Kenapa Semakin Hari Semakin Banyak Orang Gemuk?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Orang gemuk memang diprediksi memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes mellitus, dan penyakit ginjal. Meskipun hal itu telah menjadi rahasia umum bagi semua orang, tetapi tetap saja semakin banyak orang yang menjadi gemuk. Mengapa saat ini kian banyak orang gemuk?

Mengapa semakin banyak orang gemuk?

Kegemukan atau obesitas bisa dibilang sudah menjadi penyakit yang ‘menular’ di dunia. Memang tidak seperti penyakit infeksi yang dapat ditularkan dengan mudah melalui perantara seperti udara, obesitas menjadi penyakit yang ‘menular’ akibat semakin banyak orang yang tidak peduli dengan apa yang dia makan, bagaimana pola makannya, dan tidak memikirkan kapan mereka harus berolahraga.

Tanpa disadari, gaya hidup yang tidak sehat dan sedenter dianut oleh banyak orang. Tidak lagi orang dewasa, bahkan anak-anak yang masih kecil pun rentang mengalami obesitas. Kebanyakan dari mereka tidak menyadari atau bahkan menyangkal jika dirinya gemuk.

Tidak percaya? Coba saja jujur, seberapa sering Anda mengatakan dengan jujur angka timbangan berat badan Anda saat ini ketika ditanya oleh orang lain. Jika jawabannya jarang, maka Anda termasuk orang yang menyangkal bahwa diri Anda gemuk. Penyangkalan ini membuat Anda semakin tidak sadar dengan kondisi Anda saat ini.

Apa yang menyebabkan orang gemuk tidak menyadari ia sudah kegemukan?

Berbagai penelitian yang meneliti terkait obesitas dan berat badan berlebih menemukan jika banyak peserta penelitian yang tak menyadari bahwa mereka mengalami overweight atau obesitas.

Beberapa di antaranya menyatakan bahwa mereka tidak merasa ada yang aneh atau bermasalah pada citra tubuhnya. Sebagian lagi menjadi gemuk akibat pola hidup dari kecil yang kurang baik, kemudian orang-orang di sekitarnya tidak mempermasalahkan ukuran tubuhnya saat itu, sehingga mereka tidak menganggap gemuk adalah suatu masalah.

Akibatnya, mereka pun gemuk hingga dewasa dan tidak menyadari juga bahwa mereka berisiko tinggi untuk mengalami penyakit kronis. Sedangkan sedikit di antaranya memang tidak memiliki pengetahuan tentang kegemukan sama sekali, sehingga tidak tahu jika dirinya gemuk.

Bagaimana agar kita terhindar dari kegemukan yang tidak disadari?

Memiliki tubuh gemuk, tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh dan mental Anda. Tanpa Anda sadari, fungsi tubuh akan berubah ketika semakin banyak lemak yang menumpuk di dalamnya. Oleh karena itu, Anda harus terus memantau serta mengukur terus timbangan berat badan serta lingkar pinggang Anda.

Mengapa menimbang berat badan itu penting? Sebab, dengan begitu Anda akan tahu perubahan berat badan Anda selama ini. Bahkan sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa orang yang setiap hari menimbang berat badan mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak dan cepat ketimbang yang tidak melakukannya. Tentu saja hal ini akan membuat Anda sadar akan status gizi Anda saat itu – dengan menghitung indeks massa tubuh.

Selain itu, lingkar pinggang bisa Anda gunakan untuk memprediksi seberapa besar kadar lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Meskipun lemak ditumpuk di berbagai bagian tubuh, namun salah satu penyimpanan utamanya adalah di bagian perut dan pinggang. Ketika lingkar pinggang Anda lebih dari 88 cm (wanita) atau 102 cm (laki-laki), ini menandakan bahwa Anda mengalami obesitas dan memiliki risiko tinggi untuk mengalami penyakit kronis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

Sedang mengalami masa sulit yang seakan mengisap energi dan pikiran Anda ke dalam lubang hitam? Psikoterapi bisa membantu Anda mencari solusinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 20/06/2020 . 5 menit baca

Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

Mata plus sering dikenal sebagai penyakit orang tua. Padahal banyak juga kasus mata plus pada anak. Baca terus dan pelajari berbagai penyebab dan gejalanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 20/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
mual karena gugup

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . 6 menit baca