Apa Efeknya Kalau Pakai Insulin yang Sudah Kedaluwarsa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Insulin bisa menjadi obat andalan bagi pengidap diabetes untuk membantu mengendalikan gula darah. Namun sama seperti jenis obat lainnya, insulin lama-lama bisa basi. Lantas, apa efeknya jika tetap pakai insulin kedaluwarsa?

Insulin yang sudah kedaluwarsa sebaiknya dibuang

insulin degludec

Semua obat memiliki tanggal kedaluwarsa yang biasanya tertera pada label kemasan. Tanggal kadaluarsa dibuat untuk memberi tahu sekaligus mewanti-wanti pengguna bahwa produk obat tersebut hanya efektif digunakan sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Lewat dari tanggal kedaluwarsa, maka potensi obat yang terkandung di dalamnya akan makin berkurang hingga hilang sama sekali. Tak hanya itu. Perubahan komposisi kimia yang terkandung di dalam obat juga dapat menyebabkan kemunculan efek samping yang berbeda dan tidak diinginkan dalam tubuh Anda.

Begitu pula dengan insulin. Meski tidak semua insulin yang lewat tanggal kedaluwarsa akan pasti rusak, dan ketika dilihat sekilas kondisinya masih tampak bagus, sebaiknya jangan lagi digunakan. Segera buang ke tempat sampah dan belilah persediaan insulin yang baru.

Apa jadinya jika tetap pakai insulin kedaluwarsa?

insulin saat menyusui

Pada dasarnya, memakai obat yang kedaluwarsa membuat zat obatnya jadi kurang manjur untuk mengobati penyakit. Sama seperti insulin.

Tubuh Anda mungkin tidak langsung bereaksi dalam beberapa hari pertama setelah pemakaian insulin kedaluwarsa. Namun, lambat laun insulin yang sudah basi tidak akan bekerja sebaik mestinya untuk menurunkan gula darah. Pada akhirnya bukan mustahil jika pakai insulin kedaluwarsa membuat gula darah Anda makin melonjak naik atau justru naik-turun tidak terkontrol.

Hal ini terjadi karena zat obat insulin telah rusak sehingga efektivitasnya jadi menurun. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu cek dan mengingat tanggal kedaluwarsanya sebelum waktunya memakai.

Cara tepat menyimpan insulin agar tidak cepat kedaluwarsa

efek samping insulin

Insulin harus disimpan dengan cara yang tepat agar tidak cepat kedaluwarsa. Idealnya, insulin yang masih tersegel rapat harus disimpan di dalam kulkas dengan temperatur antara 2-8º Celsius. Selama kemasan belum dibuka, insulin dapat bertahan hingga masa kedaluwarsanya berakhir.

Namun, jangan simpan insulin segel di dalam lemari pembeku (freezer) atau dekat dengan kompartemen freezer. Insulin yang membeku sudah tidak bisa digunakan lagi meskipun nantinya dicairkan.

Jika tidak memungkinkan bagi Anda menyimpan insulin baru (masih tersegel) di dalam kulkas, boleh saja menyimpannya di tempat lain asal pada suhu ruangan. Misalnya di kotak obat di atas meja rias atau di atas meja makan.

Jika  tidak memungkinkan untuk menyimpan insulin yang belum dibuka sama sekali di dalam kulkas, Anda bisa menyimpannya pada suhu ruangan. Namun, insulin yang disimpan pada suhu ruangan (baik yang masih tersegel dan sudah dibuka) hanya dapat digunakan hingga 28 hari. Insulin yang sudah dibuka tidak direkomendasikan untuk disimpan di dalam kulkas.

Beda jenis insulin mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Itu sebabnya, pastikan Anda selalu membaca petunjuk pemakaian dan penyimpanan insulin yang tercantum pada kemasannya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 18, 2018 | Terakhir Diedit: Desember 8, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca