Benarkah Diet dengan Chia Seed Bisa Turunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 07/11/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Konsumsi chia seed secara rutin apakah trik sukses diet untuk turunkan berat badan? Mungkin Anda juga punya pertanyaan yang sama.

Sangat kaya akan nutrisi, chia seed mengandung tinggi serat, asam lemak omega-3, karbohidrat, dan protein yang memiliki manfaat berarti untuk kesehatan tubuh. Menjawab apakah chia seed dapat menurunkan berat badan, simak ulasannya berikut,

Chia seed untuk diet penurunan berat badan

Chia seed mengandung beragam nutrisi, sehingga sering dikatakan sebagai makanan super untuk diet yang dapat menurunkan berat badan. Tapi apakah benar demikian?

Buku yang berjudul The Aztec Diet mengatakan 4 sampai 8 sendok makan chia seed dapat mengurangi rasa lapar. Dalam buku tersebut diungkapkan bahwa chia seed mampu mengenyangkan perut dan memperlambat tubuh dalam memproses makanan yang Anda konsumsi. Namun, belum disebutkan secara jelas bahwa chia seed dapat menurunkan berat badan.

Sementara itu, studi yang dipublikasikan di Journal of Alternative and Complementary Medicine tahun 2012, meneliti 56 wanita post-menopause dengan berat badan berlebih. Mereka diberikan 25 gram chia seed selama 10 minggu. 

Dalam kurun waktu tersebut, peneliti menghitung massa tubuh, komposisi tubuh, maupun tekanan darah. Selama waktu tersebut, tidak ada temuan bahwa chia seed memberikan penurunan berat badan pada subyek penelitian.

Sementara itu, menurut David Nieman, DrPH, seorang profesor dari Appalachian State University in North Carolina, juga melakukan penelitian selama 12 minggu mengenai korelasi antara konsumsi 50 gram chia seed per hari dan penurunan berat badan.

Menurut studinya, chia seed juga tidak memberikan pengaruh penurunan berat badan dan penurunan lemak. Oleh karenanya, masih dibutuhkan studi yang lebih lanjut apakah chia seed dapat digunakan dalam diet untuk menurunkan berat badan.

Namun, studi lain mengatakan bahwa diet dengan chia seed dapat berkontribusi untuk menurunkan berat badan bagi penderita diabetes tipe 2. Studi ini melibatkan 77 partisipan yang obesitas. Selama studi, partisipan diminta untuk diet dengan mengurangi konsumsi kalori. 

Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok diminta untuk mengonsumsi chia seed setiap hari selama 6 bulan. Kelompok lainnya diminta mengonsumsi makanan berbahan dasar oat.

Hasil menunjukkan bahwa kelompok yang tidak mengonsumsi chia seed mengalami penurunan berat 0,3 kg. Sementara kelompok yang menyertakan chia seed dalam dietnya mengalami penurunan rata-rata 1,9 kg.

Melalui penelitian-penelitian tersebut, bisa disimpulkan penurunan berat badan dengan chia seed akan berhasil bila diiringi dengan pembatasan asupan kalori dan olahraga teratur.

Chia seed tetap sehat untuk disertakan dalam diet

Tentu Anda masih bisa menyertakan chia seed untuk menu makanan diet sehat. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh ketika chia seed rutin dikonsumsi.

Chia seed mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan depresi, mencegah peradangan usus besar dan alergi pada anak-anak. Asam lemak omega-3 dalam chia seed juga mampu menurunkan risiko gangguan jantung.

Chia seed memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang mirip dengan kacang, sehingga mereka dapat dikombinasikan dengan makanan apa saja. 

Berikut ide simpel untuk menyertakan chia seed dalam menu diet Anda.

  • Menambahkan chia seed dalam smoothie Anda setiap pagi.
  • Menaburkannya di atas salad.
  • Rendam chia seed ke dalam air 20-30 menit dengan perbandingan 1:16, minum airnya dengan campuran madu, lemon, atau jus buah.
  • Tambahkan chia seed ke dalam camilan kacang-kacangan Anda.
  • Kombinasikan pudding chia seed ke dalam yogurt dan diamkan semalam. Konsumsi esok hari dengan menambahkan madu atau buah kering.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Nutrisi, Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 28/05/2020 . 14 menit baca

3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

Sedang diet keto, tapi bingung mau sahur pakai apa? Tenang, berbagai resep menu sahur untuk diet keto berikut mungkin bisa jadi inspirasi Anda esok hari. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 16/05/2020 . 4 menit baca

Kenali Sirtfood Diet yang Bikin Berat Badan Adele Turun

Baru-baru ini masyarakat dikejutkan dengan foto Adele yang terlihat langsing di akun Instagramnya. Nyatanya, penyanyi terkenal ini menjalani sirtfood diet.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Berita Luar Negeri, Berita 12/05/2020 . 6 menit baca

Tak Cemas Berat Badan Naik, Ini Pilihan Camilan Selama di Rumah Saja

Takut naik berat badan karena kerja sambil ngemil? Coba beberapa camilan tepat dan sehat ini sebagai teman ngemil saat Anda bekerja!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Coronavirus, COVID-19 30/04/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
tidak cepat lapar

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . 5 menit baca
diet south beach

Mengulik Serba-Serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020 . 5 menit baca
cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . 7 menit baca