7 Tipe Anak Kembar Dengan Keunikannya Masing-masing

Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27/07/2018
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

Selama ini pastinya Anda hanya mengenal kembar identik dan kembar jenis kelamin. Namun, tahukah Anda ada beragam jenis anak kembar lainnya yang ada di muka bumi ini? Mari simak, macam-macam anak kembar apa lagi yang unik di dunia ini.

Macam-macam anak kembar

1. Kembar siam

Kembar siam adalah kondisi ketika monozigotik (hasil pembuahan sperma dan sel telur) yang tidak sepenuhnya terpisah. Memisahnya sel yang terbagi dua ini terjadi karena sel ovum tidak tuntas membelah dirinya sendiri.

Nantinya, anak kembar siam memiliki salah satu bagian tubuh yang terhubung satu sama lain, entah itu jaringan tubuh, organ tubuh atau bahkan anggota badan lainnya.

2. Kembar superfetasi

Macam-macam anak kembar yang satu ini terbilang cukup langka, dan juga bisa dibilang tidak kembar. Lho, bagaimana bisa? Ya, kembar superfetasi terjadi ketika ibu yang sedang hamil mengalami ovulasi atau pelepasan sel telur. Bila saat ovulasi ibu dan pasangan melakukan hubungan intim dan sel sperma dilepaskan, pembuahan bisa terjadi lebih dari satu kali. 

Maka itu, nantinya ibu akan memiliki lebih dari satu janin yang dihasilkan dari sperma serta sel telur yang berbeda. Karena dari proses pembuahan yang berbeda, maka terdapat rentang usia antarjanin tersebut. Usia janin bisa beda hitungan hari atau minggu sesuai waktu pembuahan dilakukan, dan juga bisa dilahirkan di waktu yang bersamaan.

3. Kembar beda ayah (superfekundasi)

Kembar beda ayah adalah kondisi kembar dizigotik (dua sel sperma dan dua sel telur yang berbeda) dari hasil hiperovulasi. Ini terjadi ketika ada lebih dari satu sel telur yang dilepaskan tubuh wanita.

Sel telur pertama dibuahi oleh pria pertama, dan selang beberapa hari atau waktu kemudian sel telur kedua dibuahi oleh pria yang berbeda lagi. Kembar ini juga biasa disebut sebagai kembar superfekundasi. Nantinya kondisi fisik (rambut, kulit, warna mata) pada kedua bayi yang lahir bisa berbeda karena sperma yang berbeda pula.

4. Kembar identik beda jenis kelamin

Kembar identik yang terjadi dari hasil pembuahan satu sperma dan satu sel telur.  Umumnya jenis anak kembar ini memiliki jenis kelamin yang sama.  Hal tersebut karena mereka terbentuk dari bakal janin yang sama yang mengandung kromosom seks laki-laki (XY) atau wanita (XX).

Namun pada kasus kembar beda jenis kelamin ini, ada beberapa kasus mutasi genetik yang membuat bakal janin laki-laki kembar salah satunya kehilangan kromosom Y dan berkembang.

Nantinya bakal janin yang kehilangan kromosom Y akan berkembang menjadi janin perempuan. Risikonya, anak perempuan kembar yang lahir bisa memiliki sindrom Turner, dengan ciri perawakan pendek dan kurangnya perkembangan ovarium.

5. Kembar cermin

Macam-macam anak kembar lainnya adalah kembar cermin. Ini terjadi ketika satu sel sperma dan sel telur yang berhasil melakukan pembuahan dan membelah jadi dua. Pada kasus kembar cermin, proses pembelahan bisa terjadi sangat lambat (bisa lebih dari 1 minggu). Selain itu, selama proses pembelahan yang lambat, bakal janin kembar bisa berkembang dan tumbuh dengan asimetris terbalik, layaknya Anda bercermin.

Nantinya setelah lahir, mungkin satu anak ada yang kidal dan satu ada yang menggunakan tangan kanan biasa. Ada juga anak yang mungkin punya tanda lahir di sisi berlawan tubuh. Secara teori jika si kembar saling berhadapan, mereka akan tampak sebagai pantulan cermin.

6. Kembar parasit

Kembar parasit adalah jenis kembar jenis kembar siam yang salah satu kembarannya tidak berkembang secara normal. Kemudian, kembaran yang tidak berkembang secara normal tersebut berhenti tumbuh dan dalam masih menempel pada kembarannya. Dinamakan kembar parasit karena kembaran yang tidak berkembang ini biasanya mengambil asupan darah dari kembarannya yang sempurna.

7. Kembar beda ras

Kondisi ini terjadi pada pembuahan yang terjadi pada dua sel telur yang berbeda, di mana anak kembar bisa lahir dengan ciri fisik yang berbeda sesuai ras.

Pada tahun 2005, pasangan beda ras di Inggris melahirkan dua anak kembar perempuan dengan ciri fisik anak pertama memiliki rambut pirang dan berkulit terang, dan yang satu lagi memiliki rambut serta kulit gelap sesuai ras orangtua mereka yang berbeda.

Selain lewat pembuahan alami (hamil dari berhubungan seks), jenis anak kembar beda ras ini juga bisa terjadi lewat prosedur IVF (In Vitro Fertilization).

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

    Bakwan―gorengan khas Indonesia ini memang enak dan gurih. Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan lebih sehat. Simak resep membuat bakwan sehat berikut.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

    Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

    Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

    Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

    Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari

    Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

    Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

    Direkomendasikan untuk Anda

    minyak esensial untuk meredakan stres

    Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020
    warna rambut

    Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
    gerimis bikin sakit

    Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020

    Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020