Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Mengenal Kode Warna Pada Kemasan Pasta Gigi: Apa Artinya?

    Mengenal Kode Warna Pada Kemasan Pasta Gigi: Apa Artinya?

    Warna-warni pada kemasan pasta gigi sering menjadi bahan rumor. Jika Anda memperhatikan saat membeli pasta gigi, Anda bisa melihat bahwa di bagian bawah tube pasta gigi terdapat gambar kotak kecil dengan warna tertentu. Kabarnya, warna ini mengindikasikan kandungan pasta gigi tersebut. Namun, arti sebenarnya dari kode warna tersebut bisa sangat mengejutkan Anda.

    Benarkah kode warna pasta gigi menunjukkan kandungannya?

    Menurut rumor, arti dari kode warna di kemasan pasta gigi adalah sebagai berikut.

    • Biru: alami+obat
    • Hijau: alami
    • Merah: alami+komposisi kimia
    • Hitam: murni kimia

    Sumber: http://www.newhealthadvisor.com/Toothpaste-Color-Code.html

    Rumor tersebut menyatakan bahwa gambar kotak atau persegi panjang berwarna yang terdapat pada bagian bawah tube pasta gigi mewakili komposisi produk yang terkandung di dalamnya. Apakah bahan-bahannya natural, dari bahan kimia, atau mengandung obat semua diwakili oleh warna berbeda.

    Istilah-istilah ini tidaklah sepenuhnya membantu karena bahkan produk “alami” sekalipun tetap mengandung bahan kimia.

    Namun, klaim bahwa kotak warna pada kemasan odol menunjukkan bahan kandungan dalam tube tersebut sepenuhnya merupakan salah paham, alias tidak benar.

    Jadi, apa arti kode warna tersebut?

    Kenyataannya, kotak warna pada tube tidak memiliki kaitan dengan isi pasta gigi. Kotak warna ini merupakan kode proses produksi yang disebut color mark atau eye mark. Tanda ini menunjukkan apakah kemasan harus dilipat atau dipotong saat diproses di mesin dengan kecepatan tinggi, dan tanda ini bisa dilihat menggunakan sensor sinar cahaya.

    Kode warna ini biasanya menentukan apakah kemasan pasta gigi tersebut akan dipotong atau dilipat saat diproses di mesin dengan kecepatan tinggi.

    Eye mark pada kemasan pasta gigi adalah mata listrik yang digunakan untuk mengidentifikasi tanda persegi panjang yang tercetak, paling sering terdapat di sepanjang tepi bawah kemasan. Tanda ini menunjukkan titik pada rangkaian produk tersebut di mana masing-masing kemasan akan dipotong.

    Warna eye mark tidak hanya terbatas pada warna yang disebutkan di atas (dan mungkin tidak selalu ditampilkan pada kemasannya setelah jadi), dan warna yang berbeda cukup mewakiti berbagai jenis kemasan atau berbagai jenis sensor.

    Bagaimana cara mengetahui kandungan pasta gigi?

    Cara terbaik untuk memastikan komposisi odol yang Anda gunakan adalah dengan membaca informasi bahan yang tercetak pada kotak atau tube pasta gigi. Penting untuk tahu bahwa untuk menentukan kandungan pasta gigi, mengecek informasi bahan kandungan pada kemasan sudah cukup untuk membantu Anda menjadi lebih waspada terhadap produk tersebut.


    Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

    Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    http://www.snopes.com/inboxer/household/toothpastemarkings.asp

    http://www.newhealthadvisor.com/Toothpaste-Color-Code.html

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui May 07, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri
    Next article: