Ini Alasan Kenapa Kita Tertawa Saat Digelitik

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda seseorang yang mudah merasa geli? Terkadang, seseorang memiliki sensitivitas terhadap sentuhan yang tinggi. Beberapa bagian tubuh, seperti ketiak, perut dan leher jika tersentuh terkadang membuat Anda terlonjak geli. Anda juga akan merasa geli saat seseorang menggelitik Anda. Tapi pernahkah Anda menyadari saat merasa geli Anda justru malah tertawa? Tak jarang seseorang tertawa sampai menangis saat merasa kegelian amat sangat. Apa alasan Anda tertawa karena geli? Apakah karena sesuatu yang lucu?

BACA JUGA: Ibu Hamil, Sering Ngompol Setiap Tertawa Dan Batuk? Ini Cara Mengatasinya

Mengapa kita tertawa karena geli?

Terdapat dua jenis ‘fenomena’ geli, yaitu:

  • Gargalesis: kondisi ini adalah di mana Anda sangat geli hebat, sehingga akhirnya tertawa. Titik sensitif pada tubuh yang memiliki potensi merasakan rasa geli yang hebat adalah ketiak dan perut
  • Knismesis: rasa geli ini cenderung ringan, Anda cenderung merasa sensasi gatal daripada memicu tawa

Mengapa kita bisa merasakan sensasi geli? Saat ujung saraf di lapisan epidermis (lapisan kulit) distimulasi oleh sentuhan, saraf tersebut akan memberikan sinyal pada sistem saraf di otak. Penelitian yang dikutip oleh situs Mental Floss menemukan ada dua area di otak yang membuat munculnya sensasi geli. Pertama adalah korteks somatosensori, yaitu daerah yang bertanggung jawab menganalisis sentuhan. Kedua adalah korteks cingulate anterior, yaitu yang berperan dalam menciptakan rasa menyenangkan. Jadi, saat Anda mendapatkan sentuhan yang ringan,  korteks somatosensori  dan korteks cingulate anterior menciptakan sensasi itu sebagai rasa geli.

Tertawa ternyata adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh

Sebuah studi lain yang menggunakan functional magnetic resonance imaging machines (fMRI) menunjukkan tertawa karena lelucon dan tertawa saat geli dapat mengaktifkan area di otak yang bernama Rolandic Operculum.

Terdengar asing ya? Rolandic Operculum bertugas untuk mengontrol gerakan wajah serta reaksi suara dan emosi kita. Tidak hanya itu, tertawa karena geli dapat mengaktifkan hypothalamus – bagian otak yang mengatur respon terhadap antisipasi rasa sakit. Jadi, saraf dapat mengirimkan sinyal sentuhan ringan pada berbagai bagian otak. Beberapa ilmuwan menyimpulkan bahwa tertawa karena geli bisa dikatakan sebagai sinyal alami dari bentuk perlawanan kita. Hal ini seperti tubuh Anda belajar untuk melindungi diri dari serangan.

Perlu diingat bahwa kita memiliki kemampuan alami untuk melindungi diri. Selain itu, tertawa dapat mengurangi tekanan dari ‘serangan’ geli tersebut, juga dapat menghindarkan kita dari terluka. Area tubuh yang paling geli saat digelitik biasanya paling rentan juga mendapatkan cedera.

BACA JUGA: Untuk Apa Gas Tawa Digunakan Dalam Keperluan Medis?

Menggelitik bisa menguatkan ikatan ibu dan bayi

Anda mungkin kesal pada seseorang yang menggelitik Anda sampai geli. Rasanya memang menyebalkan, ingin sekali balas membuat orang tersebut geli. Tapi tahukah Anda bahwa menggelitik dapat menciptakan ikatan antara ibu dan bayi? Ya, menurut Robert Provine, ilmuwan saraf di University of Maryland, Baltimore County dan penulis buku Laughter: A Scientific Investigation, yang dikutip situs Mental Floss, menggelitik merupakan salah satu jalan awal terbentuknya komunikasi antara ibu dan bayi.

Tapi, kenapa kita tidak bisa membuat geli diri sendiri?

Saat kita melakukan aksi menggelitik diri sendiri, tentu Anda tidak akan merasakan geli. Ada bagian otak yang disebut cerebellum, yaitu yang berlokasi di bagian belakang otak dan berfungsi untuk mengatur gerakan. Dengan kata lain, Anda bisa memprediksi gerakan yang akan dilakukan. Begitu juga saat akan menggelitik diri sendiri, Anda sudah dapat memprediksinya, sehingga sinyal peringatan muncul pada otak, otak pun menyuruh kita untuk waspada saat mendapat serangan tersebut.

Tapi, kan kita juga bisa waspada pada serangan dari orang lain? Tentu Anda bisa waspada, ada beberapa sentuhan ringan biasa yang tidak menimbulkan geli juga. Tapi tidak semua sentuhan dari orang bisa Anda tebak gerakannya. Sedangkan sentuhan ringan dari jari sendiri benar-benar dapat ditebak.

Sentuhan jari sendiri tidak menarik perhatian otak Anda, jadi otak pun mengabaikan informasi tersebut, sehingga informasi tersebut tidak masuk ke dalam kesadaran Anda. Ini dikaitkan dengan pelemahan sensorik. Otak mengidentifikasinya sebagai informasi yang tidak penting, bukan sesuatu yang memerlukan konsentrasi khusus.

BACA JUGA: Sst… Orang Lain Tahu Kalau Anda Hanya Tertawa Basa-basi

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Begini Akibat Jika Anda Terlalu Sering Menahan Kencing

Kebiasaan seseorang menahan kencing dapat memberikan akibat yang serius yaitu munculnya penyakit dalam sistem urologi. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Urologi 7 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Perut Begah Akibat Makan Kekenyangan? Ini Cara Cepat Mengatasinya

Setelah makan kekenyangan, Anda baru akan merasakan efeknya, yaitu perut begah. Rasanya sungguh tidak nyaman, kan? Segera redakan dengan tips-tips ini!

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 2 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Apa Bedanya Obat yang Diminum Setelah Makan dan Sebelum Makan?

Jika Anda minum obat, pasti ada ketentuan minumnya, minum obat setelah makan, atau malah sebelum makan. Memang, apa bedanya?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 2 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Banyak Pria Punya Fantasi Seks Bercinta Bertiga (Threesome)?

Pernah berkhayal bagaimana rasanya bercinta bertiga? Misalnya dengan dua wanita atau dua pria? Meski tabu, tak sedikit orang yang punya fantasi threesome.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Seks & Asmara 1 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

nyetrum ketika disentuh

Mengapa Ada Orang yang Nyetrum Ketika Disentuh?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 September 2020 . Waktu baca 4 menit
minum kopi masih ngantuk

Sudah Minum Kopi Tapi Masih Ngantuk, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit
susu kefir

6 Manfaat Susu Kefir yang Ternyata Menyehatkan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit
roh keluar dari tubuh astral projection

Roh Keluar dari Tubuh Saat Tidur (Astral Projection): Fenomena Klenik Atau Kondisi Medis Nyata?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit