Blueberry, Raspberry, dan Blackberry: Mana yang Paling Sehat?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin sudah sering makan berbagai macam buah beri, misalnya blueberry, raspberry, dan blackberry. Ketiga jenis buah-buahan ini memang sering ditemui sebagai pelengkap hidangan yang manis. Blueberry, raspberry, dan blackberry biasanya disajikan sebagai topping es krim, yogurt, bubur oatmeal, atau cake. Tak jarang juga Anda menemui jus atau smoothie dari ketiga buah-buahan beri ini. Namun, apakah Anda bisa membedakan ketiganya?

Di Indonesia sendiri memang buah-buahan tersebut tidak begitu populer. Ketiganya memang bukan jenis buah-buahan asli tanah air. Akan tetapi, seiring dengan tren makanan dari negara-negara barat, kehadiran buah-buahan ini jadi semakin terasa. Nah, Anda harus benar-benar paham perbedaan masing-masing buah dan mana yang paling baik untuk kesehatan Anda. Untuk itu, Hello Sehat telah menghimpun berbagai informasi seputar perbedaan ketiga buah ini. Silakan langsung disimak.

BACA JUGA: Buah Segar vs Buah Kering: Mana yang Lebih Sehat?

Perbedaan blueberry, raspberry, dan blackberry

Meskipun ketiganya adalah buah-buahan beri yang sering disajikan bersamaan, masing-masing buah memiliki ciri-ciri khusus dan khasiat yang berbeda satu sama lain. Perhatikan tiga perbedaan utama blueberry, raspberry, dan blackberry berikut ini.

Bentuk dan warna buah

Cara termudah untuk membedakan ketiga jenis buah ini adalah dari bentuk dan warnanya. Di antara ketiga buah ini, blueberry adalah yang bentuknya paling berbeda. Blueberry berbentuk bundar kecil seperti ceri. Namun, warnanya kalau sudah matang adalah biru tua keunguan.  

Sementara bentuk buah raspberry dan blackberry hampir serupa. Keduanya berbentuk agak bulat kecil dengan tekstur yang tidak rata seperti kumpulan buah anggur mini. Di tengah-tengahnya terdapat rongga yang cukup besar. Perbedaannya adalah raspberry berwarna kemerahan sementara blackberry berwarna hitam.

BACA JUGA: Makan Buah Sebaiknya Sebelum Atau Setelah Makan?

Rasa

Buah blueberry rasanya asam dan agak manis. Rasa asam dari buah ini mirip dengan apel atau pir, bukan jeruk. Buah ini sendiri rasanya mirip dengan buah anggur hijau dan merah, hanya sedikit lebih manis. Raspberry dan blackberry rasanya mirip, yaitu manis dan asam, tapi tidak semanis dan seasam blueberry.  Buah blackberry rasanya agak lebih pahit dan tajam dibandingkan dengan blueberry dan raspberry.

Nutrisi dalam blueberry, raspberry, dan blackberry

Karena tiga buah-buahan beri ini sangat mirip, Anda mungkin jadi ragu ketika ingin memilih satu di antaranya. Supaya Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan gizi serta selera Anda, simak perbedaan nutrisi dalam ketiga buah ini.

Blueberry

Buah ini kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan keremajaan tubuh. Dalam setiap 100 gram buah blueberry, Anda akan mendapatkan vitamin C sebanyak 16% dari kebutuhan harian, vitamin B-6 sebanyak 5%, vitamin A sebanyak 1%, zat besi sebanyak 1%, magnesium sebanyak 1%, kalium sebanyak 2%, dan serat yang cukup tinggi yaitu 9%. Buah ini juga termasuk rendah kalori. Dalam takaran yang sama, Anda hanya akan mengonsumsi 57 kalori.

BACA JUGA: 5 Buah-buahan yang Bikin Kita Kenyang Lebih Lama

Raspberry

Dibandingkan dengan blueberry, raspberry memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Setiap 100 gram raspberry, kadar vitamin C-nya mencapai 43% dari kebutuhan harian Anda dan seratnya juga lebih tinggi, yaitu hingga 28%. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan kandungan zat besi sebesar 3% dari kebutuhan harian, magnesium sebesar 5%, dan kalium sebesar 4%.

Jadi dengan mengonsumsi raspberry, kesehatan tulang dan darah Anda tetap terjaga. Anda juga tidak perlu merasa bersalah kalau makan banyak buah raspberry. Pasalnya, kalorinya lebih rendah dari blueberry, yaitu sejumlah 53 kalori.

BACA JUGA: 6 Buah-buahan dengan Kandungan Tinggi Vitamin C, Selain Jeruk

Blackberry

Meskipun di antara ketiga buah beri ini blackberry rasanya paling pahit dan tajam, kandungan nutrisinya sangat kaya. Rutin mengonsumsi buah ini mampu menangkal kanker dan berbagai penyakit jantung. Pasalnya, di setiap 100 gram blackberry Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian hingga 35%, vitamin A hingga 4%, zat besi hingga 3%, magnesium dan kalium hingga 5%, serta serat sebanyak 20%. Blackberry menjadi juara soal kalori. Dalam takaran yang sama, buah ini menawarkan hanya 43 kalori saja.

Jadi buah beri mana yang terbaik?

Setelah mengetahui berbagai perbedaan dan perbandingan nutrisi blueberry, raspberry, dan blackberry, yang mana yang akan Anda pilih? Pada akhirnya pilihan tersebut jatuh pada kebutuhan Anda. Jika Anda ingin buah beri yang rasanya paling nikmat, blueberry adalah pilihan yang tepat. Namun, kalau Anda ingin mencari buah dengan nutrisi yang paling kaya dan tinggi, raspberry adalah yang terbaik buat Anda. Sementara jika Anda sedang dalam program diet, buah blackberry yang kalorinya paling rendah bisa menjadi solusi ngemil sehat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Jangan sampai berbagai efek samping imunisasi (vaksin) bikin Anda takut apalagi ragu diimunisasi. Pelajari dulu seluk-beluknya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

Pilihan Obat Sakit Gigi Antibiotik dan Apotek yang Ampuh untuk Anda

Obat apa yang Anda andalkan ketika sakit gigi menyerang? Berikut adalah obat sakit gigi paling ampuh yang bisa dijadikan pilihan!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 Oktober 2020 . Waktu baca 13 menit

Alergi Binatang Kucing dan Anjing: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Suka gatal dan bersin saat di dekat hewan berbulu? Bisa jadi itu pertanda Anda alergi binatang seperti kucing atau anjing. Cari tahu di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 15 Oktober 2020 . Waktu baca 8 menit

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Telat haid memang bisa jadi ciri hamil, tapi bisa juga tidak. Jadi berapa lama sejak telat datang bulan bisa menjadi pertanda kehamilan. Cek di sini ya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 14 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pekerjaan rumah tangga saat hamil

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
bikin kopi yang sehat

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
daging ayam belum matang

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
vaksin MMR

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit