Obat Kuat Bisa Mengganggu Penglihatan Bila Diminum Sembarangan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24/02/2020 . 5 mins read
Bagikan sekarang

Obat kuat sama seperti obat pada umumnya yang memiliki efek samping. Efek samping obat tersebut  bisa berbeda-beda pada setiap pria, mulai dari sakit perut, sakit kepala ringan, hingga mengganggu penglihatan. Pada kasus yang langka, obat kuat bahkan bisa menimbulkan efek aneh yang membuat Anda melihat warna kebiruan.

Hal ini disebutkan dalam sebuah laporan pada jurnal Frontiers in Neurology. Laporan tersebut mengungkapkan bahwa gangguan mata terkait obat kuat bisa beragam bentuknya. Setiap pria mungkin juga mengalami gangguan dalam durasi dan tingkat keparahan yang berbeda. Lantas, apakah efek samping ini berbahaya?

Obat kuat mengganggu penglihatan dengan berbagai cara

efek samping obat kuat

Pada jurnal tersebut, dilaporkan ada 17 pria di Turki yang memeriksakan diri ke rumah sakit karena mengalami gangguan penglihatan. Mereka diketahui telah meminum obat kuat mengandung sildenafil dalam kurun waktu 24 jam sebelumnya.

Gangguan yang mereka alami antara lain penglihatan kabur, meningkatnya sensitivitas mata terhadap cahaya, serta berkurangnya jarak penglihatan. Tidak hanya itu, mereka juga mengeluhkan munculnya warna kebiruan yang tajam ketika melihat.

Fenomena ini dikenal sebagai cyanopsia. Selain melihat warna kebiruan, beberapa pria juga melihat warna merah dan hijau sebagai kecokelatan. Kondisi ini mirip dengan buta warna sebagian, kendati tidak ada satu pun pasien yang menderita penyakit keturunan tersebut.

Kandungan sildenafil pada obat kuat memang memicu efek samping yang mengganggu penglihatan. Akan tetapi, efek samping tersebut biasanya akan hilang setelah 3-5 jam. Efek samping seperti yang dilaporkan dalam jurnal tersebut terbilang cukup langka.

Setahun sebelumnya, beberapa peneliti di Amerika Serikat menemukan kasus seorang pria yang mengalami gangguan penglihatan setelah mengonsumsi satu botol sildenafil cair. Pria tersebut mengeluhkan adanya bercak berbentuk donat setiap kali ia melihat.

Efek samping obat kuat sebetulnya terbilang ringan dan bisa menghilang dengan cepat. Ketujuhbelas pria yang mengalami cyanopsia pun akhirnya pulih setelah 21 hari. Meski begitu, konsumsi obat kuat secara sembarangan mungkin dapat meningkatkan risiko gangguan penglihatan yang lebih parah.

Mengapa obat kuat bisa mengganggu penglihatan?

ejakulasi orgasme gangguan penglihatan
Sumber: Men’s Health

Sildenafil digunakan untuk mengatasi disfungsi ereksi dengan cara menghambat fungsi enzim yang disebut phosphodiesterase 5 (PDE5). Hal ini memicu pelebaran pembuluh darah dan peningkatan aliran darah menuju penis sehingga penis dapat mengalami ereksi lebih lama.

Namun, sildenafil juga menghambat fungsi enzim phosphodiesterase 6 (PD6) yang ada pada retina. Retina adalah jaringan di belakang mata yang berfungsi menerima cahaya. Terhambatnya enzim PD6 diduga akan memicu penumpukan molekul yang bersifat racun bagi sel-sel retina.

Para peneliti belum memahami mengapa kondisi ini tidak selalu terjadi pada pengguna obat kuat. Mereka meyakini mungkin ada orang-orang yang tidak dapat menguraikan sildenafil dengan baik. Akibatnya, sildenafil menumpuk dalam darah dengan dosis yang besar.

Hanya saja, tidak diketahui siapa yang lebih rentan mengalami efek samping tersebut. Ini sebabnya setiap pria yang hendak meminum obat kuat disarankan memulai dengan dosis yang kecil agar terhindar dari risiko efek samping yang mengganggu penglihatan.

