10 Fakta Unik Tentang Jantung Manusia

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Semua orang tahu kalau jantung adalah organ tubuh paling vital yang dimiliki oleh manusia. Pasalnya, bila jantung berhenti berdenyut, seseorang pun akan kehilangan kesempatan hidupnya. Namun hanya beberapa orang yang mengetahui fakta unik terkait jantung, si organ kunci kehidupan manusia. Simak fakta jantung berikut ini yang wajib Anda ketahui.

1. Ukuran jantung pria dan wanita berbeda

Berat jantung pria diketahui seberat 10 ons, sedangkan jantung wanita 8 ons. Anda mampu memprediksi ukuran jantung Anda, dari seberapa besar kepalan tangan Anda. Oleh karena itu ukuran jantung tiap orang pun berbeda-berbeda. 

2. Jantung adalah pompa raksasa

Jantung akan memompa sekitar 5 liter darah dalam satu menit. Darah mengalir melalui seluruh sistem pembuluh darah hanya dalam 20 detik. Dalam sehari, jantung memompa sekitar 2.000 galon darah sejauh 60.000 mil ke pembuluh darah.

3. Rata-rata jantung berdenyut sebanyak 60 – 100 kali per menit

Jantung orang dewasa berdetak sekitar 100.000 kali setiap hari dan 3.600.000 selama setahun menurut American Heart Association. Sedangkan orang-orang yang memiliki denyut jantung lebih pendek sebanyak 60 denyut per menit (bpm), jantung mereka berdetak sekitar 86.000 kali sehari.

4. Jantung berdetak lambat ketika Anda tidur

Ketika malam, jantung akan berdetak di bawah 60 kali per menit. Beberapa orang bahkan ada yang hanya 40 kali per menit. Hal ini terjadi karena metabolisme tubuh melemah dan sistem saraf parasimpatis lebih aktif sehingga memperlambat kinerja jantung dan membuat Anda lebih santai.

5. Gejala serangan jantung pria dan wanita berbeda

Tidak hanya jantung seorang wanita lebih kecil dari pria, tetapi wanita lebih lambat merasakan serangan jantung dibanding pria. Ketika wanita merasakan serangan jantung – dan lebih dari setengah juta wanita merasakannya setiap tahun – mereka lebih cenderung merasakan mual, gangguan pencernaan, nyeri di bagian dada bawah atau perut bagian atas, atau nyeri punggung, daripada sesak napas.

6. Aktivitas sehari-hari berpengaruh terhadap risiko terkena penyakit jantung

Orang yang memiliki aktivitas rendah seperti jarang olahraga ataupun bergerak memiliki 2 kali lipat risiko terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang lebih aktif. Ketika Anda aktif bahkan walaupun hanya dengan gerakan kecil seperti berjalan dari satu sisi ke sisi lain, otot-otot akan mengaktifkan gen yang membuat bahan kimia dan protein membantu memproses gula darah dan kolesterol lebih efisien, sehingga mampu menciptakan susunan sehat di dinding pembuluh darah.

7. Tertawa jadi obat terbaik untuk jantung

Ketika Anda tertawa, lapisan dinding pembuluh darah Anda akan rileks dan mengembang. Tertawa mampu mengirim 20% lebih banyak darah agar mengalir ke seluruh tubuh Anda. Satu studi menemukan bahwa ketika orang menonton film komedi, aliran darah mereka meningkat. Itu sebabnya tertawa bisa menjadi penangkal untuk stres.

8. Serangan jantung lebih sering terjadi pada Senin pagi

Anda akan lebih mungkin terkena serangan jantung pada Senin pagi daripada waktu lain. Para dokter mengatakan bahwa pagi adalah waktu utama terkena serangan jantung. Hal ini terjadi karena kadar hormon stres yang disebut kortisol meningkat pada pagi hari.

Ketika ini terjadi, plak kolesterol yang telah dibangun di arteri bisa pecah dan memblokir aliran darah ke jantung, sehingga menimbulkan kenaikan tekanan darah dan denyut jantung meningkat karena stres menghadapi kenyataan untuk kembali bekerja setelah libur akhir pekan.

9. Seks bisa menurunkan risiko serangan jantung

Berhubungan seksual secara rutin mampu mengurangi risiko seorang pria meninggal akibat penyakit jantung. Bagi pria, mengalami orgasme tiga atau empat kali seminggu memungkinkan memberi perlindungan ampuh untuk melawan serangan jantung atau stroke, menurut salah satu penelitian di Inggris. Namun masih belum jelas, apakah hal ini juga berlaku bagi wanita.

Untuk satu hal, aktivitas seksual adalah obat penghilang stres yang sangat baik, selain juga sebagai sarana olahraga karena mampu membakar sekitar 85 kalori per sesi setengah jam. Jika Anda merasa sulit untuk berhubungan seks, itu bisa menjadi peringatan bahwa ada sesuatu yang salah dengan jantung Anda. Sebagai contoh, beberapa peneliti berpikir disfungsi ereksi mungkin bisa jadi pertanda awal serangan jantung.

10 Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja

Penyakit jantung adalah pembunuh terbesar bagi laki-laki dan wanita. Namun, tidak peduli apa jenis kelamin Anda, penyakit ini yang jelas memberikan peluang yang sama baik pria ataupun wanita. Oleh sebabnya, sangat penting untuk menerapkan pola hidup sehat dengan cara tidak merokok, olahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol, sehingga meminimalisir peluang terkena penyakit jantung sejak dini.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Gagal Jantung Akut, Apa Bedanya dengan Gagal Jantung Kronis?

Gagal jantung terbagi dua berdasarkan progresnya, yaitu gagal jantung akut dan gagal jantung kronik. Apa yang dimaksud gagal jantung akut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Jantung, Gagal Jantung 01/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Endokarditis

Endokarditis adalah infeksi bakteri yang menyerang endokardium, bagian dari organ jantung. Ketahui lebih lanjut gejala, penyebab, dan pengobatannya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 30/06/2020 . Waktu baca 11 menit

Apakah Seseorang yang Mengalami Aritmia Jantung Bisa Sembuh?

Aritmia merupakan jenis penyakit kardiovaskuler yang mempengaruhi denyut jantung. Lantas, apakah Aritmia Jantung Bisa Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Jantung, Aritmia 24/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Hati-hati Serangan Jantung Saat Bersepeda Terutama untuk Pemula

Bersepeda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi sebaiknya lebih berhati-hati karena bersepeda berlebihan bisa berisiko terkena serangan jantung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Kebugaran, Hidup Sehat 24/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit
kelainan katup jantung bawaan pada bayi

Mengenal Kelainan Katup Jantung Bawaan dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 01/07/2020 . Waktu baca 7 menit
menjaga kesehatan anak dengan penyakit jantung bawaan

Panduan Menjaga Kesehatan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 01/07/2020 . Waktu baca 10 menit