Apakah Semua Tumor Otak Mematikan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tumor otak dikelompokkan menjadi 4 jenis menurut sifatnya, seperti kecepatan pertumbuhannya dan kemungkinan kambuh lagi. Tidak semua tumor pada otak mematikan atau berakhir dengan kematian. Tumor otak kelas 1 atau 2 dianggap jinak atau non-kanker, sedangkan tumor otak yang ganas atau mematikan adalah yang digolongkan ke kelas 3 atau 4.

Tumor otak primer adalah tumor yang berasal dari otak. Namun, kebanyakan tumor ganas adalah kanker sekunder, alias tumor yang berasal dari lokasi lain dan menyebar ke otak. 

Cara mendeteksi tumor otak mematikan

Tergantung pada ukuran dan lokasi tumor, masing-masing penderita tumor di otak bisa mengalami gejala yang berbeda. Tanda-tanda dan gejala yang umum meliputi sakit kepala kronis, kejang, mual kronis, muntah, dan mengantuk.

Penderita tumor otak mematikan juga seringnya mengalami masalah memori, perubahan kepribadian dan perilaku, yang diikuti dengan kelemahan atau kelumpuhan salah satu sisi tubuh, gangguan penglihatan, dan gangguan bicara.

Jika Anda menyadari adanya gejala di atas, paling baik bagi Anda untuk segera mencari bantuan medis. Meskipun ternyata bukan tumor, Anda mungkin memiliki masalah kesehatan lain yang memerlukan pengobatan.

Jenis-jenis tumor ganas

Dalam sebagian besar kasus, tumor ganas di otak tumbuh dari jaringan glial—jaringan yang bertanggung jawab untuk menyokong sel-sel saraf otak. Maka dari itu, tumor ini disebut glioma. Glioma bisa dikelompokkan menjadi kategori yang lebih kecil menurut sel-sel asalnya.

  • Astrositoma berasal dari sel-sel yang membentuk kerangka kerja otak.
  • Oligodendroglioma berasal dari sel-sel yang memproduksi lapisan lemak saraf.
  • Ependimoma berasal dari sel-sel yang melapisi rongga otak.

Tumor ganas bisa berasal dari bagian otak yang berbeda.

Pengobatan untuk tumor otak ganas

Tumor otak primer yang ganas (yang berasal dari otak) memerlukan pengobatan dini. Pengobatan yang terlambat bisa membuat tumor menyebar dan merusak bagian otak lainnya dan juga saraf tulang belakang. Jika Anda didiagnosis dengan tumor otak ganas, Anda akan membutuhkan operasi untuk mengangkat sebanyak mungkin tumor. Sel-sel kanker yang tidak bisa diangkat selama operasi akan ditargetkan dengan radioterapi, kemoterapi, atau keduanya, untuk mencegah kekambuhan.

Meskipun begitu, tumor ganas cenderung untuk kambuh. Jika ini terjadi, atau jika Anda terkena kanker sekunder, tidak lagi dimungkinkan untuk menyembuhkan kondisi Anda. Jika ini terjadi, tujuan pengobatan hanyalah untuk meringankan gejala dan memperpanjang masa hidup.

Adalah hal sulit untuk hidup dengan mengetahui bahwa Anda memiliki tumor di otak. Pasien dengan tumor di otaknya sering menderita kecemasan dan depresi. Anda bisa merasa lebih baik setelah Anda memiliki pengetahuan yang memadai tentang tumor dan pengobatan Anda. Jika memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk mengajukannya pada tim medis Anda sehingga Anda bisa membuat keputusan bijak menyangkut perawatan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Munculnya kista saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Walau biasanya tidak berbahaya, ibu hamil perlu memahami apa saja pengaruhnya terhadap kandungan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19/06/2020 . 5 mins read

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Benarkah frozen yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dari es krim? Cari tahu di sini untuk memastikan apakah frozen yogurt memang lebih sehat.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 17/06/2020 . 5 mins read

Berbagai Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut atau halitosis adalah masalah yang sangat mengganggu dan memalukan. Cari tahu semua tentang penyebab dan cara menghilangkan bau mulut tak sedap.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17/06/2020 . 5 mins read

Otot Sering Kedutan, Bahaya atau Tidak?

Hampir semua orang pernah mengalami mata atau tangan kedutan. Namun, apakah Anda tahu arti kedutan dan risikonya bagi kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 15/06/2020 . 5 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . 5 mins read
kanker-muncul-kembali

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . 6 mins read
mual karena gugup

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . 6 mins read
mata plus pada anak

Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . 5 mins read