Semua pria dalam laporan tersebut baru pertama kali meminum sildenafil dan mereka mengikuti anjuran dosis tertinggi yang disarankan, yakni 100 miligram. Padahal, dosis aman yang dianjurkan adalah 50 miligram, baru kemudian ditambah berdasarkan reaksi tubuh pasien.

Dr. Cüneyt Karaarslan, penulis laporan tersebut serta dokter di Rumah Sakit Dünyagöz Adana, Turki, menyatakan bahwa obat kuat memang bisa meningkatkan fungsi seksual. Namun, konsumsi secara sembarangan justru dapat menimbulkan dampak merugikan.

Cara aman mengonsumsi obat kuat

efek samping viagra

Obat kuat yang dikonsumsi berlebihan tidak hanya dapat mengganggu penglihatan, tapi juga menimbulkan efek samping ringan hingga parah. Kabar baiknya, ada sejumlah tips yang bisa Anda lakukan guna mengurangi risiko tersebut, yakni:

  • Jangan mengonsumsi obat kuat lebih dari satu tablet dalam 24 jam.
  • Jangan meminum obat kuat dan obat mengandung nitrat secara bersamaan.
  • Jangan meminum dua atau lebih jenis obat kuat sekaligus.
  • Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum obat kuat.
  • Ikuti anjuran dosis sebesar 25-50 miligram. Jangan meminum obat dalam dosis 100 miligram kecuali dokter menyarankan demikian.
  • Segera periksakan diri jika Anda mengalami pusing, mual, nyeri, serta sensasi menggelitik pada dada, lengan, atau rahang.
  • Segera periksakan diri jika Anda mengalami reaksi alergi atau gangguan penglihatan.
  • Segera periksakan diri jika Anda mengalami ereksi selama lebih dari empat jam.
  • Belilah obat kuat dari apotek yang tepercaya.

Sildenafil dalam obat kuat dapat memicu deretan efek samping, termasuk mengganggu penglihatan pada beberapa orang. Dengan mengonsumsi sildenafil sesuai aturan, Anda dapat memperoleh manfaatnya bagi fungsi seksual tanpa dampak yang buruk bagi kesehatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Virus Baru Ditemukan di Brasil, Dipastikan Tidak Menginfeksi Manusia

Beberapa ilmuwan di Brasil telah mengidentifikasi yaravirus yang disebut-sebut menjadi temuan baru dalam dunia sains. Apakah virus ini berbahaya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Berita Luar Negeri, Berita 13/02/2020 . 6 mins read

Cara Mendiagnosis COVID-19 pada Tubuh Manusia

Novel coronavirus (COVID-19) dari China kian menyita perhatian dunia. Bagaimana cara tenaga medis melakukan diagnosis terhadap novel coronavirus?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 22/01/2020 . 6 mins read

Obesitas Pada Anak Bisa Memengaruhi Perkembangan Otaknya

Obesitas bisa menimbulkan berbagai dampak jangka panjang bagi kesehatan, termasuk memengaruhi perkembangan otak anak. Apakah ini berbahaya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Anak, Parenting 22/01/2020 . 4 mins read

Novel Coronavirus Sudah Mencapai AS, Dipastikan Menular Antarmanusia

Setelah menyebar ke Thailand, Jepang, dan Korea Selatan, penularan coronavirus dari China kini menyebar antarmanusia ke Amerika Serikat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 22/01/2020 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

wangi mengingatkan kenangan

Wangi Tertentu Ternyata Dapat Mengembalikan Ingatan Masa Lalu, Lho!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020 . 4 mins read
pewarna rambut kanker payudara

Pewarna Rambut Permanen Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020 . 5 mins read
susu murni mencegah obesitas

Dibanding Susu Rendah Lemak, Susu Murni Lebih Ampuh Mencegah Obesitas pada Anak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 03/04/2020 . 4 mins read
manfaat kedekatan ibu dan anak

Manfaat Kedekatan Ibu dan Anak: Bisa Terhindar dari Risiko Kekerasan Hubungan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25/02/2020 . 4 mins read