Psst, Banyak Teman Belum Tentu Lebih Bahagia Daripada Punya Teman Sedikit

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Bagi mereka yang punya banyak teman biasanya memiliki sifat supel dan mudah berbaur dengan lingkungan di sekitarnya. Sedangkan orang introvert cenderung memiliki beberapa teman saja tapi persahabatannya sangat erat. Katanya, punya banyak teman bisa membuat Anda lebih bahagia daripada punya teman sedikit saja. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini!

Mana yang lebih membahagiakan, punya banyak teman atau sedikit teman?

sistem imun dan kehidupan sosial

Anda mungkin berpikir kalau punya banyak teman itu lebih membahagiakan. Sebab, Anda jadi punya banyak teman untuk saling bertukar cerita, saling membantu, dan sebagainya.

Menurut sebuah penelitian, punya teman dekat dapat menentukan seberapa bahagia dan suksesnya para remaja di kemudian hari. Orang yang menjalin persahabatan yang kental mulai usia 15 tahun cenderung memiliki hidup yang lebih baik di usia 25 tahun. Kehadiran teman dekat membuatnya merasa punya harga diri yang lebih tinggi dan menurunkan gejala depresi.

Pada dasarnya, jalinan pertemanan yang baik dipengaruhi oleh kepribadian masing-masing orang. Shigero Oishi dari University of Virginia dan Selin Kesebir dari London Business School mengungkap kepada Livescience bahwa memiliki banyak teman ternyata tidak selalu menunjukkan hasil yang positif.

Para ahli menduga hal ini ditentukan oleh kondisi sosial dan ekonomi setiap orang. Misalnya saja, mobilitas yang tinggi membuat seseorang menjadi lebih loyal dan memiliki banyak teman. Namun di sisi lain, punya banyak teman juga cukup menyita banyak waktu, energi, dan uang.

Oishi dan Sebir melibatkan sekitar 247 peserta yang rata-rata berusia 31 tahun untuk membuat daftar inisial seorang sahabat terbaik, satu teman dekat, dan satu teman jauh. Kemudian, mereka diminta untuk membagikan 60 poin ke dalam tiga kategori yang berbeda, yaitu waktu, tenaga, dan uang, untuk masing-masing teman.

Hasilnya, peserta yang memiliki mobilitas dan pendapatan yang rendah cenderung lebih bahagia ketika mereka memiliki sedikit teman dekat daripada punya banyak teman. Sebab, persahabatan yang erat dan intim dapat membantu mereka menjadi lebih baik dan merasa mendapatkan dukungan penuh dari teman dekatnya.

Sementara itu, punya banyak teman biasanya membuat Anda harus merogoh kocek dalam-dalam saat harus mentraktir semua teman dekat Anda. Belum lagi jika Anda membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk mengunjungi teman-teman Anda tersebut saat ingin bersilaturahmi.

Apa saja manfaat punya lebih sedikit teman?

punya sahabat

Anda mungkin takut dikira penyendiri atau kurang gaul kalau hanya punya sedikit teman. Padahal, bagi Anda yang memiliki sifat introvert tentu tidak mudah untuk membaur dengan orang banyak yang belum dikenal.

Nyatanya, punya lebih sedikit teman juga menyimpan manfaat yang tak kalah penting bagi kehidupan Anda. Manfaat punya sedikit teman adalah:

  1. Lebih hemat: Anda tentu saja tak perlu merogoh kocek dalam-dalam saat harus mentraktir teman Anda saat berulang tahun atau membelikan oleh-oleh saat pergi ke luar kota.
  2. Tidak banyak konflik: Memang tidak ada jenis pertemanan yang bebas dari konflik sepenuhnya. Namun, jika Anda punya lebih sedikit teman, maka konflik yang mungkin timbul tentu akan lebih sedikit daripada saat Anda punya banyak teman. Masalahnya pun cenderung bisa diselesaikan lebih mudah dan cepat.
  3. Lebih akrab: Biasanya, lingkungan pertemanan yang lebih kecil membuat Anda jadi lebih akrab satu sama lain. Anda akan lebih mudah menjaga komunikasi dengan jumlah teman yang lebih sedikit daripada lingkaran pertemanan yang lebih besar.

Coba pertimbangkan kualitas pertemanan yang Anda miliki

olahraga bareng teman

Pada dasarnya, menjalin pertemanan itu tak melulu soal berapa banyak teman yang Anda miliki. Daripada memikirkan jumlah teman yang ideal, yang lebih penting adalah bagaimana cara Anda menjaga kualitas masing-masing pertemanan itu sendiri.

Percuma saja jika Anda punya banyak teman tapi nyatanya tidak ada dampak positifnya bagi kehidupan Anda. Lebih baik punya teman dalam jumlah yang terbatas tapi mereka terus mendorong Anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi, begitu juga sebaliknya.

Akan tetapi, punya sedikit teman juga tak akan ada artinya kalau Anda tetap tidak bisa membuka diri dan berkembang. Terlebih jika Anda termasuk orang yang senang bersosialisasi, maka lingkaran pertemanan Anda tentu akan lebih baik jika terus meluas dari hari ke hari. Jadi, pilihlah teman yang bisa mendukung, menerima, dan ingin berjuang bersama Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca