backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Yakin Dialah Sahabat Sejati Anda? Yuk, Kenali Ciri-cirinya

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 07/09/2023

Yakin Dialah Sahabat Sejati Anda? Yuk, Kenali Ciri-cirinya

Beragam orang datang silih berganti dalam kehidupan Anda. Namun, tidak banyak dari mereka yang mampu terus mendukung Anda layaknya seorang sahabat sejati. Yuk, pahami ciri-ciri sahabat sejati seperti berikut ini.

Mengenal ciri-ciri sahabat sejati

Manusia sebagai makhluk sosial tentu membutuhkan orang lain. Itulah sebabnya, mempunyai teman sejati sepertinya sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap orang.

Mengetahui sejumlah ciri teman yang baik akan membantu Anda untuk menghargai hubungan persahabatan yang sedang dijalani. Terlebih bila hal ini sudah berlangsung lama.

Di samping itu, hal tersebut sekaligus membantu Anda menemukan teman baru yang mungkin akan memberikan lebih banyak makna dalam kehidupan Anda. 

Berikut ini penjelasan dari ciri-ciri sahabat sejati yang sangat penting untuk Anda ketahui.

1. Jujur dan bisa dipercaya

teman yang baik

Seorang teman yang baik umumnya akan jujur dengan apa yang dikatakannya. Mereka memilih untuk berbicara jujur dengan niat yang baik daripada bergosip di belakang Anda.

Selain sifatnya yang jujur, mereka juga bisa dipercaya. Rahasia yang Anda dan teman selalu bicarakan umumnya akan aman dan tidak akan diumbar pada orang lain.

2. Setia dalam suka maupun duka

Proses menemukan sahabat sejati tidak instan. Mereka yang menjalin hubungan ini umumnya telah kenal cukup lama dan hadir pada setiap peristiwa, baik itu suka maupun duka.

Maka dari itu, salah satu ciri sahabat sejati lainnya ialah setia. Mereka tidak akan menjadi support system pada masa-masa sulit saja, tapi juga ikut serta merayakan keberhasilan yang Anda capai.

3. Dapat diandalkan

Teman sejati akan menepati janji. Mereka akan melakukan apa yang dikatakannya sehingga Anda dapat memercayai dan mengandalkannya.

Meski begitu, jangan sampai Anda merasa “ketergantungan” dengan sahabat. Ketahuilah juga bahwa tidak semua permasalahan yang Anda alami bisa mereka selesaikan.

4. Memiliki empati terhadap orang lain

memberi dukungan kepada yang sakit autoimun

Orang lain mungkin akan tak akan peduli dengan keadaan yang sedang Anda alami. Mereka lebih memilih menjauh karena mengganggap hal tersebut bisa menjadi beban bagi dirinya.

Akan tetapi, berbeda dengan teman yang baik yang berempati pada diri Anda. Teman akan melakukan apa pun sebisanya, misalnya dengan menjadi tempat curhat Anda.

5. Pendengar yang baik

Hampir semua orang bisa mendengar, tetapi tidak banyak yang mampu jadi seorang pendengar yang baik. Inilah ciri-ciri sahabat sejati yang membedakan pribadinya dari orang lain.

Sahabat sejati akan memberi ruang untuk berbicara dan mengungkapkan emosi Anda. Mereka juga bisa membantu menemukan sudut pandang baru dari suatu permasalahan.

6. Tidak menghakimi

Teman yang baik tidak akah membuat Anda merasa buruk karena menjadi diri sendiri. Begitu pula sebaliknya, Anda harus memperlakukan teman baik dengan cara yang sama.

Kemampuan tidak menghakimi mencerminkan kemudahan untuk menerima keputusan teman, terlepas dari perbedaan dari setiap orang dalam hubungan pertemanan.

7. Tidak mempersalahkan hal-hal sepele

mengajarkan anak teman baik

Setiap orang memiliki kesibukan, terlebih saat beranjak dewasa. Sahabat yang baik tidak akan mempermasalahkan hal-hal sepele, misalnya ketika Anda sibuk dan tidak bisa diajak kumpul.

Hal ini tentu sulit ditemui bagi mereka yang punya kepribadian drama queen. Permasalahan kecil saja bisa menjadi drama besar yang tentu tidak baik dalam sebuah hubungan.

8. Membawa pengaruh yang baik

Salah satu ciri-ciri persahabatan sejati adalah setiap orang di dalam hubungan ini selalu merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan orang lain.

Hal ini diharapkan akan menular dan membawa pengaruh baik. Selain itu, punya teman dengan kepercayaan diri yang tinggi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda.

9. Merasa nyaman saat menghabiskan waktu bersama

Jika suasana terasa menyenangkan dan Anda nyaman saat menghabiskan waktu bersama, itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda telah menemukan sahabat sejati.

Terkadang, seorang sahabat punya selera humor yang sama dengan Anda. Ini akan membantu Anda menghindari overthinking dan pandangan hidup yang terlalu serius.

Pentingnya memiliki teman yang baik bagi kesehatan

sahabat sejati menjaga kesehatan mental

Seseorang yang menjalin relasi yang sehat dengan orang lain cenderung memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Bahkan, hal ini bisa bertahan dari masa remaja hingga dewasa.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development (2017) menemukan remaja dengan persahabatan yang akrab cenderung memiliki tingkat stres yang rendah.

Tidak hanya itu, remaja yang membina hubungan ini hingga dewasa mengalami gejala depresi dan gangguan kecemasan lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukannya.

Pada dasarnya, memilih teman yang baik bukanlah sesuatu hal sulit. Namun, mempertahankan hubungan pertemanan untuk waktu yang lama tentu menjadi tantangan tersendiri.

Jangan hanya mengharapkan sahabat memperlakukan diri Anda dengan baik, tetapi lakukan pula sebaliknya, baik pada teman maupun orang lain.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 07/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan