Menghentikan Lagu yang Terngiang-ngiang di Dalam Kepala

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sesaat setelah mendengarkan lagu yang sangat catchy, bahkan jika kita merasa lagu tersebut menyebalkan, terkadang lagu itu “tersisa” di pikiran kita. Kita seperti terbayang-bayang dengan nadanya, liriknya, bahkan hingga suara alat musik, atau backsound dari penyanyi latarnya. Seringnya, lagu itu seperti terjebak dan tidak mau keluar dari pikiran kita. Itulah yang dinamakan earworm. Hmm, itu normal tidak, ya?

Apa itu earworm?

Earworm, atau “ohrwurm” dalam bahasa Jerman, adalah fenomena ketika sepotong musik terngiang dalam benak kita dan tidak bisa hilang dengan sendirinya seperti kaset rusak.

James J. Kellaris, seorang PhD dari University of Cincinnati, melakukan penelitian terhadap 559 pelajar di Amerika dan menemukan 10 daftar lagu yang paling banyak menyebabkan earworm, di antaranya “Who Let the Dogs Out” dan “We Will Rock You”.

Para pelajar tersebut juga menyatakan bahwa lagu yang menyebabkan earworm 15% berasal dari jingle iklan dan 11% adalah lagu instrumental. Hal ini sesuai dengan faktor yang dapat menyebabkan earworm, yaitu lagu dengan lirik yang berulang, nada yang catchy, ritme yang tidak biasa.

Kalau earworm sudah sangat mengganggu, bagaimana cara mengusirnya?

Terkadang lagu yang terngiang-ngiang di kepala adalah jingle iklan yang diputar berulang-ulang di televisi, atau lagu populer yang sebenarnya Anda benci. Tentu menyebalkan jika seharian lagu tersebut terus berputar di dalam kepala, membuat Anda tak bisa konsentrasi. Jika sudah begitu, ada beberapa cara untuk menghentikannya.

1. Makan permen karet

Menurut penelitian dari Philip Beaman dan kolega, memakan permen karet dapat merangsang lidah, gigi, dan organ yang memicu keluarnya kata-kata untuk mengurangi kerja otak dalam membentuk memori musik dan suara.

2. Mengeluarkan suara

Victoria Williamson dari University of Sheffield menyatakan bahwa membuat otak “sibuk” dapat mengurangi efek dari earworm. Pekerjaan seperti membaca doa, puisi, atau menyanyikan lagu yang benar-benar berbeda dari yang muncul di pikiran kita dapat secara efektif mengurangi earworm.

3. Memfokuskan diri pada hal lain

Mencoba mengingat jadwal hari ini, review mata kuliah di pagi kemarin, atau pekerjaan berpikir lainnya dapat menjadi cara ampuh untuk mengurangi efek earworm. Kunci utama dari hal ini adalah tidak mencobanya terlalu keras dan terlalu santai, menurut Ira Hyman, professor psikologi di Western Washington University

4. Mendengarkan lagunya, dari awal hingga akhir

Karena di dalam fenomena earworm biasanya yang terus berputar di dalam kepala hanyalah sepenggal atau satu bagian lagu saja, coba dengarkan semua lagunya, dari awal hingga benar-benar tuntas.

Apakah earworm berbahaya?

Menurut Kellaris pada konferensi Consumer Psychology, 97%-99% orang di dunia memiliki kecenderungan untuk mengalami earworm. Jadi tentunya hal ini sangat normal terjadi pada setiap orang.

Tidak perlu khawatir jika earworm menghantui hidup Anda, namun, jika Anda mendengar lagu (bukan terngiang dalam pikiran) walaupun sebenarnya tidak ada yang memasang lagu tersebut, Anda perlu menghubungi psikolog. Ada fenomena yang disebut sebagai endomusia, suatu obsesi yang menyebabkan orang mendengar musik yang sebenarnya tidak diputar.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

5 Penyebab Telinga Gatal dan Cara Mengobatinya

Jika telinga Anda gatal, jangan digaruk atau dicungkil dengan jari. Ketahui dulu, penyebab telinga gatal, baru Anda akan tahu bagaimana cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 7 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Efek Samping Aromaterapi yang Harus Diwaspadai

Terlepas manfaatnya bagi tubuh, romaterapi ternyata menyimpan efek buruk yang dapat merugikan kesehatan. Simak efek samping aromaterapi berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Komplikasi Asam Urat yang Berbahaya untuk Kesehatan dan Perlu Diwaspadai

Asam urat Anda sering kambuh? Yuk, segera obati. Jika tidak, hal ini bisa memicu komplikasi akibat asam urat yang bahaya bagi tubuh. Apa saja itu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Arthritis (Radang Sendi), Kesehatan Muskuloskeletal 6 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Jangan Salah, Kenali Perbedaan antara Rematik dan Asam Urat

Rematik dan asam urat adalah dua penyakit beda, yang sama-sama bikin nyeri sendi. Apa saja perbedaan asam urat dan rematik?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Arthritis (Radang Sendi), Kesehatan Muskuloskeletal 6 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

alergi bawang putih

Kenapa Ada Orang yang Mengalami Alergi Bawang Putih dan Bisakah Diobati?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
apa itu intuisi

Dari Mana Datangnya Intuisi? Dan Kenapa Harus Kita Turuti?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
bra kawat

Mana yang Lebih Sehat Buat Payudara: Bra Biasa Atau Berkawat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
eksim kering dan eksim basah

Apa Bedanya Eksim Basah dan Eksim Kering?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit