Sedang Sakit Flu? Tahukah Anda Menderita Jenis Flu yang Mana?

Oleh

Hampir semua orang pasti pernah sakit flu, tetapi sebagian besar dari mereka sering kali meremehkan dan tidak menganggap bahwa sakit flu itu berbahaya. Padahal, tahukah Anda ternyata ada sekitar 3.000 sampai 49.000 orang di dunia yang meninggal akibat sakit flu?

Flu tidak boleh diremehkan begitu saja, karena sebenarnya flu atau influenza terbagi dalam beberapa jenis penyakit dan masing-masing penyakit memiliki risiko dan dampak buruk bagi tubuh. Apa saja jenis penyakit flu atau influenza tersebut?

Jenis penyakit flu atau influenza

Penyakit flu atau influenza terbagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan virus yang menyebabkan penyakit ini terjadi. Ada tiga jenis virus yang menyebabkan seseorang mengalami sakit flu, yaitu tipe A, tipe B dan tipe C.

Virus flu tipe A

Virus tipe A adalah virus yang mampu menginfeksi manusia dan berbagai hewan, seperti burung, babi, kuda, dan beberapa jenis hewan lain. Tetapi burung liar adalah tempat hidup alami dari virus ini. Tipe virus ini dapat menyebabkan penyakit influenza atau flu menjadi pandemik, atau menginfeksi sebagian besar masyarakat dan menyebar ke berbagai daerah sehingga menyebabkan kejadian luar biasa. Virus tipe A dibagi menjadi dua berdasarkan jenis protein yang dimilikinya, yaitu hemagglutinin (HA) dan neuraminidase (NA). Saat ini terdapat 15 jenis virus HA dan 9 jenis virus NA yang diketahui.

Banyaknya virus yang ditularkan oleh hewan saat ini, diakibatkan karena hewan-hewan tersebut terinfeksi virus tipe A. Contohnya flu burung yang sempat menjadi wabah dan ditakutkan oleh penduduk dunia. Tidak hanya itu, virus flu tipe A juga dianggap sebagai virus flu yang paling berbahaya, karena bisa bermutasi dan bergabung dengan virus lain kemudian menjadi tipe virus baru.

Penyebaran virus tipe A dapat terjadi melalui kontak tubuh yang terjadi dengan orang yang terinfeksi, melalui air liur penderita, atau tertular ketika penderita bersin.

Virus flu tipe B

Tidak sama seperti virus tipe A, tipe B hanya dapat menginfeksi manusia saja dan biasanya tidak menimbulkan gejala yang parah seperti virus tipe A, tetapi tetap saja berbahaya. Virus tipe B menyebabkan epidemik, yaitu dapat menularkan dan ditularkan, tetapi virus ini tidak menyebabkan penyakit menyebar dengan cepat dan meluas ke daerah lain.

Virus tipe C

Virus tipe C adalah virus dengan tingkat infeksi yang paling rendah dibandingkan dengan jenis virus flu lainnya, sehingga tidak menyebabkan sakit flu yang parah. Selain itu, virus tipe C juga tidak menyebabkan epidemik, yaitu kondisi penyebaran virus yang cepat dari orang ke orang. Sangat jarang ada pasien yang mengalami komplikasi akibat terinfeksi virus ini, tetapi jika memang virus tipe C tidak ditangani dengan baik maka pasien tersebut berisiko untuk mengalami pneumonia dan bronkitis.

Bagaimana caranya agar saya dan keluarga tidak mengalami sakit flu?

Jika Anda atau anggota keluarga lain mengalami sakit flu, jangan diremehkan sama sekali. Karena seseorang yang sakit flu dan tidak ditangani dengan baik bisa saja mengalami infeksi telinga, sinusitis, gagal jantung, asma, atau diabetes mellitus.

Anda bisa mencegah virus flu menginfeksi tubuh dengan cara menjaga kebersihan diri, keluarga, dan lingkungan. Hal ini termasuk dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menutup mulut dan hidung ketika sedang bersin, serta melakukan vaksinasi untuk menjaga diri dari infeksi virus flu.

Selain itu, menggunakan masker juga merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit flu. Penggunaan masker yang benar dan baik dapat menurunkan kejadian penyakit flu hingga 70%, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Annals of International Medicine.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca