Saatnya Beralih ke Pasta Gigi Khusus untuk Merawat Gigi Sensitif

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memiliki gigi sensitif bukanlah hal yang menyenangkan. Setiap kali makan atau minum dan bahkan saat membersihkan atau menyikat gigi, rasa ngilu seringkali muncul. Hal ini menjadi tanda bahwa sudah waktunya Anda perlu merawat gigi sensitif untuk mengurangi gejalanya dengan beralih ke pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Apa perbedaan pasta gigi biasa dan pasta gigi untuk gigi sensitif?

kode warna pasta gigi

Dikutip dari Mayo Clinic, gigi sensitif biasanya disebabkan oleh terkikisnya enamel gigi atau akar gigi yang terekspos (tidak lagi tertutupi). Selain itu, American Dental Academy menuturkan beberapa penyebab lain yang bisa memicu gigi sensitif:

Untuk mencegah terjadinya gangguan pada gigi, Anda dianjurkan untuk rutin menjaga kebersihan dengan menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari.

Pasta gigi yang terdapat dipasaran bisa berbentuk pasta, gel, atau serbuk. Setiap pasta gigi biasanya memiliki kandungan khusus yang ditujukan untuk kondisi atau merawat gigi tertentu.

Pada dasarnya kandungannya hampir sama, tetapi pasta gigi khusus gigi sensitif memiliki beberapa kandungan untuk membantu mengurangi gejala ngilu yang sering dirasakan.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih pasta gigi adalah:

ADVERTISEMENT

  • Mencegah kerusakan. Fluoride adalah pencegah kerusakan alami yang membantu menjaga kekuatan enamel gigi, misalnya dalam melawan gigi berlubang. Tidak semua pasta gigi mengandung fluoride, jadi pastikan untuk memilih pasta yang mengandung mineral satu ini.
  • Menekan sensitivitas. Penderita gigi sensitif perlu memilih pasta gigi jenis ini karena di dalamnya mengandung senyawa yang bisa membantu mengurangi gigi sensitif.
  • Memutihkan. Jika Anda ingin mendapat efek lebih putih pada gigi, sekarang ini beberapa pasta gigi menyediakan kandungan yang tak hanya bisa memberikan perlindungan, tapi juga memutihkan gigi.

Kandungan penting dalam pasta gigi khusus gigi sensitif

pasta gigi gigi berlubang

Manfaat atau fungsi dari pasta gigi yang telah disebutkan di atas merupakan salah satu cara untuk merawat gigi sensitif. Namun pertanyaannya adalah, apa saja kandungan atau senyawa yang memberikan efek atau dampak tersebut?

Berikut lebih dalam memahami kandungan pasta gigi yang mampu membantu menenangkan saraf gigi yang ngilu, menutup area gigi yang menyebabkan ngilu, dan membantu menebalkan enamel gigi pada penderita gigi sensitif.

Potasium nitrat dan sodium flouride

Potasium nitrat sudah lama digunakan sebagai zat dalam pasta gigi sensitif karena efeknya dalam mengurangi sensitivitas. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical and Experimental Dentistry pada tahun 2012.

Studi ini menyertakan 15 pasien gigi sensitif dan diberikan pasta gigi mengandung 5% potasium nitrat, sodium fluoride, dan beberapa senyawa. Hasilnya menunjukkan bahwa pasta gigi dengan kandungan potasium nitrat secara signifikan menurunkan sensitivitas.

Oleh karena itu, penggunaan kedua senyawa ini efektif dalam mengurangi gejala seperti rasa ngilu yang sering muncul.

NovaMin (calcium sodium phosphosilicate)

NovaMin merupakan senyawa yang juga ditemukan pada pasta gigi khusus gigi sensitif. Bukan tanpa alasan, berdasarkan penelitian tahun 2010 oleh Armed Force Medical Center, kandungan NovaMin yang juga terdapat potasium nitrat dalam pasta gigi yang digunakan dalam penelitian ini membantu mengurangi sensitivitas setelah dua dan empat minggu pemakaian.

Bahkan penelitian ini menekankan pasta gigi dengan NovaMin lebih baik dalam mengurangi gejala gigi sensitif dibandingkan dengan yang tidak mengandung senyawa satu ini.

Selain kedua kandungan tersebut, pasta gigi sensitif sekarang ini juga memberikan efek menyegarkan, seperti daun mint. Selain mendapat perlindungan dan rasa ngilu bisa berkurang, mulut bisa terasa segar sepanjang hari. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih pasta gigi dengan kandungan ini.

Gigi sensitif merupakan gangguan kesehatan yang tidak bisa disembuhkan secara instan. Anda perlu merawat gigi sensitif dengan rutin menggunakan media yang tepat, salah satunya pasta gigi sensitif. Jika merasa sensitivitas gigi tidak kunjung mereda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Mungkin Kondisi Ngilu karena Gigi Sensitif Bisa Hilang?

Momen makan es krim tidak nyaman karena gigi ngilu? Janga-jangan itu tandanya gigi sensitif. Jangan cemas, terapkan cara mengatasi masalah gigi sensitif.

Ditulis oleh: Maria Amanda
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 1 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit

Jarang Mengganti Sikat Gigi Bisa Picu Gigi Sensitif

Jarang mengganti sikat gigi bisa picu gigi sensitif, lho. Kok bisa? Berikut alasannya sekaligus tips mengatasi gigi sensitif.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
sikat gigi baru dan bekas
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Solusi untuk Mengatasi Ngilu Akibat Gigi Sensitif bagi Pecinta Kopi

Anda mungkin merasakan ngilu ketika minum kopi. Tenang, Anda tetap bisa menikmati kopi asalkan tahu cara mengatasi ngilu akibat gigi sensitif.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
mengatasi gigi ngilu sensitif
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 9 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Langkah Mencegah Ngilu Akibat Gigi Sensitif Saat Puasa

Ngilu akibat gigi sensitif dapat kambuh saat berbuka dan sahur saat puasa. Agar makan dan minum tetap nikmat, yuk ketahui cara mengcegah gigi ngilu ini!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
mencegah gigi ngilu
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 20 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minum kopi memicu gigi sensitif

Tips Mencegah Gigi Sensitif pada Si Penggemar Kopi

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
gigi sensitif dan ngilu

Apa Benar Punya Gigi Sensitif dan Ngilu Berarti Tidak Boleh Makan Manis Sama Sekali?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
pasta gigi sensitif

Waspada, Jarang Sikat Gigi Bikin Gigi Jadi Sensitif. Kenapa Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Konten Bersponsor
cara mengobati gigi sensitif

Seberapa Sering Harus ke Dokter Jika Punya Gigi Sensitif?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit