5 Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 7 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kondisi saluran telinga bagian dalam yang gatal merupakan masalah yang umum. Hal ini mungkin memicu Anda untukmenggaruk sembari mencungkil ke bagian dalam telinga. Hal itu sangat tidak disarankan untuk dilakukan, karena bisa menyebabkan lecet dan trauma pada saluran telinga. Lalu, kondisi apa yang menjadi penyebab telinga gatal? Bagaimana cara menanganinya?

Penyebab telinga gatal

Penyebab telinga gatal yang paling umum adalah adanya infeksi jamur dan beberapa penyakit kulit seperti psoriasis atau dermatitis kontakĀ . Kadang orang yang punya alergi gatal juga mengeluhkan bagian telinganya ikut gatal.

Rasa gatal tiba-tiba pada telinga, sebetulnya bisa diatasi sendiri dengan menggunakan obat minum antihistamin secara sementara. Meski demikian, kondisi ini bisa menjadi satu indikasi yang mengarah pada adanya infeksi dalam telinga.

Berikut merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab telinga gatal, termasuk juga dengan infeksi:

1. Telinga Anda kering

Ternyata saluran telinga bagian dalam membutuhkan kelembapan tersendiri. Jika telinga Anda kering, akibat produksi lilin atau kelembaban yang tidak cukup, alhasil efeknya pun bisa jadi gatal. Saat telinga tidak memiliki kelembapan yang cukup, terkadang telinga akan mengeluarkan kulit mengelupas sebagai tanda bahwa telinga Anda kurang lembap.

2. Radang di saluran telinga

Radang saluran telinga merupakan kondisi yang terjadi saat kulit di dalam dan sekitar saluran telinga menjadi meradang. Kondisi ini bisa disebabkan akibat reaksi alergi terhadap produk yang Anda gunakan di telinga maupun di area sekitarnya. Contohnya seperti produk perawatan kulit atau bahkan memakai anting yang terbuat dari logam atau plastik.

3. Infeksi saluran telinga bagian luar

Otitis externa atau infeksi pada saluran telinga bagian luar, dapat menjadi salah satu penyebab telinga gatal dan sakit. Hal ini juga biasa dialami oleh atlet renang. Maka tak jarang infeksi telinga jenis ini dapat menyebabkan telinga menjadi merah dan bengkak.

4. Anda pakai alat bantu dengar

Saat Anda menggunakan alat bantu dengar, hal ini bisa menyebabkan air atau benda lain terjebak di dalam telinga. Selain itu, kondisi ini bisa memicu reaksi alergi terhadap alat bantu dengar itu sendiri. Alat bantu dengar yang tidak pas ukurannya juga bisa memberi tekanan pada area telinga tertentu hingga menyebabkan gatal.

5. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit yang menyebabkan seseorang mengalami ruam merah dan gatal di area yang terkena karena proses autoimun. Psoriasis kadang dapat terjadi di bagian tubuh yang terlihat, seperti lengan atau bahkan di dalam telinga. Tak jarang, telinga yang tiba-tiba gatal bisa menjadi salah satu gejala psoriasis di telinga.

Bagaimana cara mengobati telinga gatal?

Jika gatal pada terjadi terus menerus dalam waktu yang lama, baiknya Anda mencari pertolongan medis segera. Temui dokter THT jika gejala gatal Anda tidak membaik seiring dengan melakukan perawatan di rumah, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Dalam penanganan yang dilakukan, biasanya dokter Anda akan memeriksa telinga Anda sambil menanyakan riwayat kesehatan telinga guna membantu mengidentifikasi penyebab tertentu. Dokter juga akan melihat adanya kelebihan kotoran telinga atau adanya kotoran telinga yang sangat dekat dengan gendang telinga.

Setelah itu, Anda akan diberi obat seperti berikut ini:

  • Anda akan diberi salep antibiotik yang akan dioles di area telinga
  • Anda akan diberi minyak bayi untuk melembutkan kulit telinga
  • Anda akan diberi resep salep topikal steroid yang mengurangi peradangan, seperti krim hidrokortison atau krim betametason
  • Dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi telinga gatal
  • Pertimbangkan juga untuk menjadwalkan pertemuan rutin dengan dokter guna melakukan pembersihan telinga. Hal ini dapat meminimalkan cedera akibat salah membersihkan telinga sendiri, sambil membantu menghilangkan kotoran telinga yang berlebihan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Bagi korban KDRT, meninggalkan pasangan yang abusive tak semudah itu. Ini dia alasan korban KDRT bertahan meski hubungannya sarat kekerasan dan kekejaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Perceraian memang bukan sesuatu yang tabu. Tapi keutuhan rumah tangga adalah cita-cita banyak orang. Bagaimana cara menghindari perceraian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Psikologi, Seks & Asmara 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Meski tampaknya selalu bersemangat soal urusan di ranjang, ada banyak juga masalah seks yang dapat mengganggu pria. Yuk, ketahui apa saja!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Meski sedang hamil, ibu tetap direpotkan untuk melakukan pekerjaan rumah. Namun, apakah semua pekerjaan rumah tangga saat hamil aman untuk dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
ukuran otak dewasa berpikir

Apakah Benar Otak Lebih Besar Artinya Lebih Pintar?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
makanan pedas atasi migrain

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
arti warna dahak

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit