Dalam hal berhubungan intim, salah satu hal yang dapat menstimulasi Anda dan pasangan adalah rangsangan pada bagian-bagian tertentu. Anda mungkin menganggap bagian tubuh paling sensitif pada wanita adalah klitoris, sementara pada pria adalah penis. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun ternyata menurut penelitian ada beberapa bagian tubuh lain yang juga dapat distimulasi untuk meningkatkan gairah Anda dan pasangan.

Bagian tubuh paling sensitif pada wanita

Suatu penelitian dilakukan di University of Montreal Kanada terkait bagian tubuh mana pada wanita yang sensitif terhadap rangsangan. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine ini dilakukan terhadap 30 orang wanita berusia antara 18 hingga 35 tahun. Penentuan bagian tubuh mana yang paling sensitif dilakukan berdasarkan tiga cara yaitu sentuhan (touch), tekanan (pressure), dan getaran (vibration).

Bagian-bagian tubuh pada wanita ini dibagi menjadi tiga yaitu:

  • Zona genital primer: terdiri dari klitoris, labia minora, vaginal margin (bagian yang terdapat pada ujung lubang vagina dan sebelum lubang anus), dan anal margin (bagian bawah anus dimana terdapat otot anal sphincters)
  • Zona seksual sekunder: bagian samping terluar payudara, areola, leher, dan puting.
  • Zona netral: terdiri dari lengan bagian atas dan perut atau abdomen.

Penelitian dilakukan dengan cara meminta wanita untuk berbaring dan dilapisi selimut. Kemudian masing-masing bagian tubuh akan distimulasi menggunakan instrumen yang sudah dipersiapkan. Peneliti meminta partisipan untuk mengurutkan tingkat sensitivitas masing-masing area setelah distimulasi. Stimulasi dilakukan selama 1,5 detik dan 5 detik kemudian baru peneliti akan bertanya apakah partisipan merasakan stimulasi yang diberikan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berbeda area ternyata berbeda pula rangsangan yang harus dilakukan untuk meningkatkan gairah wanita. Ketika dilakukan sentuhan ringan (light touch), bagian yang paling sensitif yaitu leher, lengan bagian atas, dan vaginal margin. Ketika dilakukan tekanan (pressure), bagian tubuh yang paling sensitif adalah klitoris dan puting sementara bagian yang tidak terlalu sensitif terhadap tekanan adalah bagian samping payudara dan perut. Ketika distimulasi melalui metode vibrasi atau getaran, klitoris dan puting juga merupakan bagian tubuh yang sensitif.

Berdasarkan penelitian tersebut, bagian genital merupakan bagian yang merespon positif ketika distimulasi menggunakan metode getaran. Tetapi secara keseluruhan jika didasarkan pada pembagian area, maka zona seksual sekunder yang terdiri dari bagian samping payudara, areola, leher, dan puting merupakan bagian yang paling sensitif terhadap stimulasi getaran atau vibrasi. Hasil studi ini diharapkan dapat memberikan penjelasan lebih lanjut terhadap bagian mana yang paling sensitif pada wanita. Meskipun begitu, studi ini tidak dapat digunakan untuk menggeneralisasi bahwa bagian tubuh paling sensitif sama saja pada semua wanita. Anda dan pasangan tetap bebas untuk mengeksplor bagian tubuh mana yang menurut Anda paling sensitif.

Bagian tubuh paling sensitif pada pria

Peneliti mensurvei 793 orang pria dan wanita di Inggris dan Afrika Selatan lalu meminta mereka untuk memberi ranking dari 1-10 (10 untuk bagian tubuh yang paling sensitif) pada bagian-bagian tubuh tertentu. Pada pria, bagian tubuh tersebut adalah:

  • Telinga: dengan skor 4,30
  • Bagian belakang leher: dengan skor 4,53
  • Bagian rambut kemaluan: dengan skor 4,80
  • Perineum (bagian yang terdapat di antara anus dan skrotum): dengan skor 4,81
  • Puting: dengan skor 4,89
  • Tengkuk: dengan skor 5,65
  • Bagian dalam paha: dengan skor 5,84
  • Skrotum atau kantong buah zakar: dengan skor 6,50
  • Mulut atau bibir: dengan skor 7,03
  • Penis: dengan skor 9,00

Bukan hal yang mengejutkan bahwa penis menjadi bagian paling sensitif terhadap stimulasi pada sebagian pria. Tetapi bagian lain seperti leher misalnya, ternyata juga cukup sensitif terhadap stimulasi. Gloria Brame, Ph.D., seorang terapis seks, seperti dikutip dari Women’s Health mengatakan bahwa stimulasi di daerah leher dapat mengirimkan sinyal ke sistem sirkulasi sehinga dapat meningkatkan peredaran darah. Berbeda dengan skrotum atau kantong buah zakar. Bagian ini dikelilingi oleh jaringan yang memang sudah sensitif serta ditambah dengan ujung-ujung saraf yang terletak didalamnya menjadikan skrotum salah satu bagian tubuh paling sensitif pada pria.

Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan terkait bagian tubuh paling sensitif baik pada pria maupun wanita sehingga meningkatkan kepuasan seksual saat Anda dan pasangan berhubungan intim. Tetapi jangan hanya terpaku pada hasil penelitian saja karena bagian tubuh paling sensitif tentu berbeda bagi masing-masing orang. Gunakan kesempatan ini untuk mengeksplor bagian tubuh favorit Anda dan pasangan.

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca