Memahami Mati Gancet dari Sudut Pandang Medis

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/12/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Gancet adalah keadaan di mana penis terjebak di dalam vagina ketika penetrasi seks sedang berlangsung. Dalam ranah medis, gancet lebih dikenal dengan istilah penis captivus. Banyak yang percaya gancet bisa menyebabkan kematian, sampai-sampai muncul istilah khusus yaitu mati gancet.

Namun, kebanyakan pemberitaan yang muncul di media tidak benar-benar mengulas penyebab kematian dari sisi medis. Akibatnya, siapa pun bisa mengambil kesimpulan bahwa gancet bisa sebabkan kematian. Untuk meluruskan pemahaman masyarakat seputar mati gancet, simak penjelasan ilmiahnya berikut ini.

Bagaimana gancet bisa terjadi?

Di berbagai belahan dunia, fenomena langka ini sering kali dikaitkan dengan kasus-kasus hubungan seks gelap. Misalnya pada pasangan yang berselingkuh atau belum terikat hubungan pernikahan. Pada kenyatannya, sejumlah penelitian dan studi kasus membuktikan bahwa penis captivus atau gancet bisa terjadi pada siapa saja.

Menurut dr. John Dean, seorang ahli kesehatan seksual asal Inggris, gancet bisa terjadi saat otot-otot panggul bawah wanita yang terletak pada area vagina berkontraksi sangat kuat ketika penis berada dalam vagina. Karena kontraksi tersebut, vagina pun jadi lebih rapat dan menjebak penis di dalamnya. Ketika terjebak, darah akan mengalir lebih deras menuju batang penis. Akibatnya, penis akan makin membesar dan mengalami ereksi hebat. Hal ini membuat organ intim laki-laki tersebut jadi makin susah keluar dari vagina.  

Mati gancet menurut pandangan medis

Sampai saat ini fenomena mati gancet belum banyak dibahas oleh para tenaga kesehatan sehingga informasinya masih sangat terbatas. Belum ada laporan medis yang mencatat bahwa gancet itu sendiri bisa menyebabkan kematian.

Pada kasus-kasus gancet yang dilaporkan, biasanya justru salah satu pasangan meninggal karena serangan jantung atau stroke. Kematian saat berhubungan seks membuat penis yang masih dalam keadaan ereksi jadi sulit ditarik keluar. Ini karena penis masih terjepit otot-otot panggul bawah pada dinding vagina yang berkontraksi hebat. Padahal untuk menarik penis yang ereksi keluar dari vagina, Anda membutuhkan kesadaran untuk mengendalikan anggota tubuh.

Maka, mati gancet lebih tepat jika dimaknai sebagai kematian yang berujung pada gancet, bukan gancet yang menyebabkan kematian. Pasalnya, gancet sendiri merupakan kondisi yang bisa disembuhkan atau diatasi dengan risiko komplikasi yang minim.

Yang bisa dilakukan kalau terjadi gancet

Gancet biasanya hanya berlangsung selama kira-kira 10 menit. Setelah itu, otot-otot panggul bawah wanita akan melemas sendiri dan melepaskan penis. Ereksi penis juga akan berangsur-angsur menghilang karena darah yang tadinya berkumpul di daerah intim mulai mengalir ke bagian tubuh yang lain.

Untuk mempercepat proses pelemasan otot panggul bawah dan penis, jangan panik dan cobalah untuk memikirkan hal-hal yang bisa memadamkan gairah seks Anda. Jika tak berhasil juga, Anda perlu mencari bantuan medis gawat darurat. Dokter akan menyuntikkan obat yang biasanya digunakan untuk ibu bersalin. Obat tersebut akan memicu bukaan pada rahim dan vagina.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

Sedang mengalami masa sulit yang seakan mengisap energi dan pikiran Anda ke dalam lubang hitam? Psikoterapi bisa membantu Anda mencari solusinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 20/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

mitos hepatitis C

Kenali Mitos Seputar Hepatitis C yang Perlu Diketahui Kebenarannya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 27/06/2020 . 5 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca