disebabkan akibat paparan suhu panas, angin, atau dingin ekstrem pada bibir  dalam waktu lama. Kondisi ini biasanya menyerang orang-orang yang tinggal di iklim dengan suhu eksrem atau mereka yang bekerja di luar ruangan setiap hari. Selain rasa gatal, kondisi ini juga biasanya disertai dengan bibir yang pecah-pecah dan berdarah.

Kapan harus pergi ke dokter?

pergi ke dokter kandungan

Sebaiknya, segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami salah satu dari beberapa gejala berikut ini, seperti:

  • Ruam yang tiba-tiba muncul dan menyebar dari bibir ke seluruh wajah.
  • Perdarahan tanpa henti pada bibir.
  • Bibir membengkak dengan sangat cepat.
  • Sulit bernapas.

Selain itu, jika bibir terus terasa gatal bahkan semakin tak tertahankan sebaiknya segera konsulasikan ke dokter. Jangan lupa beri tahu dokter mengenai obat, kosmetik, atau makanan yang baru saja Anda konsumsi untuk dilihat keterkaitannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kena Flu Saat Puasa Itu Baik! Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Menyebalkan memang jika terkena flu saat puasa. Namun, tahukah Anda jika kena flu saat puasa justru akan membuat tubuh lebih baik dan Anda cepat pulih?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hari Raya, Ramadan 04/05/2020 . 3 menit baca

Sulit Dihentikan, Ini 3 Tips Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

Sadar atau tidak, menyentuh wajah ternyata menjadi kebiasaan sehari-hari yang sulit ditinggalkan. Padahal, efeknya cukup buruk bagi kesehatan Anda.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 23/04/2020 . 5 menit baca

Pilihan Obat Alami Oral Thrush atau Infeksi Jamur di Mulut

Mengalami infeksi jamur di mulut atau oral thrush sangatlah mengganggu. Namun, selain obat dari dokter, ada juga obat alami yang bisa mengatasi oral thrush.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 20/04/2020 . 5 menit baca

Melawan COVID-19: Jangan Ada Lagi Tenaga Medis yang Gugur

Penyebaran COVID-19 belum bisa dihentikan, ratusan nyawa tidak berhasil diselamatkan, termasuk para dokter dan tenaga medis yang melawan di garis depan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 13/04/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

bakteri pada uang kertas

Mengenal Bakteri pada Uang Kertas dan Koin dan Dampaknya bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . 4 menit baca
gedung perkantoran ditinggal kosong

Ancaman Kesehatan Selain COVID-19 Saat Masuk ke Gedung yang Lama Tak Dihuni

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 15/06/2020 . 5 menit baca
obat untuk infeksi jamur kulit

Cara Memilih Obat untuk Kulit yang Gatal Karena Infeksi Jamur Kulit

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020 . 6 menit baca
gejala alergi cat rambut

Ingin Warnai Rambut? Hati-hati, Kenali Dulu Gejala Alergi Cat Rambut

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020 . 5 menit baca