8 Fakta Penting Tentang Sperma yang Perlu Anda Ketahui

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda pasti sudah mengetahui bahwa sperma memiliki peran penting untuk kehamilan. Apakah Anda tahu bahwa setengah kode genetik anak dibawa oleh sperma? Ada banyak fakta mengenai sperma yang bisa membantu Anda dan pasangan untuk memiliki bayi yang sehat.

Fakta mengenai sperma yang perlu Anda tahu

1. Perbedaan sperma dan air mani

Banyak orang menggunakan kedua istilah sperma dan air mani secara bergantian. Namun, sebenarnya sperma dan air mani merupakan substansi atau zat yang berbeda. Sel sperma adalah satu bagian dari air mani dan hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop. Sedangkan air mani adalah cairan keputihan dan kental yang dikeluarkan oleh penis. Air mani juga mengandung fruktosa dan protelitik untuk membantu sperma menuju sel telur.

2. Bentuk sperma

Selama ini secara umum sperma diketahui memiliki kepala berbentuk oval dan ekor yang panjang. Namun sebenarnya masing-masing sperma berbeda. Ada sperma yang memiliki dua kepala, kepala besar, kepala kecil, beberapa ekor, ekor yang bengkok.

3. Usia sperma

Pria membutuhkan waktu dua bulan untuk memproduksi sperma. Produksi sperma adalah hal yang rutin terjadi pada tubuh pria, namun proses penuhnya akan memakan waktu dua bulan. Selain itu, sperma bisa hidup di dalam tubuh wanita setelah masuk lewat hubungan seksual selama dua sampai lima hari, tergantung pada siklus menstruasi wanita.

4. Gerakan sperma

Setiap ejakulasi pria, ada 200 juta sperma yang keluar. Meskipun sperma memiliki zat kimia yang bisa mengarahkan sperma untuk mendekati sel telur, namun seringkali sperma tidak ‘patuh’ pada zat kimia tersebut. Banyak sperma yang hanya berputar-putar dan tidak mencari sel telur.

5. Kalori

Apakah Anda mengira bahwa sperma hanyalah zat yang berfungsi untuk membuahi sel telur dan melakukan reproduksi? Fakta mengenai sperma yang Anda harus tahu adalah bahwa sperma ternyata mengandung lemak, kalori, dan bahkan kolesterol. Satu sendok makan sperma mengandung 20 kalori.

6. Sperma sehat

Untuk memiliki sperma yang sehat, sangatlah penting untuk menjaga temperatur testis. Temperatur testis harus tujuh derajat lebih rendah dibandingkan dengan temperatur tubuh. Jadi penting untuk Anda para pria, untuk menghindari memakai celana yang terlalu ketat, sering menyilangkan kaki, atau menggunakan alat di sekitar testis yang bisa membuat temperaturnya meningkat.

7. Nilai nutrisi

Apakah Anda tahu bahwa cairan sperma dan semen ternyata sangat bernutrisi. Sperma tidak hanya kaya akan protein dan karbohidrat. Namun juga mengandung zat seng, lemak, dan kalsium yang bisa mencegah pengeroposan gigi. Sperma juga merupakan sumber protein yang sangat baik.

8. Kromosom

Fakta mengenai sperma yang perlu Anda tahu adalah beberapa sperma membawa kromosom X (perempuan), sementara yang lainnya membawa kromosom Y (laki-laki). Sperma dengan kromosom Y cenderung bergerak lebih cepat, namun sperma dengan kromosom X lebih kuat dan dapat bertahan hidup lebih lama di tubuh wanita.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa yang Terjadi Pada Bayi Jika Ibu Stres Saat Hamil?

Stres saat hamil memang normal. Tetapi jika ibu hamil mengalami stres hingga mengganggu aktivitasnya, dampak stres tersebut bisa memengaruhi janin.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Perkembangan Janin, Kehamilan 15 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Pahami Faktor Penentu Persalinan Caesar sebagai Persiapan Sambut si Kecil

Apakah Ibu sudah menentukan metode persalinan yang akan dilakukan? Simak tentang persalinan normal, alasan di balik keputusan operasi caesar dan prosesnya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
potret pasangan diskusi tentang persalinan normal dan caesar
Melahirkan, Kehamilan 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenali Gejala dan Bahaya Tekanan Darah Tinggi Setelah Melahirkan

Hipertensi atau tekanan darah tinggi setelah melahirkan dikenal dengan istilah postpartum preeklampsia. Apa saja gejala dan bahayanya? Cari tahu di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hipertensi, Kesehatan Jantung 13 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Muncul Garis Hitam di Perut Saat Hamil, Apa Sih Artinya?

Saat hamil, Anda mungkin akan menemukan garis hitam di perut pada usia kehamilan yang mulai besar. Tapi, tidak semua ibu hamil punya garis ini. Mengapa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

masalah seks pada pria

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
ibu hamil makan daging kambing

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
pekerjaan rumah tangga saat hamil

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
cara mencapai multiorgasme

7 Cara Mencapai Multiorgasme Saat Seks (untuk Wanita)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit